Butuh Uang Tambahan, Ini 5 Rekomendasi Kerja Freelance untuk Pegawai Kantoran!

lead image

Cari penghasilan tambahan yuk dengan cara ini!

Gajimu saat ini dirasa masih kurang untuk memenuhi kebutuhan hidup dan pengin cari uang tambahan di internet dengan mudah? Sudah pernah coba belum cara kerja freelance yang cocok untuk pekerja kantoran seperti kita-kita ini?

Kebutuhan hidup memang semakin meningkat seiring berjalannya waktu, hal ini mendorong banyak pegawai kantoran cari uang tambahan di internet demi menutupi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Sebelum membahas apa saja jenis kerja freelance yang bisa dilakukan pegawai kantoran, alangkah baiknya jika kita terlebih dahulu memahami cara kerja freelance itu sendiri.

Freelance bisa juga diartikan sebagai tenaga lepas atau pekerja lepas, cara kerja freelance biasanya dilakukan oleh mereka yang tidak memiliki kontrak jangka panjang oleh pemberi pekerjaan. Penasaran seperti apa pekerjaan freelance yang bisa dilakukan pegawai kantoran, berikut rekomendasinya!

Cari Uang Tambahan di Internet: Pekerjaan Freelance yang Pas untuk Pegawai Kantoran!

cari uang tambahan di internet

Shutterstock

#1 Penulis Lepas

Cara kerja freelance yang paling mudah diterapkan ialah menjadi seorang penulis lepas atau freelance writer. Apalagi dengan maraknya digitalisasi, banyak perusahaan yang berusaha menaikkan traffic produknya melalui internet. Salah satu pancingan terbaik untuk mendapatkan tujuan itu ialah dengan content marketing, yang membutuhkan materi penulisan.

Meski sudah banyak yang memiliki penulis in-house, masih banyak juga perusahaan yang membutuhkan tenaga penulis lepas untuk mengisi materi penulisan yang dibutuhkan yang biasanya dihargai per artikel.

Coba bayangkan, jika satu artikel dengan jumlah 500 kata saja bisa dihargai dengan Rp 50 ribu per artikel, artinya jika kamu mampu menulis 2 – 4 artikel saja setiap minggunya kamu sudah memiliki penghasilan tambahan sebesar Rp 200 ribu. Artinya dalam sebulan kamu bisa hasilkan RP 800 ribu hanya dari menulis di akhir pekan.

Perhitungan di atas hanyalah gambaran, sebab pada kenyataannya harga tulisan per artikel tak selalu sama, ada yang mematok harga di bawah angka itu namun ada juga yang mematok harga tinggi dengan kualitas tulisan yang mumpuni kamu bisa saja dibayar Rp 200 ribu – Rp 300 ribu untuk satu artikel. Gimana, tertarik?

#2 Desain Grafis

Sama seperti menulis, desain grafis juga merupakan salah satu cara kerja freelance paling mudah dilakukan untuk kamu yang memiliki passion di bidang ini.

Harganya pun bervariasi, mulai dari ratusan ribu, jutaan hingga puluhan juta rupiah tergantung tingkat kesulitan dan jam terbang pekerja dalam menghasilkan karya visual.

Kamu bisa cari uang tambahan di internet dengan mengerjakan proyek-proyek desain grafis. Nggak lama, pundi-pundi rupiah akan mengalir lancar ke rekeningmu.

#3 Makeup Artist

Sekarang lagi marak banget nih profesi makeup artist, banyak orang berkompetisi menjadi yang terbaik sebab memang uang yang dihasilkan dari pekerjaan freelance ini cukup menggiurkan.

Harga pasaran termurah untuk sekali merias orang saja bisa di kisaran Rp 250 ribu ke atas, bahkan jika kamu sudah terkenal kamu bisa mematok harga jutaan hingga puluhan juta untuk sekali menyulap orang lain menjadi cantik di hari spesialnya.

Menarik bukan?

#4 Vlogger / YouTuber

Wah, kalau yang satu ini sih memang sepertinya sudah jadi impian banyak orang. Selain bisa terkenal, kamu juga bisa meraup keuntungan dengan me-review produk-produk terkini. Selain itu kamu juga bisa meraup pundi-pundi rupiah dari pemasangan AdSense.

Padahal kamu nggak perlu kerja setiap hari, hanya merekam dan mengedit videomu di akhir pekan dan tunggu respon dari netizen. hehe.

#5 Blogger

Jika kamu kurang percaya diri di depan kamera, mungkin blogger bisa menjadi pilihan. Kamu bisa melakukan review produk sama halnya seperti Vlogger, sesuai dengan passion-mu.

Dari review tersebut kamu sudah bisa mengumpulkan ratusan ribu bahkan sampai jutaan rupiah. Meski demikian memancing pengunjung ke blog-mu memang tidaklah mudah. Sebab butuh komitmen, konsistensi dan ciri khas tersendiri juga yang pasti kamu harus memberikan informasi yang valid dan informatif agar pengunjungmu senang dengan konten yang kamu tuliskan di sana.

Daripada akhir pekanmu hanya digunakan untuk sekedar nongkrong nggak jelas, mending lakukan hal yang bermanfaat. Psst.. siapa tau bisa kumpulkan dana untuk biaya nikah nanti!

Cara Kerja Freelance: 5 Trik Ampuh Cepat Dapat Proyek Freelance

cara kerja freelance

Shutterstock

#1 Ketahui Minat dan Bakatmu

Cara kerja freelance terbaik adalah dengan mengetahui minat dan bakatmu sendiri. Sebab mengerjakan sesuatu yang kurang disukai sama saja bunuh diri.

Sebelum memulai, coba cari dan ketahui minat dan bakatmu, tantang dirimu untuk melakukan kegiatan yang sesuai dengan passion-mu. Untuk meningkatkan kepercayaan dirimu, cobalah minta pendapat ke teman dan kerabat sebagai masukan positif juga untuk mengembangkan keahlianmu.

#2 Share ke Media Sosialmu

Setelah kamu cukup percaya diri dengan karyamu, tak ada salahnya untuk men-share hasil karyamu ke media sosial. Siapa tahu kamu mendapatkan masukan positif lagi dari orang di luar ruang lingkup pertemananmu.

Selain membagikan hasil karyamu di media sosial, berikan juga informasi bahwa kamu memang menerima pesanan (apapun-jasa-atau-produk-yang-dihasilkan) agar mereka tahu dan bisa mencarimu saat membutuhkannya.

#3 Jangan Lupa Buat dan Kumpulkan Portofoliomu!

Pekerjaan freelance apapun yang kamu geluti kelak, apapun bidangnya, satu faktor penting yang membuatmu terpilih untuk mengerjakan sebuah proyek adalah portofolio.

Sebab, bagaimana klienmu bisa tahu kamu merupakan seorang ahli dalam bidangmu jika tak ada bukti dari portofolio hasil karyamu sendiri.

Yang paling penting dari cara kerja freelance adalah dengan mengetahui potensi diri dan konsisten untuk terus belajar memperbaiki karya meski perlahan, klien nggak akan menjemputmu kalau kamu nggak berusaha menjemputnya.

Ada yang punya pengalaman dengan kerja freelance, ceritakan yuk pengalamanmu di kolom komentar!

Baca juga:

Mau Dapatkan Uang dari Facebook? Coba 7 Cara Mudah Ini!

3 Ide Usaha Kekinian Ini Dijamin Laku Keras, Mau Coba?

Suka dengan artikel ini? Jangan lupa like Facebook dan follow Instagram Asian Money Guide Indonesia agar tak ketinggalan artikel keuangan terbaik kami!

Written by

Tiara Iraqhia