Pindah Ke Luar Negeri? 3 Cara Super Mudah Untuk Bertemu Dengan Orang Baru dan Membangun Jaringan Anda

Setelah pindah ke Negara baru, bagaimana Anda dapat membangun jaringan baru? Satu ekspat berbagi dengan kita mengenai beberapa tips praktis untuk bertemu orang-orang baru.

Saat saya pindah dari Denmark ke Singapura 17 tahun lalu, tantangan membangun kehidupan sosial lebih tinggi dibandingkan saat ini. Dengan adanya social media dan internet, sangat mudah untuk membangun jejaring baru.

Berikut adalah beberapa tips bertemu orang baru dan membangun jaringan Anda setelah pindah ke Negara baru, berdasarkan pengalaman pribadi saya.

1. Terhubung secara daring

Bergabung dalam kelompok “Meet Up” secara daring dapat menjadi pilihan, di samping mengeksplorasi berbagai event berbasis-ketertarikan pribadi melalui via Eventbrite, atau mungkin mendaftar ke salah satu klub privat di Singapura.

2. Melakukan kerja relawan atau bergabung dengan organisasi professional

Cara lain untuk membangun jaringan adalah melalui kerja-kerja relawan dengan salah satu dari begitu banyaknya LSM yang ada. Singapura memiliki tradisi kerelawanan yang sangat kaya, dan acara semacam National Volunteer and Philanthropy Centre memiliki cara tersendiri untuk menghubungkan antara organisasi yang sedang mencari relawan dengan kandidat potensial. Selain itu ada juga beberapa platform professional semacam kamar dagang dan organisasi berbasi ketertarikan.

3. Ayo memulai percakapan terlebih dahulu

Tentu saja saya merekomendasikan agar Anda berkunjung ke teater atau pameran dan mulai bercakap-cakap dengan orang yang duduk di sebelah Anda. Persiapkan diri Anda dengan tingkat kesabaran tertentu pada saat mengelola jejaring baru. Kebanyakan orang yang Anda temui sangat sibuk dan bisa jadi sudah punya lingkaran pertemanan dan kontak sendiri.

Namun Singapura mungkin merupakan tempat termudah untuk beradaptasi. Sejak kali pertama, saya selalu merasa mendapatkan sambutan hangat, dan diterima dengan baik. Kebanyakan orang sangat murah hati untuk saling membagi kontak mereka dan tak keberatan memperkenalkan kita dengan kenalannya, jika mereka anggap Anda terlihat senang bertemu dengan orang-orang baru.

Di akhir waktu, Anda mungkin harus sedikit melakukan teknik jemput bola, dan berpikiran terbuka saat bertemu orang baru. Jangan pernah malu untuk meminta dikenalkan, baik secara profesional ataupun pribadi—saya merasa cara seperti ini selalu membuahkan hasil terbaik.

Selamat berjejaring! Semoga Anda bersinggungan dengan banyak orang menarik.

Pindah Ke Luar Negeri? 3 Cara Super Mudah Untuk Bertemu Dengan Orang Baru dan Membangun Jaringan Anda