Beli Rumah atau Mobil, Mana yang Harus Didahulukan?

lead image

Rumah atau mobi ya yang harus dibeli pertama kali?

Setelah bekerja keras bertahun-tahun, mengalami peningkatan karir dan memiliki gaji yang cukup besar. Pasti akan datang masanya di mana kamu berniat melakukan sebuah investasi yang melibatkan jumlah uang yang besar, namun mengalami dilema haruskah beli rumah atau mobil terlebih dahulu?

Memilih untuk beli rumah atau mobil mungkin untuk sebagian orang bukanlah merupakan keputusan yang sulit, namun bagi sebagian lainnya salah menentukan akan berpengaruh besar terhadap kehidupan finansialnya.

Beli Rumah atau Mobil, Manakah yang Harus Didahulukan?

beli rumah atau mobil

Sebagian orang yang memilih untuk membeli mobil terlebih dahulu biasanya dikarenakan harganya lebih terjangkau, perawatannya lebih mudah dan akan menaikkan strata sosial jika pergi ke mana-mana menggunakan mobil pribadi ketimbang transportasi umum.

Tapi ingat, dengan pelemahan mata uang di beberapa negara, hal ini juga sedikit banyaknya mempengaruhi harga jual mobil, belum lagi pos pengeluaran bahan bakar yang jauh lebih mahal ketimbang dengan menggunakan transportasi umum.

Banyak pertimbangan lainnya juga seperti biaya parkir yang harus dikeluarkan jika mengendarai mobil pribadi sehari-hari untuk pergi ke kantor. Ya, beruntung jika kantormu menyediakan jatah parkir gratis, kalau tidak bisa tekor jajan parkir setiap harinya.

Jika sudah begini, kamu pasti akan berpikir kembali untuk beli rumah atau mobil untuk investasi awal. Ya, kan? Nih, simak ulasan di bawah ini mengapa membeli rumah lebih masuk akal untuk investasimu.

Kenapa Beli Rumah Lebih Masuk Akal untuk Investasi Awal?

#1 Nilai Jual Mobil Selalu Mengalami Depresiasi

Sebuah artikel dari Forbes mengungkapkan bahwa mobil merupakan aset yang selalu mengalami depresiasi. Semakin lama digunakan, mobil akan kehilangan nilainya secara drastis. Hanya sedikit kemungkinan mobilmu akan bertambah nilainya seiring usia.

Jadi, kecuali kamu bisa membeli sebuah mobil yang diproduksi dengan edisi terbatas atau kamu mampu memodifikasi mobilmu menjadi karya vintage yang diminati oleh kolektor mobil vintage, well, bisa dipastikan sesudah beberapa tahun harga mobilmu akan menurun.

#Rumah di Lokasi yang Tepat Bisa Meningkatkan Work-Life Balance

Menurut Coconuts.co, Jakarta merupakan negara pada peringkat ke-22 dengan tingkat kemacetan terparah di seluruh dunia. Penelitian yang dibuat pada tahun 2016 ini mengungkapkan bahwa warga Jakarta bisa menghabiskan 55 jam terjebak dalam kemacetan dalam setahun.

Nah, coba bayangkan jika kamu bisa mengumpulkan uang lebih banyak dan membeli rumah di area yang tak begitu jauh dari kantormu?

Pertama, kamu nggak perlu lagi membuang sekian jam dari waktu yang kamu punya untuk terjebak di kemacetan, atau berangkat lebih pagi untuk menghindarinya.

Kedua, bayangkan semua hobi, semua kegiatan yang ingin kamu lakukan tapi nggak pernah terwujud karena waktu yang dihabiskan dalam kemacetan.

Ketiga, banyak orang khususnya di Jakarta masih berpikir bahwa memiliki mobil pribadi dan menggunakannya setiap hari bisa menaikkan derajat sosialnya. Padahal, hal tersebut tak menimbulkan hal lain selain kepadatan di jalan raya. Kalau 100 orang setiap harinya berpikir sama seperti itu, bayangkan kemacetan yang akan terjadi di jalan raya?

#3 Bisa Dimanfaatkan untuk Mendapatkan Penghasilan Pasif

Jika ternyata kamu hanya mampu membeli rumah di pinggiran Jakarta, nggak masalah. Kamu bisa memilih untuk menempatinya dengan resiko jarak tempuh ke kantor lebih jauh atau kamu bisa menyewakannya kepada orang lain agar dirimu bisa mendapatkan penghasilan pasif tanpa harus memiliki usaha sampingan.

#4 Harga Jual Properti Selalu Naik Setiap Tahun.

Beberapa tahun lalu, di Depok masih bisa ditemui rumah seharga Rp 300 juta ke bawah, coba kalian cek harga rumah di Depok saat ini, mendapatkan rumah seharga Rp 500 juta saja sudah bisa beruntung. Dengan perkembangan harga jual properti yang akan naik setiap tahunnya, artinya rumah bisa menjadi aset investasi yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan mobil yang harganya semakin menurun.

Apapun pilihanmu, mau beli rumah atau mobil terlebih dahulu yang paling penting adalah bagaimana caramu memaksimalkan peluang investasimu dan bisa merawat kehidupan finansialmu agar tak jatuh di kemudian hari hanya karena salah memilih aset investasi.

Pada akhirnya, kamu sendiri kok yang akan tahu resiko yang diambil dari setiap keputusan finansialmu. Jadi sudah siap beli rumah atau mobil, nih?

Baca juga:

Tertarik Investasi Saham? Pahami Dulu Pengertian Saham untuk Pemula di Sini!

Tertarik Investasi Emas? Coba 5 Aplikasi Online Ini deh!

Suka dengan artikel ini? Jangan lupa like Facebook dan follow Instagram Asian Money Guide Indonesia agar tak ketinggalan artikel keuangan terbaik kami!

 

Written by

Tiara Iraqhia