Menabung Untuk Masa Pensiun: Berapa Yang Harus Saya Tabung Jika Terlambat Memulai?

Belum mulai menabung untuk masa pensiun? Belajar bagaimana cara menabung untuk hari tua, sekalipun Anda terlambat memulainya.

Kita semua tahu, semakin cepat Anda menabung untuk masa pensiun, semakin baik pula. Namun, apakah kebanyakan dari kita sudah mulai menabung semenjak dini?

Tidak. “Saat berusia 30 tahun saya nyaris tak punya uang sepeser pun di bank, dan itulah titik yang menyadarkan saya,” ujar Michelle yang bekerja sebagai customer support representative di sebuah firma multinasional. “Saya tahu saya mesti mulai menata jalan atau menghadapi risiko hidup daIam kemiskinan di usia senja, namun saya tak nggak ngerti harus memulai dari mana!”

Jika kamu merasa seperti Michelle, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui.  Waktu terbaik untuk mulai menabung adalah dengan cara melakukannya sekarang juga.

Namun berapa banyak yang mesti ditabung jika terlambat untuk memulai?

how to save for retirement

Semakin lama Anda menunda untuk menabung, semakin tinggi pula bunga tabungan yang Anda tanggung. Menurut Forbes, pada setiap tahun yang tertunda, Anda harus menambahkan 1% dimulai sejak usia 20 tahun. Jika Anda berada pada kurun usia 30an, nilainya bertambah menjadi 2%. Itupun kalau Anda berharap mendapatkan bunga tabungan yang nilainya tetap sekalipun Anda bertambah tua (dan seiring kenaikan gaji Anda).

Berikut adalah besaran uang yang harus Anda sisihkan jika ingin pensiun di usia 65 tahun dan tetap menjaga gaya hidup Anda:

Jika baru mulai menabung di usia 15, Anda hanya perlu menyisihkan 8% pendapatan tahunan seterusnya (sepanjang usia Anda).

Jika baru mulai menabung di usia 20, tabunglah 11.1% dari pendapatan tahunan Anda—lagi-lagi, hal ini berlangsung seumur hidup Anda.

Jika Anda baru mulai menabung di usia 25, jumlah yang harus disisihkan adalah 15.4%.

Usia 30 tahun, Anda harus menabung sebesar 21.4%.

Di Usia 35, Anda harus menabung hingga 30.1%.

Di usia 40, Anda harus menabung hingga 43.2%.

Di usia 45, Anda harus menabung hingga 64.2%.

Di usia 50, Anda harus menabung hingga 100%!!!

Dengan kata lain, jika Anda ingin menunggu hingga 40 tahun sebelum akhirnya mulai menabung, Anda harus secara dramatis menurunkan standar hidup jika ingin pensiun di usia 65 tahun. Jangan tunggu sampai terlambat. Tentukanlah tujuan mengapa Anda menabung dan tetaplah berjalan sesuai rencana. Anda akan berterima kasih pada diri sendiri di masa depan nanti.