Bagi Investor Pemula: Apa itu Pasar Saham dan Apa Keuntungannya?

Apa itu pasar saham? Berikut dasar-dasar pasar saham yang butuh diketahui semua orang.

Apa itu pasar saham? Berikut dasar-dasar pasar saham yang butuh diketahui semua orang.

Apa itu pasar saham?

Pasar saham merupakan jenis usaha yang menyediakan investor publik (orang-orang seperti anda dan saya) sebuah kesempatan membeli dan menjual saham dalam perusahaan. Perusahaan mesti membuat daftar saham yang ingin mereka bagikan ke publik di dalam pasar saham melalui proses yang disebut IPO (Initial Public Offering) sebelum investor dapat membeli saham-saham tersebut.

Contohnya, Snapchat yang memulai di tahun 2011, kecuali anda tahu bahwa para pendirinya memiliki banyak uang yang beredar, sangat tidak mungkin membeli saham di Snapchat. Barulah saat IPO mereka di bulan Maret 2017, Snapchat memberikan publik luas kesempatan untuk membeli dan menjual saham-saham mereka.

Apa sebutan bagi para pihak di pasar saham?

Pihak yang membeli saham sebuah perusahaan publik disebut sebagai pemegang saham. Sebagai seorang pemegang saham anda berhak memberikan suara dalam pertemuan pemegang saham, misalnya saja untuk memilih dewan direktur perusahaan atau menyetujui investasi bisnis tertentu.

Sebagai pemegang saham, anda juga berhak menerima deviden (jika deviden tersebut siap didistribusikan) atau menjual saham anda. Memberikan suara di dalam rapat pemegang saham akan memberikan anda kesempatan memengaruhi pertumbuhan perusahaan di masa depan. Saat deviden dan penjualan saham yang anda miliki menyentuh harga tinggi dan anda mendapatkan keuntungan, maka otomatis itu pun menguntungkan perusahaan.

Mengapa perusahaan mendaftarkan dirinya di pasar saham?

Anda mungkin penasaran apa maksudnya bisnis ini. Mengapa perusahaan mesti pusing-pusing mendaftarkan saham mereka di pasar saham? Dan ini sebuah kerumitan. IPO adalah proses yang panjang. Membutuhkan setidaknya 6-12 bulan. Proses ini pun sangat mahal –Facebook bahkan harus membayar 182juta dollar US untuk itu).

1. Untuk memperoleh pendanaan

Alasan utama perusahaan go public adalah memperoleh dan meningkatkan pendanaan mereka. Hal itu digunakan untuk mengekspansi bisnis sampai membayar hutang-hutang. IPO membantu untuk meningkatkan profil perusahaan dan keuntungannya akan membantu mereka menarik banyak pelanggan.

2. Untuk menjual saham dan menerima dana

Alasan yang kurang populer untuk go public adalah upaya pendiri dan staf yang memiliki saham di perusahaan untuk mengeluarkan dana. Sebagai pemilik perusahaan, sumber utama pendapatan adalah gaji anda. Perusahaan anda bisa saja bernilai miliaran dollar, tetapi potensi penghasilan anda di perusahaan dibatasi hanya untuk gaji anda.

Melalui pasar saham, pemilik dan staf perusahaan dapat menjual sahamnya kepada publik dan menerima uang tunai untuk penjualan saham tersebut. Uber, contohnya, saat ini dihargai sekitar US$ 50 miliar. Jika kebetulan seorang staf di Uber dapat menjual 1% saja saham Uber dan anda membelinya, maka setidaknya anda mendapatkan US$ 500juta dengan menjual saham di pasar saham anda!

Namun tanpa IPO, akan sangat sulit menemukan pembeli untuk saham (hanya ada begitu sedikit orang yang memiliki US$ 500 juta di dunia) dan harga yang anda peroleh dari penjualan saham ini akan lebih rendah.

Penutup

Sekarang anda tahu apa itu pasar saham, bagaimana anda meraup keuntungan (deviden, membeli dengan harga rendah dan menjualnya dengan harga tinggi), dan mengapa perusahaan memilih untuk go public, langkah finalnya adalah memahami mengapa orang-orang seperti anda dan saya perlu berinvestasi saham.

Ada ratusan jenis investasi di dunia –properti, obligasi, bitcoin, memulai bisnis anda sendiri –namun mengapa saham? Well, ini pertanyaan yang mesti dibuatkan artikel terpisah dan saya akan menjelaskannya lain waktu.

Bagi Investor Pemula: Apa itu Pasar Saham dan Apa Keuntungannya?