Maksa Pinjam Uang Buat Nikah ke Teman, Malah Bikin Emosi!

lead image

Niatnya minta tolong, malah ngelunjak.

Meski hubunganmu sudah di jenjang yang serius, merencanakan pernikahan memang nggak mudah apalagi cari biaya nikah. Persiapan keseriusan hubungan itu bukan hanya dilihat dari segi psikologi saja tapi juga dari segi finansial.

Jangan hanya karena sama-sama sudah merasa mantap untuk melanjutkan hubungan ke jenjang yang lebih serius malah bikin kamu dan pasanganmu abai dengan faktor lainnya, yaitu uang. Memang mau makan pake cinta doang?

Kalau sudah begini, mau nggak mau kalian harus berusaha lebih cari biaya nikah untuk mewujudkan pernikahan impian. Pernikahan itu adalah momen sakral dan idealnya hanya sekali dilakukan seumur hidup. Wajar saja jika setiap pasangan ingin pernikahannya menjadi memori yang tak terlupakan. Nggak sedikit orang yang terpaksa berutang untuk mewujudkan pernikahan impiannya, termasuk ke teman.

Lagi-lagi, meminjam uang apalagi ke teman tentu ada etikanya, tidak bisa sembarang nodong. Memang dia bapakmu? Hehe.

Jangan seperti perempuan ini, demi memanjakan ego dan gengsinya, ia rela merusak pertemanan yang dijalin hanya lantaran meminjam uang dengan memaksa.

Cari Biaya Nikah dengan Pinjam Uang ke Teman Tapi Maksa

cari biaya nikah

Twitter / @askmenfess

Sebuah percakapan WhatsApp menjadi viral setelah diunggah oleh akun @askmenfess di Twitter. Perempuan ini mencoba meminjam uang ke temannya yang konon lebih ‘berada’ untuk biaya pernikahannya tapi tanpa etika yang baik bahkan terkesan memaksa.

Kronologinya dimulai ketika si perempuan yang tidak diketahui identitasnya ini mengajak temannya untuk menemaninya mencari gaun pernikahan. Karena terlalu mendadak dan temannya sudah punya janji, akhirnya ia menolak. Penolakan ini direspon negatif oleh si calon pengantin.

Ia lalu mengeluh kenapa temannya (yang katanya merupakan istri dari seorang dokter) terlalu sibuk sehingga tak ada waktu menemaninya. Bahkan ia menuduh temannya tak mau menemani lantaran takut dimintai uang atau takut keluarkan uang untuk bensin. Saking kesalnya, ia malah membahas harga gaun pengantin yang hendak dibeli (yang lagi-lagi dibandingkan dengan gaun pernikahan temannya dahulu). Makin nggak nyambung~

Cari Biaya Nikah ke Teman, Tanpa Mau Tau Urusan dan Kebutuhannya

cari biaya nikah

Twitter / @askmenfess

Ketika meminjam uang ke teman, kamu harusnya tahu dan memiliki empati terhadap urusan dan kebutuhan temanmu itu. Nggak tiba-tiba jebret minjem puluhan juta padahal temanmu lagi banyak kebutuhan yang harus dibayar juga.

Nah, si calon pengantin ini rasanya kurang memiliki empati terhadap temannya. Tiba-tiba pinjam uang, padahal biasanya jika sudah menikah perkara keuangan itu merupakan hal yang harus didiskusikan bersama-sama. Nggak bisa asal memutuskan sendiri tanpa pasanganmu tahu. Besar lho tanggungjawabnya!

cari biaya nikah

Twitter / @askmenfess

Meski sudah ditolak, si calon pengantin ini tak gentar untuk memaksa temannya memberikan pinjaman uang kepadanya untuk biaya pernikahan dengan mengungkit uang sejumlah Rp 20 juta tak ada artinya bagi temannya.

Cara si pengantin ini meminjam uang sungguh tak memiliki etika dan sopan santun. Padahal dia yang butuh, tapi malah minjemnya galak, maksa pula.

cari biaya nikah

Twitter / @askmenfess

cari biaya nikah

Twitter / @askmenfess

cari biaya nikah

Twitter / @askmenfess

cari biaya nikah

Twitter / @askmenfess

cari biaya nikah

Twitter / @askmenfess

cari biaya nikah

Twitter / @askmenfess

Nah, lihat deh percakapan di atas. Apa pantas meminjam uang untuk cari biaya nikah ke teman dengan etika seperti itu. Alih-alih mendapatkan pinjaman, malah putus hubungan baik pertemanan.

Sebetulnya ketika melakukan pinjaman uang ke teman apalagi untuk cari biaya nikah ada etika yang harus kamu ketahui. Berikut cara cari biaya nikah dengan meminjam uang ke teman yang baik!

Etika Meminjam Uang ke Teman

#1 Ceritakan Latar Belakang Kebutuhanmu dengan Jelas dan Baik

Menceritakan latar belakang kebutuhanmu sangat penting dilakukan ketika hendak meminjam uang ke teman. Nggak semua orang akan langsung meminjamkanmu uang, yang punya kebutuhan bukan cuma kamu. Siapa tahu mereka juga lagi punya urusan dan kebutuhan lain.

Setidaknya jika kamu menceritakan latar belakang kebutuhanmu, mereka dapat mempertimbangkan apakah bisa membantumu atau tidak. Jujur juga faktor penting dalam menceritakan latar belakang kebutuhanmu.

#2 Buat Janji dan Komitmen Kapan Akan Dibayar

Meskipun orang yang kamu minta bantuan ini adalah sahabat dekatmu, tetap saja mereka butuh kepastian kapan kamu berkomitmen untuk membayar utangmu.

Jika tidak, bisa saja mereka malah ragu untuk meminjamkan uangnya kepadamu.

#3 Jangan Memaksa

Jangan seperti calon pengantin di atas ya, ketika meminjam uang ke teman jangan paksa mereka untuk meminjamkan saat itu juga, jangan paksa mereka untuk memberikan pinjaman tanpa bunga apalagi dengan jumlah uang yang besar.

#4 Perhatikan Waktu yang Tepat untuk Meminjam Uang

Jangan meminjam uang kepada orang yang jarang kamu temui. Pasti bakalan awkward banget kan, jarang ketemu, jarang ngobrol, jarang kontak tau-tau datang untuk pinjam uang.

Usahakan meminjam kepada teman yang memang dekat, selain itu kamu juga harus perhatikan waktu yang tepat untuk meminjam uang. Pelajari mood-nya terlebih dahulu, apakah ia sedang dalam mood yang bagus atau tidak. Jangan sesekali meminjam uang kepada temanmu yang sedang kacau hatinya. Alih-alih dipinjamkan, kamu malah kena damprat 🙁

#5 Utang Adalah Utang, Harus Dibayar Sesegera Mungkin

Jangan gampangin temanmu hanya karena kalian memiliki kedekatan yang sudah seperti keluarga sendiri. Utang tetaplah utang, tetap harus dibayar dan dilunasi. Buat komitmen terhadap diri sendiri untuk melunasinya untuk tak merusak persahabatan yang sudah terjalin sekian lama.

Jika diperlukan, buatlah hitam di atas putih. Buat surat perjanjian apabila nominal uang yang kamu pinjam itu dua digit angka. Jadi ada kepastian untuk masing-masing pihak. Semua aman karena sah secara legal.

Jangan tiru seperti percakapan di atas ya kalau kamu berniat untuk meminjam uang ke temanmu.

Baca juga:

5 Cara Ampuh Nagih Utang ke Teman yang Punya 1001 Alasan!

Balada Mantan Ngutang, Drama Panjang Berujung Twitwar!

Suka dengan artikel ini? Jangan lupa like Facebook dan follow Instagram Asian Money Guide Indonesia agar tak ketinggalan artikel keuangan terbaik kami!

Written by

Tiara Iraqhia