Ini yang Terjadi Ketika Mendidik Anak Soal Keuangan Selama 30 Hari!

Ini yang Terjadi Ketika Mendidik Anak Soal Keuangan Selama 30 Hari!Ini yang Terjadi Ketika Mendidik Anak Soal Keuangan Selama 30 Hari!

Meski nggak mudah, harus dilakukan sejak dini.

Bagaimana cara mendidik anak sejak dini soal keuangan? Satu kuncinya: kesabaran!

Satu poin penting ketika mengajarkan keuangan pada anak-anak yaitu membentuk kebiasaan baik soal uang. Karena jika tidak dibiasakan sejak kecil, ketika dewasa kelak anak-anak tak akan memiliki rasa tanggungjawab yang besar atas pengeluarannya. Pasti kamu nggak mau kan hal itu terjadi?

Nah, karena itu Asian Money Guide mencoba cara mendidik anak sejak dini soal keuangan dalam jangka waktu 30 hari.

Cara Mendidik Anak Sejak Dini Soal Keuangan, Apa Perlu?

cara mendidik anak sejak dini

Anak-anakku, B dan C, berusia 9 dan 11 tahun, dan kami diharuskan menjawab banyak pertanyaan tentang harga suatu barang yang mahal.

Coba bayangkan, pasti seringkali kita mendengar permintaan anak-anak untuk berlibur ke suatu tempat hiburan, yang seringkali harus mengeluarkan banyak uang. Selain itu, di akhir pekan, saya seringkali membawa mereka makan di luar dan biasanya mereka memilih restaurant yang cukup mahal dibandingkan dengan memakan masakan dari rumah. Menjawab pertanyaan si kecil dengan, makan di restoran A itu mahal, mereka nggak akan paham.

Squishy dengan bentuk baru, nonton film di bioskop, makan di restoran mahal, dan pergi ke waterpark nggak selalu bisa dihindari.

Cara Mendidik Anak Sejak Dini Soal Keuangan: Apa yang Harus Dicoba dan Apa yang Tidak Berhasil

  1. Jangan jelaskan pada mereka bahwa uang itu terbatas. Ayah dan Bunda sedang menabung dan butuh penghematan.
  2. Jangan berikan reward berbentuk uang ketika mereka membantu pekerjaan rumah, dan ajarkan mereka menabung angpaw lebaran. Karena pada akhirnya mereka akan meminta uang untuk mencuci piring makannya sendiri (yap, hal itu bisa saja terjadi).

Saya sangat lelah harus menjawab pertanyaan si kecil dengan kalimat, "nggak, mainan itu harganya mahal" hampir setiap hari!

Si kecil sudah cukup pintar untuk meminta kepada nenek dan kakeknya ketika mengalami penolakan oleh kedua orangtuanya. Selain itu, saya juga ingin sekali mengajarkan mereka mengenai pentingnya membuat anggaran dan menabung untuk sebuah tujuan.

Nah, akhirnya saya mencoba cara berikut untuk cara mendidik anak sejak dini soal keuangan.

Cara Mendidik Anak Sejak Dini Soal Keuangan: Ini yang Harus Kamu Lakukan!

cara mendidik anak sejak dini

Saya memberikan uang saku mingguan sebesar Rp 250 ribu setiap hari Senin. Mereka harus bisa mengatur laju keuangannya sendiri. Tidak jajan melebihi jumlah yang sudah diberikan.

Pertama-tama, mereka akan kesulitan untuk mengaturnya. Belum 7 hari, sudah habis uangnya. Namun, saya bersikeras untuk tidak memberikannya tambahan hingga habis seminggu. Setelah mendapatkan hukuman karena tak dapat menyisakan uang jajan, minggu berikutnya mereka akhirnya dapat mencukupi kebutuhan mereka sendiri selama seminggu, dan minggu berikutnya mereka bisa menyisihkan lebih banyak dari uang sakunya selama seminggu.

Pada minggu ke-4, mereka sudah mampu menabung lebih banyak dan berhasil membeli mainan squishy favoritnya dengan uang saku yang saya berikan.

#Pro

Ketika saya memberikan keduanya uang saku selama seminggu, mereka tak perlu lagi setiap hari merengek untuk membeli cemilan sekedar bakso atau es krim yang sangat mereka sukai.

Ketika sudah terbiasa selama 21 hari pertama, di minggu ke-4 mereka mampu membeli apa yang mereka inginkan dari uang saku yang diberikan.

Di minggu ke-4 juga saya membawa mereka ke waterpark sebagai hadiah atas kerja kerasnya untuk berhemat selama sebulan.

#Kontra

Kami sebagai orangtua ingin mengetahui apakah cara mendidik anak sejak dini soal keuangan itu apa betul-betul berhasil, sehingga terkadang saya merasa agak kasihan ketika mereka harus sedikit 'berpuasa' untuk membeli apa yang mereka inginkan hanya karena saya nggak akan memberi uang saku tambahan.

Anak-anak jaman sekarang sudah pintar, ketika mereka kekurangan uang (atau sedang berhemat lebih tepatnya) mereka berbuat curang dengan meminta kakek, nenek atau tante dan pamannya untuk membelikan sesuatu yang sedang mereka inginkan sehingga tak perlu mengeluarkan uang sama sekali. Kids!

Pelajaran Apa yang Anak-anak Dapatkan dari Cara di Atas?

cara mendidik anak sejak dini

#1 Tanggungjawab Mengatur Keuangan

Dengan memberikan uang saku mingguan, anak-anak akan belajar mengenai tanggungjawab mengatur keuangan pribadinya.

Mengeluarkan uang seperlunya, bukan karena keinginan sementara.

#2 Menabung dengan Tujuan

Saat saya memberikan mereka uang saku mingguan, saya juga mengajarkan mereka untuk mengetahui apa yang ingin dicapai (dalam hal ini adalah mainan squishy).

Ketika anak-anak memiliki tujuan, mereka akan lebih giat menabung dan menahan diri untuk membelikan sesuatu yang nggak perlu.

#3 Kemampuan untuk Mengetahui dan Membandingkan Harga

Saat mereka ingin menggunakan uang sakunya untuk makan siang di sekolah, mereka sudah mampu mengetahui nilai dari sebuah makanan dan membandingkan dengan nilai yang lebih murah.

Dengan cara ini, anak-anak akan belajar untuk tak menghambur-hamburkan uang hanya demi kepuasan sementara.

#4 Mengerti Bahwa Uang Nggak Turun dari Langit Begitu Saja

Pernah ada kejadian lucu. Saat orangtuanya sedang berhemat lantaran banyak pengeluaran yang harus dibayarkan, baby C dan kakak B minta sesuatu dengan harga yang lumayan mahal.

Pada saat itu, saya bilang tidak, Bunda sedang kehabisan uang. Mengejutkan sekali jawaban mereka, "Yaudah Bunda ambil uang dulu dari mesin ATM."

Mereka berpikir uang di mesin ATM itu tak terbatas dan bisa diambil kapan saja! Hahaha, namanya juga anak-anak.

Tapi setelah melewati pendidikan soal keuangan sejak dini ini, mereka akhirnya paham bahwa uang itu ada batasnya dan tak bisa didapatkan begitu saja (uang nggak turun dari langit).

Nah, untuk kalian yang sudah punya anak, adakah cara lainnya yang ampuh untuk mengajarkan anak soal keuangan sejak dini?

Got a parenting concern? Read articles or ask away and get instant answers on our app. Download theAsianparent Community on iOS or Android now!

img
Written by

Tiara Iraqhia