Tak Lebih Mahal dari Beli Smartphone, Ini 4 Fakta Biaya Vaksin HPV!

lead image

Biaya vaksin anti kanker serviks apakah semahal itu?

Bahaya kanker serviks yang mengintai perempuan membuat kita harus waspada sebelum terlambat, salah satunya dengan melakukan vaksin HPV. Kira-kira berapa biaya vaksin HPV untuk pencegahan serviks? Apa betul harga vaksin HPV mahal?

Sebelum masuk ke biaya vaksin HPV, alangkah lebih baik jika kita mengenali terlebih dahulu apa sih vaksin HPV itu?

Vaksin HPV dibagi menjadi dua berdasarkan strain virusnya, yaitu vaksin HPV Bivalen (2 tipe HPV) dan quadrivalen (4 tipe HPV).

Vaksin HPV Bivalen digunakan untuk mencegah infeksi HPV tipe 16 dan 18 atau dengan kata lain penyebab kanker serviks, sementara vaksin HPV quadrivalen digunakan untuk mencegah infeksi HPV tipe 6, 11, 16 dan 18.

Berikut ulasan biaya vaksin HPV untuk pencegahan kanker serviks!

Biaya Vaksin HPV: Berapa Harga Vaksin HPV?

harga vaksin hpv

Biaya vaksin HPV bivalen berada di kisaran Rp 600,000 - Rp 800,000. Sementara harga vaksin HPV quadrivalen yaitu ada di kisaran Rp 1,1 juta - Rp 1,3 juta. Cukup murah kan untuk resiko besar seperti kanker serviks?

Nggak cuma perempuan dewasa lho yang bisa menerima vaksin HPV. Pencegahan sejak dinipun sudah bisa dilakukan mulai dari usia 9 tahun hingga 45 tahun. Jadi nggak perlu menunggu aktif berhubungan seksual atau dewasa terlebih dahulu. Pencegahan dini lebih baik bukan?

Nah, kini setelah tahu biaya vaksin HPV, mari kita bahas fakta-fakta dibalik vaksin anti kanker serviks ini. Simak ya!

Harga Vaksin HPV Tidak Mahal, Berikut Fakta Dibalik Vaksin Anti Kanker Serviks!

biaya vaksin hpv

#1 Vaksin HPV Bisa Diberikan ke Anak Sejak Dini!

Dikutip dari BBC Indonesia, Dr Elizabeth Jane Supardi yang merupakan Direktur Surveillance dan Karantina Kesehatan Kemenkes mengatakan, usia paling baik untuk menerima vaksin anti kanker serviks ini ialah di usia dini antara 9 - 13 tahun.

Hal ini juga yang menjadi landasan dasar pemerintah memberikan imunisasi wajib yang diberikan untuk murid SD kelas 5 dan 6.

Dr Elizabeth juga menegaskan vaksin ini bisa mencegah kanker serviks 100% jika diberikan minimal dua kali kepada perempuan yang belum aktif berhubungan seksual.

#2 Vaksin HPV Tidak Menyebabkan Menopause Dini

Ada mitos berkembang di masyarakat bahwa vaksin HPV dapat menyebabkan menopause dini. Dr Elizabeth membantahnya, belum ada kasus di seluruh dunia vaksin anti kanker serviks ini menyebabkan menopause dini.

#3 Vaksinasi HPV Ampuh Menurunkan Angka Kematian Akibat Kanker Serviks

Selain vaksin HPV, pemeriksaan pap smear secara berkala bisa menjadi salah satu alternatif pencegahan kanker serviks. Hanya saja hal ini dilakukan untuk perempuan yang sudah aktif berhubungan seksual.

Pencegahan harusnya dilakukan sejak dini, oleh karena itu masyarakat harus tahu mengenai pentingnya vaksin HPV ini!

Jika dibandingkan, dahulu angka kematian ibu melahirkan jauh lebih tinggi ketimbang resiko kanker serviks, namun hari ini angkanya terbalik. Resiko kanker serviks yang mematikan jauh lebih tinggi ketimbang angka kematian ibu melahirkan.

Hampir di 23 negara, vaksin HPV menjadi senjata paling ampuh untu menurunkan angka kematian akibat resiko kanker serviks.

#4 Harga Vaksin HPV Mahal, Pemerintah Kasih Modal

Imuniasi HPV yang dilaksanakan untuk anak-anak SD diprakarsai oleh pemerintah pusat dengan bantuan GAVI. Dimulai dari DKI Jakarta dan DI Yogyakarta, menyusul kota-kota lainnya.

Beberapa negara seperti Australia, Kanada, Eropa Barat ditanggung sepenuhnya oleh kementerian kesehatan negaranya masing-masing.

Masa sih untuk harga segitu aja kita masih berpikir ribuan kali, jangan sampai deh kamu kena kanker serviks yang akan menghabiskan biaya puluhan hingga ratusan juta!

Sebarkan artikel ini ke teman-temanmu, agar mereka tahu pentingnya vaksin HPV!

Baca juga:

Menurut Penelitian Liburan Bisa Bikin Usiamu Lebih Panjang, Masa sih?

Suka dengan artikel ini? Jangan lupa like Facebook dan follow Instagram Asian Money Guide Indonesia agar tak ketinggalan artikel keuangan terbaik kami!

Written by

Tiara Iraqhia