Ingin Memulai Bisnis dengan Pasangan? Berikut 5 Aturan untuk Mencapai Kesuksesan

Apakah ide yang bagus saat mengajak pasangan berbisnis? Jika anda memiliki aturan yang jelas, hal itu sangat mungkin berhasil. Winnie Chan dari Bynd Artisan berbagi sejumlah tips bagaimana dia membangun bisnisnya yang sukses bersama sang suami, James Quan.

Satu pertanyaan yang selalu ditanyakan kepada saya adalah, “anda dan James sangat sukses menjalani ini, bagaimana anda mengelolanya hingga sukses?”

Saya perlu katakan bahwa tidak ada resep rahasia untuk bekerja sama dengan pasangan di perusahaan sendiri. Bynd Artisan adalah inisiatif kami berdua, dan kami telah menginvestasikan banyak waktu dan berupaya mendirikan ini dari nol.

Bekerja bersama dengan pasangan selama beberapa tahun memberikan saya kesempatan untuk memperhatikan pentingnya memiliki aturan bersama. Hal ini agar kami seimbang menjalani kehidupan rumah tangga dan dunia bisnis.

1. Berbagi peran yang jelas

Saya adalah orang yang kreatif, berani dan mampu memimpin serta mampu mendorong kepercayaan diri bagi staf dan tim manajemen, karenanya saya bertugas untuk Keuangan, HRD dan Cakupan Desainer di dalam perusahaan.

Di sisi lain, James adalah orang yang supel, ramah, dan mementingkan desain, maka dia bertanggungjawab untuk Pengembangan Bisnis dan Penjualan.

Sementara saya orang yang sangat memerhatikan detil, James orang yang melihat secara makro dan fokus membangun brand sesuai tujuan kami. Dengan peran masing-masing yang jelas, hal ini lebih mudah bagi kami untuk berbagi beban dan mendelegasikan tugas.

2. Saling mendukung kekuatan dan memperbaiki kelemahan

Saya umumnya lebih pragmatis dan biasanya menempatkan staf lebih penting ketimbang diri saya, agar saya bisa lebih memahami dan bersimpati pada situasi mereka. Sementara James adalah orang yang sangat konseptual dan bebas.

Meskipun kita memiliki sifat dan karakter yang berbeda di sejumlah aspek, namun kami terus mengingatkan satu sama lain dalam hal kekuatan dan kelemahan masing-masing, untuk menciptakan sinergi.

3. Berupaya menyeimbangkan pengelolaan urusan kerja dan rumah tangga

Memiliki bisnis sendiri membutuhkan waktu kerja yang panjang dan dedikasi utuh untuk memastikan bisnis berjalan lancar setiap harinya. Kepala kami dipenuhi dengan seluruh kertas kerja dan meeting setiap hari, hal ini tentunya sulit bagi kami menemukan waktu untuk bersantai.

Untuk mengatasi ini, James dan saya selalu merencanakan berwisata ke luar negeri setidaknya satu kali dalam satu tahun. Ketika anak-anak semakin besar dan menginjak remaja, mereka memiliki agenda sendiri dan semakin sulit menghabiskan waktu bersama mereka. Dengan merencanakan perjalanan keluarga, kami tidak hanya menghabiskan waktu bersama, tapi juga sebagai imbalan bagi kerja keras kami.

4. Saling menghargai dan menghormati

Saling percaya dan menghargai satu sama lain adalah kunci penting dalam pernikahan. Bagaimanapun, saat pekerjaan dan bisnis termasuk, maka kita cenderung mudah emosi saat segala hal berjalan di luar ekspektasi. Saat emosi, kita bisa saja berbicara dengan nada tinggi dan merendahkan pasangan kita.

Daripada melampiaskan frustrasi satu sama lain, James dan saya biasanya berbicara untuk mencari solusi. Melalui komunikasi, kami tidak hanya saling memberi kesempatan untuk menjelaskan dan memahami, tapi juga memastikan bahwa perselisihan ini tidak kami bawa pulang yang justru akan memengaruhi anak-anak.

5. Berbagi minat dan pekerjaan melalui visi bersama

James dan saya selalu ingin brand kami otentik dan berbeda. Mimpi ini pun diperkuat dengan proses digital yang mulai mengambil alih bentuk tulisan dan kerajinan yang konvensional. Fakta bahwa kami memiliki keahlian masing-masing untuk menciptakan sebuah konsep yang baru dan jarang di Singapura, benar-benar mendorong kami untuk mewujudkan mimpi bersama.

Saya selalu berbagi dan mengingatkan ini kepada tim saya, “segala sesuatu mungkin diwujudkan saat kita percaya dan terus mencoba. Bersemangatlah –hidup seutuhnya dan wujudkan mimpi menjadi kenyataan.” Selama anda dan pasangan berbagi minat dan visi yang sama, kesempatan sukses bagi bisnis anda akan menjadi lebih tinggi dan pasti dapat dicapai.