Bagaimana Memulai Kerja Lepas: “Saya Tinggalkan Pekerjaan Tetap dan Menjadi Pekerja Lepas. Begini Caranya.”

Terjun pada sebuah keputusan untuk bekerja freelance dan meninggalkan pekerjaan rutin bukanlah keputusan mudah. Namun saat hal tersebut dijalankan benar, Monisha Bajaj pun menemukan kebahagiaannya.

Sebagai seorang kreatif yang haus akan petualangan, lokasi pekerjaan yang bebas ditentukan oleh kita sendiri telah menarik perhatian saya jauh sebelum saya terjun berkarir. Selama studi di Universitas Southern California, saya selalu merasa senang setiap kali menyelesaikan pekerjaan di manapun di seluruh dunia.

Setelah itu saya berjanji pada diri sendiri: suatu hari nanti saya ingin menjalani hidup seperti ini. Saya bisa mengendalikan waktu kerja saya sendiri dan bebas travel ke manapun serta tetap mengerjakan pekerjaan kreatif yang saya mau. Saya ingin hidup yang berarti –untuk menjalani hidup dengan nilai-nilai yang saya inginkan daripada menjalani rutinitas yang membosankan. Buat saya artinya saya bisa menghabiskan waktu bersama orang-orang yang saya cintai dan tetap mengerjakan pekerjaan yang saya minati.

Meskipun saya sudah menyiapkan tekad tersebut, saya mesti kembali menyelesaikan kuliah dan juga mencari sejumlah pekerjaan. Saya kemudian menjadi seorang produser konten di agensi pemasaran kreatif di California Selatan.

Enam bulan berikutnya, saya harus kembali ke kampong halaman saya di Bangkok, Thailand. Awalnya saya merasa kecewa. Lalu saya menyadari: ini adalah kesempatan saya. Saya pun memutuskan tidak akan melamar pekerjaan tetap apapun di Bangkok. Saya lebih memilih memenuhi mimpi saya untuk bekerja lepas.

Merealisasikan sejumlah rencana

how to start freelancing

Saya harus bisa memenuhi kebutuhan keuangan saya sendiri. Sebelum berakhir dari agensi tempat saya bekerja, saya meeting dengan atasan dan mengajukan ide untuk bekerja jarak jauh. Proposal saya disetujui! Kami pun sepakat mencobanya di 3 bulan pertama untuk menguji apakah cara ini akan efektif dan menguntungkan.

Saat saya kembali ke Bangkok sekitar Agustus 2016, saya tahu waktu saya tidak banyak untuk membuktikan pada diri saya –dan juga agensi tempat saya bekerja, bahwa ini adalah hal yang bisa saya lakukan. Saya juga mulai menabung sejumlah uang sehingga saya bisa memanfaatkannya saat melakukan traveling.

Hidup di jalan

Setelah bekerja keras dalam beberapa bulan, berkoordinasi lintas zona waktu, dan juga menyimpan sejumlah uang, saya siap untuk memulai petualangan. Sempat ragu dan was-was, saya ingin mencoba di beberapa lokasi yang dekat dari Bangkok terlebih dahulu: Hong Kong, Singapura, Vietnam.

Pada April 2017, saya memulai tiga bulan petualangan saya mengelilingi dunia. Saya mendaki gunung api di Nikaragua, menikmati budaya di Havana, Kuba, dan berkeliling Eropa! Sampai dengan hari ini saya telah mengunjungi 11 negara and 38 kota lintas Eropa, Amerika Serikat, dan Amerika Latin –namun tetap produktif bekerja.

Pengalaman berharga

how to start freelancing

Jika anda sedang mempertimbangan untuk hidup dinamis dan kreatif seperti ini, ingatlah: ini sebuah tantangan. Beban pekerjaan tidak selalu sama dari bulan ke bulan, artinya anda tidak bisa memprediksi pendapatan anda.

Saya selalu bersiap pada segala ketidakpastian, terlepas dari tantangan dan tekanan, ini merupakan pengalaman yang tak ternilai buat saya. Jika anda siap mengambil langkah seperti saya, berikut tiga hal yang perlu anda siapkan:

1. Tentukan tujuan anda

Sebelum melakukan semuanya, berpikirlah sejenak untuk merefleksikan bagaimana anda melihat hidup anda. Tanyakan ini pada diri sendiri: bagaimana kebahagiaan dan kesuksesan buat anda? Apa yang anda harapkan dari kerja lepas sebagai freelancer? Dengan memiliki gambaran yang jernih, anda akan lebih mudah mengambil keputusan.

2. Atur waktu kerja anda dan konsisten

Segala sesuatu akan tergantung dari anda sendiri. Belajarlah untuk berkomitmen. Uraikan langkah-langkah yang perlu anda siapkan untuk memulai. Tentukan waktu yang realistis dan mulailah menjalaninya.

3. Rencanakan keuangan anda

Mulailah merealisasikan visi anda. Lakukan perbandingan dan buatlah daftar pengeluaran anda. Jika anda butuh menabung, belajar berhematlah sebelum anda harus menyerah pada rutinitias bekerja konvensional pagi hingga sore hari.

Memutuskan menjadi pekerja freelancer merupakan hal paling menakutkan sekaligus menyenangkan yang pernah saya lalui! Meskipun butuh waktu, saya sangat bersyukur atas keputusan bekerja sekaligus menjelajahi dunia, menjalani hidup yang bermakna dengan kegiatan/ pekerjaan kreatif.

Kata Monisha: “Pikiran dan gagasan anda tak ternilai harganya, ekspresikan kedua hal itu dengan percaya diri dan sepenuh hati.”[]

 

Bagaimana Memulai Kerja Lepas: “Saya Tinggalkan Pekerjaan Tetap dan Menjadi Pekerja Lepas. Begini Caranya.”