Siapkan Biaya Pendidikan Terbaik untuk Anak dengan Cara Ini!

Siapkan Biaya Pendidikan Terbaik untuk Anak dengan Cara Ini!Siapkan Biaya Pendidikan Terbaik untuk Anak dengan Cara Ini!

Sudah menjadi rahasia umum bahwa biaya pendidikan anak semakin hari semakin mahal. Oleh karena itu penting sekali bagi orangtua dan calon orangtua untuk tahu bagaimana cara menghitung biaya pendidikan anak sejak dini!

Orang tua mana yang tak ingin anaknya mendapatkan pendidikan terbaik bahkan kalau bisa hingga ke luar negeri. Banyak orangtua yang rela mengorbankan apapun demi bisa menyekolahkan anaknya hingga ke luar negeri.

Cara Menghitung Biaya Pendidikan Anak: Apa Kata Survey Value of Education?

cara menghitung biaya pendidikan anak

Steven Suryana, Head of Wealth Management PT Bank HSBC Indonesia menjelaskan pentingnya perencanaan keuangan untuk pendidikan di acara diskusi Value of Education pada tanggal 25 September 2018, di Jakarta.

Menurut survey yang dilakukan oleh HSBC Value of Education yang terbaru, menunjukkan bahwa 60% dari orang tua di Indonesia mempertimbangkan untuk mengirimkan anaknya untuk sekolah di luar negeri, meskipun pada akhirnya ada gap antara harapan dan realitas pengeluaran finansial yang akan dihabiskan kelak.

Prioritas pengeluaran anak yang diharapkan oleh orang tua yakni mencakup, buku teks sebanyak 70%, biaya kuliah sebesar 68%, teknologi pendukung 68%, uang saku 65% dan alat tulis sebesar 65%. Berbeda dengan ekspektasi anak, pengeluaran terbesar bagi anak ada di pos pengeluaran biaya kuliah, akomodasi, makanan dan pembayaran tagihan.

Ada selisih antara total pengeluaran yang harus dikeluarkan si anak dengan yang bisa diperkirakan oleh orang tua. Kebutuhan pelajar di Indonesia rata-rata berkisar di angka Rp 142,2 juta per tahun, sementara yang diperkirakan orangtuanya hanya di kisaran Rp 84,4 juta.

Untuk menutupi gap biaya pendidikan anaknya, sebanyak 69% orang tua rela mengorbankan anggaran hiburan mereka untuk biaya pendidikan anak, sementara 54% di antaranya mereka akan mencari pekerjaan tambahan untuk menutupi kebutuhan tersebut, 48% mencari hiburan yang lebih hemat, dan 47% lagi akan mengurangi hiburan, hobi dan waktu pribadi. Tak berhenti di situ, sebanyak 80% pelajar di Indonesia rela mencari pekerjaan paruh waktu untuk mendapatkan uang tambahan sembari mencari pengalaman kerja.

Steven Suryana, Head of Wealth Management HSBC Indonesia saat ditemui pada acara Perencanaan Keuangan Keluarga Indonesia untuk Pendidikan Terbaik Bangsa di Jakarta (25/9), mengatakan “Kebutuhan kuliah yang tinggi menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi kebanyakan orang tua di Indonesia. Setidaknya 34% dari orang tua yang anaknya kuliah, khawatir tidak memiliki sumber daya finansial yang cukup untuk mendukung biaya pendidikan terbaik untuk anaknya. Selain itu, 50% orang tua juga mempertimbangkan biaya kuliah di luar negeri lebih mahal dibanding dengan dalam negeri.”

Cara Menghitung Biaya Pendidikan Anak: Apa yang Perlu Direncanakan?

Masih menurut Steven, sekiranya ada beberapa poin yang perlu disiapkan oleh para orang tua dalam mempersiapkan biaya pendidikan terbaik untuk anak.

#1 Perencanaan Keuangan Sejak Dini

Jangan berpikir hanya karena si kecil masih terlalu belia untuk memikirkan biaya pendidikan lanjut di perguruan tinggi, maka orang tua masih bisa bersantai.

Padahal kunci utamanya adalah perencanaan keuangan yang dibuat sejak dini. Bahkan jika bisa, sejak si kecil lahir, orang tua sudah bisa membayangkan ada berapa tahun tersisa untuk mempersiapkan biayanya, dan kira-kira berapa biaya yang diperlukan kelak.

#2 Realistis dalam Menghitung Biaya

Adanya selisih dalam ekspektasi antara orang tua dan realitas yang dialami anak hanya akan menimbulkan permasalahan keuangan baru.

Oleh karena itu penting sekali bagi orang tua agar selalu realistis dalam menghitung biaya pendidikan terbaik untuk anak. Bukan hanya sekedar menghitung biaya kuliah, buku teks, alat tulis, uang saku dan teknologi pendukung. Namun juga akomodasi, makanan, biaya kesehatan jika jauh dari orang tua, dan berbagai faktor lainnya.

#3 Terapkan Kebiasaan Finansial yang Baik

Banyak orang tua yang merasa anaknya ketergantungan dengan mereka, sehingga pada akhirnya mereka tak bisa menyelesaikan permasalahan-permasalahannya sendiri tanpa bantuan dari orangtuanya.

Padahal pola pikir tersebut sangatlah salah! Anak-anak harus dibiasakan untuk menyelesaikan problematikanya sendiri. Ini mengapa banyak orang tua di luar negeri yang membiarkan anaknya tinggal di asrama yang jauh dari rumahnya saat berkuliah. Sementara di Indonesia, banyak orang tua masih ketakutan anak-anaknya tidak dapat mengatur keuangannya. Ingat, bahwa kebiasaan finansial yang baik harus diajarkan sejak dini!

#4 Berinvestasi Pada Keterampilan Anak

Jika kamu ditanya, menjadi apa kelak anakmu di masa depan? Banyak orang tua di Indonesia menjawab dua profesi utama, yakni dokter dan pengusaha.

Tidak salah memang menginginkan anak sukses, namun alangkah lebih baiknya jika sebagai orang tua, kita membiarkan mereka sukses sesuai dengan keinginan dan keterampilannya masing-masing.

Bagaimana mengidentifikasi keterampilan anak? Kamu tak perlu menjadi psikolog untuk mengetahui hal itu. Banyak sekali tes-tes kepribadian yang tersedia secara online dan gratis. Manfaatkanlah hal ini untuk mengetahui kepribadian dan keterampilan si kecil. Jangan murka terlebih dahulu jika ternyata memang anak Parents lebih terampil dalam bidang kreatif. Mereka bisa sukses di bidang tersebut dengan dukungan kalian juga sebagai orangtuanya.

Nah, dengan keempat perencanaan tersebut, impian untuk menyekolahkan anak-anak ke luar negeri bukanlah lagi sekedar mimpi di siang bolong. Perencanaan keuangan yang matang merupakan salah satu cara menghitung biaya pendidikan anak yang terbaik. Siapkah Parents untuk memberikan pendidikan yang terbaik bagi mereka?

Baca juga:  Ini yang Terjadi Ketika Mendidik Anak Soal Keuangan Selama 30 Hari!

Suka dengan artikel ini? Like Facebook dan Instagram Asian Money Guide Indonesia agar tidak ketinggalan artikel keuangan terbaik kami!

Got a parenting concern? Read articles or ask away and get instant answers on our app. Download theAsianparent Community on iOS or Android now!

img
Written by

Tiara Iraqhia