Jangan Lupa Cek Pajak Kendaraanmu dengan 4 Cara Mudah Ini!

lead image

Sudah bayar pajak belum?

Ada saatnya kamu pengin cek pajak kendaraan tapi lagi nggak bawa kendaraan dan STNK. Nah, cara cek pajak kendaraan paling mudah adalah secara online. Memang ada?

Ada dong! Teknik ini pas banget untuk kamu yang jarang menggunakan kendaraan pribadi untuk kegiatan sehari-hari. Kalau lupa ngecek terus ternyata udah lewat sebulan gimana, duh gawat banget bisa kenda denda lho.

Selain untuk keperluan tadi, cara cek pajak kendaraan ini akan cocok untuk kamu yang berniat untuk membeli kendaraan bekas. Kamu bisa cek dengan mudah pajak kendaraan yang hendak kamu beli tanpa harus melihat STNK.

Setidaknya ada 4 cara cek pajak kendaraan yang wajib banget kamu tahu!

Cara Cek Pajak Kendaraan Tanpa Harus Lihat STNK!

#1 Cek Situs Samsat PKB

cara cek pajak kendaraan

Samsat PKB

Cara ini sangat mudah dilakukan, kamu hanya perlu mengunjungi situs Samsat PKB dan akan menemukan laman seperti gambar di atas. Nah, dari situ kamu hanya perlu memasukkan nomor polisi dari kendaraan yang ingin kamu cek.

Informasi yang diberikan oleh situs ini cukup lengkap. Apakah kamu terkena pajak progresif, dan berapa jumlah dana yang harus disetorkan untuk perpanjangan STNK selanjutnya.

Namun untuk sementara situs ini hanya berlaku bagi kendaraan berplat Jakarta saja atau B. Jika kamu mau mengecek untuk area selain Jakarta bisa juga kok. Coba pilih beberapa area di bawah ini!

#2 Aplikasi Cek Pajak Ranmor

cara cek pajak kendaraan

Selain melalui situs samsat, kamu juga bisa mengecek pajak kendaraan melalui aplikasi Cek Pajak & Ranmor DKI Jakarta. Aplikasi ini tersedia di Google PlayStore, kamu hanya perlu mengunduhnya lalu kamu akan diminta untuk menginput nomor polisi mobil atau motormu yang diikuti dengan nomor identitas dari Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Persis seperti situs Samsat onine, aplikasi ini juga akan segera menampilkan informasi kendaraan yang sedang kamu cek. Perbedaannya tidak terlalu signifikan, kecuali jika tidak menyertai nomor KTP maka nama pemilik dan info pajak progresif nggak akan ditampilkan.

Lagi-lagi, aplikasi ini hanya berlaku untuk wilayah DKI Jakarta.

#3 Melalui Pesan Singkat (SMS)

cara cek pajak kendaraan

Cara cek pajak kendaraan yang satu ini hanya bisa dilakukan untuk area Jawa Barat, Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Untuk area Jawa Barat yang diawali dengan plat B, D, E, F, T dan Z cara pengecekannya sebagai berikut. Kirim SMS ke Dispenda Jabar di nomor 0811 211 9211 dengan format SMS Info[spasi]kode plat kendaraan Jawa Barat/nomor polisi/kode seri plat kendaraan[spasi]warna plat kendaraan. Contohnya seperti ini: Info B 4985 SY hitam.

Sementara untuk area Jawa Tengah dengan plat H formatnya yaitu, JATENG[spasi]nomor plat kendaraan. Contohnya seperti ini: JATENG H3248SH dan untuk area Yogyakarta yaitu, DIY[spasi]nomor plat kendaraan. Seperti ini contohnya: DIY AB4567SP.

Nah, setelah kamu kirim SMS sesuai dengan format untuk masing-masing daerah. Tinggal tunggu deh informasi balasannya untuk mengetahui status pajak kendaraanmu.

#4 Cara Cek Pajak Kendaraan di Wilayah Tak Tersentuh e-Samsat

cara cek pajak kendaraan

Tidak semua provinsi memiliki e-Samsat, maka mau nggak mau kamu harus melakukan pengecekannya secara manual.

Jika kebetulan kamu sedang berada di luar rumah dan tidak membawa kendaraan maupun STNK, mampir saja ke kantor Samsat terdekat untuk melakukan pengecekan.

Agak ribet ya, itulah kenapa penting meski kamu nggak bawa kendaraan selalu sediakan fotokopi STNK yang bisa selalu kamu simpan di dompet.

Nah, itu tadi empat cara cek pajak kendaraan yang wajib banget kamu ketahui. Warga negara yang baik adalah warga negara yang taat pajak, nggak perlu lupa apalagi sampai terkenda denda. Jangan sampe deh ya. Selamat mencoba!

Baca juga:

3 Rekomendasi Mobil untuk Perempuan, Harganya di Bawah 200 Juta!

Suka dengan artikel ini? Jangan lupa like Facebook dan follow Instagram Asian Money Guide Indonesia agar tak ketinggalan artikel keuangan terbaik kami!

 

Written by

Tiara Iraqhia