Pengin Sukses Jadi YouTuber Seperti Atta Halilintar? Ikuti 7 Petunjuk Ini!

lead image

Kelihatannya sih gampang, tapi apa iya segampang itu?

Banyak orang yang pengin tau cara mendapatkan uang dari YouTube sebagai penghasilan tambahan. Tapi apa benar semudah itu?

Nggak juga. Menjadi YouTuber itu nggak segampang merekam video, edit, upload dan pasti banyak yang nonton. Kamu harus memikirkan isi kontennya, iya kalau kamu emang udah jago bikin konten video, untuk mereka yang nggak paham cara pengambilan video bahkan editting, pasti akan sulit sekali bersaing di YouTube.

Sering banget deh denger anak jaman sekarang pengin banget jadi YouTuber. "Ih, enak ya, upload video kayak gitu aja bisa jadi terkenal.."

Padahal masih banyak tahapan yang mesti kamu lalui sampai kamu bisa menguasai cara mendapatkan uang dari YouTube.

Kira-kira apa aja sih yang diperlukan untuk menjadi YouTuber sukses, simak ulasannya di bawah ini!

Cara Mendapatkan Uang dari YouTube: Petunjuk yang Wajib Banget Kamu Tahu!

cara mendapatkan uang dari youtube

#1 Bikin Tema Konten Video

Nggak, jangan isi konten video kayak anak-anak Tiktok jaman sekarang. Meski nggak salah, seorang vlogger idealnya harus memberikan informasi yang bermanfaat. Entah dari review produk, atau informasi terkini tentang sebuah isu. Apapun kontennya, harus dipikirkan dengan baik.

Langkah selanjutnya ketika sudah memilih konten video, eksekusi! Rekam videomu dengan baik, kalau nggak bisa, kamu bisa mampir ke situs-situs penyedia jasa freelance. Banyak kok yang menyediakan jasa videografi dengan harga miring. Jangan lupa edit videomu supaya menarik ditonton ya!

#2 Bikin Channel YouTube

Buatlah akun YouTube (ya, kalau nggak, mau ditaro mana yakan videonya).

Personalisasi akunmu sesuai dengan persona internet-mu. Apakah kamu seorang yang lucu, serius, atau biasa-biasa saja? Buat tampilan akunmu agar sesuai dengan persona yang ingin kamu tampilkan. Jangan lupa juga untuk aktifkan fitur monetizetion sehingga Youtube dapat memberikanmu kompensasi akan akun yang kamu buat.

#3 Buat Akun Adsense

Cara mendapatkan uang dari YouTube salah satunya adalah dengan memiliki akun Google AdSense. Pendapatan yang akan kamu peroleh kelak dari YouTube berasal dari jumlah klik dari video yang ditonton oleh subscriber-mu.

Akun ini juga akan mengatur perihal pembayaran termasuk pilihan pembayaran yang kamu inginkan untuk penghasilanmu dari YouTube.

#4 Wajib Punya 1,000 Subscribers dan Ditonton 4,000 Jam

Meski terlihat mudah, ternyata cara mendapatkan uang dari YouTube memang agak sulit. Untuk mendapatkan penghasilan dari sini, efektif mulai Januari 2018, selama setahun belakangan setidaknya kamu harus memiliki 1,000 jumlah subscribers dan videomu telah ditonton selama 4,000 jam oleh penontonmu.

Dengan begitu, kamu baru bisa mendapatkan iklan di akun YouTube-mu. Hal ini juga dilakukan agar monetisasi dari konten-konten video yang nggak layak tayang bisa dihindari.

#5 Harus Unik di Tengah Persaingan Banyak YouTuber

Kompetisi menjadi YouTuber memang ketat sekali. Bayangin aja, anak presiden Jokowi aja udah jadi YouTuber. Kebayang kan gimana persainganmu dengan YouTuber sukses lainnya?

Bahkan nggak jarang YouTuber yang sudah memiliki jutaan subscriber, duh, jangan ciut ya. Dengan adanya kompetisi ini, artinya kamu harus bikin konten video yang beda dari yang lain. Harus unik dan ngga ada saingannya, sehingga ketika seseorang menyebutkan sebuah tema, hal pertama yang akan terlintas pada benak mereka adalah akun YouTube-mu.

#6 Fokus dengan Meningkatkan Jumlah Viewers dan Menambah Subscribers

Kalau akunmu sepi, yha, jangan harap YouTube mau kasih kamu penghasilan. Oleh karena itu, kamu harus fokus bagaimana caranya untuk mendapatkan jumlah viewers dan subscribers yang banyak.

Eh, bukan dengan bikin konten kontroversial ya. Biasanya orang mau menonton video dan men-subscriber sebuah akun YouTube karena informasi yang diberikan. Semakin bermanfaat konten video yang kamu bikin, semakin banyak juga jumlah viewers-mu. Jangan lupa bagikan konten YouTube-mu ke audiens di media sosial lainnya agar lebih banyak lagi videomu tersebar.

#7 Konsisten dan Jangan Mudah Menyerah

Membangun sebuah akun di YouTube itu sama saja dengan membangun karir. Kamu nggak bisa sukses dengan semalam bekerja. Dibutuhkan waktu untuk membuat pekerjaanmu terlihat hasilnya.

Artinya, kamu harus bersabar sampai kamu bisa menguasai cara mendapatkan uang di YouTube. Meski tak sedikit waktu yang dibutuhkan untuk membangun sebuah akun YouTube, pasti kerja kerasmu akan terbayar jika kamu konsisten dan tak mudah menyerah.

Selalu belajar dari kesalahan, evaluasi konten setelah naik ke akun itu juga penting. Sehingga kamu bisa mencari letak kekurangan dan kelemahan akunmu, jadi ketika kamu akan membuat konten video baru, kamu bisa belajar dari kesalahan sebelumnya.

Nah, sudah siap belum nih untuk terapkan cara mendapatkan uang dari YouTube? Jangan menyerah dan semoga berhasil!

Baca juga:

Hasilkan Miliaran Rupiah dari YouTube, Siapa Saja Mereka?

Suka dengan artikel ini? Jangan lupa like Facebook dan follow Instagram Asian Money Guide Indonesia agar tak ketinggalan artikel keuangan terbaik kami!

Written by

Tiara Iraqhia