Lebih Murah Mana, BPJS Kesehatan Perusahaan atau Mandiri?

lead image

Apa sih perbedaan antara BPJS Kesehatan Perusahaan dan BPJS Kesehatan Mandiri?

Beberapa perusahaan memang menawarkan fasilitas BPJS Kesehatan Perusahaan yang iurannya akan dibayarkan oleh perusahaan sebesar 5% gaji karyawan dengan perbandingan 4% dari perusahaan dan 1% dari gaji karyawan.

Kok bisa sih ada BPJS Kesehatan perusahaan, padahal kamu sudah mendaftarkan BPJS Kesehatan perorangan yang masuk dalam Jaminan Kesehatan Nasional dan sudah diurus melalui satu nomor kartu keluarga?

Untu mengetahui perbedaan antara BPJS Kesehatan Perusahaan dan Perorangan, simak penjelasan berikut ini!

BPJS Kesehatan Perusahaan dan Perorangan, Apa Bedanya?

BPJS Kesehatan Perusahaan dan Perhitungan Iurannya!

BPJS Kesehatan Perusahaan merupakan bagian dari fasilitas yang wajib diberikan oleh perusahaan terhadap pekerjanya. Meskipun pada praktiknya, belum semua perusahaan menerapkan hal ini.

BPJS Kesehatan dari perusahaan ini termasuk dalam BPJS Kesehatan untuk golongan pekerja penerima upah. Persentase pembagiannya kan tadi sudah dijelaskan di awal artikel, sekarang kami akan coba beri contoh perhitungan iurannya.

Misalkan, kamu masih single dan gaji kamu ada di angka Rp 8 juta, maka jika kamu gunakan BPJS Kesehatan perusahaan maka potongan gajimu ya hanya 1% yaitu sebesar Rp 80 ribu. Sementara saat kamu mendaftarkan BPJS Kesehatan perorangan dengan nominal Rp 80 ribu, kamu sudah bisa mendapatkan pelayanan kesehatan kelas I.

Meski begitu, BPJS Kesehatan perusahaan akan menanggung seluruh keluarga yang terdiri dari suami, istri dan 3 anak. Jadi, ketika gajimu dipotong sebesar Rp 80 ribu, perusahaan akan membayarkan sisa 4% nya yang sebesar Rp 320 ribu. Coba bayangkan jika kamu harus membayar BPJS Kesehatan perorarangan yang harus dibayarkan secara full sebesar Rp 320 ribu?

Pemisahan kelas pelayanan kesehatan yang berlaku bagi BPJS Kesehatan Perusahaan hanya berdasarkan gaji peserta.  Jika kamu memiliki gaji dan tunjangan tetap hingga Rp 4 juta per bulan maka kamu mendapatkan kelas 2, sementara kamu yang gaji dan tunjangan tetapnya mencapai Rp 4 juta hingga Rp 8 juta per bulan, berhak mendapatkan pelayanan kesehatan kelas 1.

Mari lihat perhitungan BPJS Kesehatan Perorangan di bawah ini!

BPJS Kesehatan Perorangan dan Perhitungannya

Setidaknya ada tiga kelas pelayanan kesehatan yang ditawarkan oleh BPJS Kesehatan Mandiri, yaitu kelas 1, 2 dan 3. Berikut perhitungan iurannya untuk masing-masing pelayanan kesehatan.

Pelayanan kesehatan kelas 1: Iuran mandiri sebesar Rp 80 ribu

Pelayanan kesehatan kelas 2: Iuran mandiri sebesar Rp 51 ribu

Pelayanan kesehatan kelas 3: Iuran mandiri sebesar Rp 30 ribu

Secara umum, perbedaan di antara ketiga kelas pelayanan kesehatan di atas hanya terdapat pada obat-obatan dan kamar rawat inap saja.

Untuk fasilitas pelayanan kesehatan kelas 1 dapat melakukan upgrade fasilitas ke yang lebih tinggi, dengan selisih ditanggung sendiri. Sementara kedua kelas di bawahnya tidak dapat memiliki kesempatan tersebut.

Iuran yang disebutkan di atas tadi, merupakan iuran per kepala. Jadi meski pelayanan kesehatan kelas 1 terlihat nggak begitu mahal, akan menjadi mahal ketika dalam satu kartu keluarga dihuni lebih dari 5 orang Iya, kamu harus membayar Rp 400 ribu per bulan jika membayarkan seluruh anggota keluarga.

Pendaftaran BPJS Kesehatan perorangan ini bisa kamu lakukan secara manual dengan datang ke kantor BPJS Kesehatan maupun secara online.

Nah, jika dibandingkan kedua jenis BPJS di atas, tentu BPJS Kesehatan Perusahaan menjadi lebih murah dan kamu nggak perlu lagi repot mengurus pendaftaran karena sudah menjadi hakmu, semuanya harus dilakukan oleh pihak perusahaan.

Nah, jika boleh pilih, kamu lebih memilih menggunakan BPJS Kesehatan Mandiri atau BPJS Kesehatan Perusahaan nih girls?

Baca juga:

Ini Cara Daftar BPJS Kesehatan via Online dan 3 Kelebihannya!

Jangan Lupa Cek Pajak Kendaraanmu dengan 4 Cara Mudah Ini!

Suka dengan artikel ini? Jangan lupa like Facebook dan follow Instagram Asian Money Guide Indonesia agar tak ketinggalan artikel keuangan terbaik kami!

Written by

Tiara Iraqhia