Mau Hasilkan Uang dari Facebook? Coba 7 Cara Mudah Ini!

lead image

Menghasilkan uang dari facebook nggak sulit kok

Siapa bilang cara mendapatkan uang dari Facebook hanya bisa dilakukan orang-orang beken? Nyatanya, semua orang bisa kok melakukan itu, asal ada niat dan tekad yang kuat dan yang terpenting konsisten.

Banyak jalan menuju Roma, jadi jika kamu bukanlah seorang yang terkenal, masih banyak cara mendapatkan uang dari Facebook. Gimana caranya? Simak yuk 7 cara mudah berikut ini!

Cara Mendapatkan Uang dari Facebook Paling Mudah

#1 Jualan Online

cara mendapatkan uang dari facebook

Sumber: Shutterstock

Well, rasanya hampir semua orang bisa melakukan ini deh. Bahkan semakin banyak orang yang mencoba jualan online bahkan di media sosial raksasa besutan Mark Zuckerberg ini.

Lebih mudahnya, kamu bisa melakukan dropship dari toko online lainnya atau marketplace seperti Tokopedia, Shopee dan Bukalapak. Sebab mereka umumnya sudah memiliki fitur dropship yang memungkinkan kamu membeli barang dan mengirimnya dengan nama toko online-mu.

Kamu nggak perlu keluarin uang untuk stok barang dagangan, jadi perantara seperti itu saja sudah bisa menguntungkan, lho. Buatlah fanpage di akun Facebook personalmu untuk mengunduh barang dagangan dari supplier, dan bagikan kepada teman-temanmu di Facebook.

#2 Jualan Melalui Facebook Group

cara mendapatkan uang dari facebook

Sumber: Shutterstock

Wah, kalau ngomongin Facebook Group sudah tersebar banyak sekali ya yang memiliki banyak audiens. Nah, kamu bisa juga nih manfaatkan grup tersebut untuk menawarkan barang yang kamu jual.

Eits, jangan sembarangan post ya, nanti adminnya malah anggap kamu spam terus ditendang dari grup itu. Ada baiknya jika ingin mengincar grup, carilah yang sesuai dengan lokasi dan target pasarmu. Misal, jangan tawarkan baju anak-anak ke grup yang isi audiensnya anak kuliahan. Duh, nggak pas banget kan, yang ada barang daganganmu malah nggak laku.

#3 Buka Jastip

cara mendapatkan uang dari facebook

Sumber: Shutterstock

Nah, cara mendapatkan uang dari Facebook yang satu ini memang lagi ngetren nih. Daripada media sosialmu hanya kamu gunakan untuk posting selfie, yang belum tentu disukai sama teman-temanmu. Mending kamu buka jastip, deh.

Jastip atau jasa titip adalah metode jualan barang dengan tidak menaikkan harganya namun hanya memberlakukan biaya jasa titip untuk setiap pembelian barang. Pasti banyak banget kan tuh yang sebenernya butuh ini-itu tapi males nyari di mall. Di situlah peluangmu terbuka.

Kalau kamu sedang melakukan perjalanan ke luar kota bahkan ke luar negeri malah lebih bagus. Sebab beberapa barang yang disukai teman-temanmu bisa dibeli dengan harga lebih murah jika dibeli langsung dari negara atau kota produsennya. Dari margin jasa titip itu bisa banget tuh kamu pake buat nambahin uang jajan pas lagi traveling ke kota atau negara lain.

#4 Monetisasi Fanpage dengan Niche Tertentu

cara mendapatkan uang dari facebook

Sumber: Shutterstock

Cara ini bagus banget buat kamu yang jago ngelola komunitas. Buatlah fanpage dengan niche tertentu yang sudah pasti disukai banyak orang. Ketika audiensmu sudah mulai berkembang, kamu bisa membuka lahan iklan untuk produk dan brand tertentu agar menghasilkan uang.

Meski tak semudah teorinya, cara ini punya peluang untuk berhasil tinggi sekali. Asalkan kamu konsisten dalam mengelola fanpage tersebut, uang pasti mengalir ke rekeningmu dengan mudah. Sebagai referensi, kamu bisa mencontek dari beberapa fanpage berikut: Happy Cats, Dingo Indonesia, VT (Viral Thread).

#5 Ternak Fanpage

cara mendapatkan uang dari youtube

Sumber: Shutterstock

Hihi.. ternyata bukan hewan saja yang bisa diternak, akun fanpage juga bisa, lho!

Meski akan memakan waktu yang cukup lama, tapi kalau sudah besar nanti, kamu akan nikmati sendiri hasilnya. Caranya gimana? Gampang kok, kamu tinggal kumpulkan beberapa fanpage akun-akun tematik yang menjadi interest banyak orang, lalu sering-sering diisi dengan berbagai informasi bermanfaat sehingga audiensmu berkembang dengan sendirinya.

Nah, jika sudah besar, kamu bisa menjualnya kepada toko online dan peminat lainnya yang membutuhkan fanpage dengan audiens yang aktif.

#6 Buzzer Politik

cara mendapatkan uang dari facebook

Sumber: Shutterstock

Nah, yang ini pas banget nih untuk kamu yang emang doyan sama tema-tema politik dan kritis. Buzzer politik nggak selamanya negatif kok, kan kamu juga masih bisa pilih yang sesuai dengan visi dan misinya.

Di musim kampanye seperti ini bakalan banyak banget politisi yang membutuhkan buzzer politik untuk setidaknya membantu mengarahkan opini publik. Selama bukan kampanye hitam, rasanya sah-sah saja kalau akun Facebook-mu bisa dijadikan ladang mencari uang dengan tujuan baik juga.

#7 Jadi Influencer

cara mendapatkan uang dari facebook

Sumber: Shutterstock

Hmm.. bukan cuma Instagram, YouTube atau Twitter aja kok yang bisa dijadikan lahan buat bikin konten kreatif. Facebook juga bisa, bahkan dengan fitur-fitur terbaru dari Facebook kamu bisa jadi lebih mengembangkan kreativitasmu dalam membuat konten-konten menarik.

Nah, jadi sekarang udah tau kan kalau Facebook itu bukan cuma bisa dijadiin lahan mengeluarkan unek-unek, nge-likes atau share artikel aja. Banyak cara mendapatkan uang dari Facebook dengan mudah seperti 7 contoh di atas.

Menurut kalian ada lagi cara mendapatkan uang dari Facebook yang lain? Share di kolom komentar ya!

Baca juga:

Pengin Sukses jadi YouTuber Seperti Atta Halilintar? Ikuti 7 Petunjuk Ini!

Suka dengan artikel ini? Jangan lupa like Facebook dan follow Instagram Asian Money Guide Indonesia agar tak ketinggalan artikel keuangan terbaik kami!

Written by

Tiara Iraqhia