Selain Aruna dan Lidahnya, Ini 10 Film Kuliner Terbaik yang Wajib Kamu Tonton!

lead image

Selain Aruna dan Lidahnya, ada banyak film yang bakal bikin kamu laperrrrrrr

Aruna dan Lidahnya, sebuah film kuliner terbaru produksi Palari Films yang sebelumnya telah sukses dengan judul Posesif, akhirnya tayang per tanggal 27 September 2018 kemarin.

Meski sudah ada beberapa judul film bertema kuliner, tema ini masih cukup jarang disajikan di layar lebar tanah air. Padahal Indonesia sendiri memiliki ribuan ragam kuliner yang menarik mulai dari ujung Sabang hingga Merauke. Kekayaan akan rempah membuat negeri ini diberkahi dengan berbagai sajian nusantara yang mampu menggugah selera.

Tapi tahukah kamu, bahwa selain Aruna dan Lidahnya, masih banyak film kuliner yang bisa kamu nikmati mulai dari produksi dalam hingga luar negeri. Apa saja sih daftarnya, simak dulu ulasan berikut!

Film Kuliner Terbaik dari Dalam dan Luar Negeri!

film kuliner

Sumber: Shutterstock

Film Kuliner Terbaik Dalam Negeri

#1 Aruna dan Lidahnya (2018)

film kuliner

Sumber: YouTube

Film kuliner yang baru saja ditayangkan kemarin (27/9) di Bioskop tanah air ini berkisah tentang 4 orang sahabat berusia 30 tahunan yang menjelajahi nusantara untuk mencicipi kuliner dengan ragam rasa.

Aruna yang diperankan oleh Dian Sastrowardoyo sebenarnya adalah seorang ahli wabah yang dikirim untuk meneliti wabah flu burung yang melanda beberapa daerah di Indonesia, sembari meneliti, ia manfaatkan kesempatan tersebut untuk menjelajahi wisata kuliner di daerah-daerah yang ia kunjungi.

Nggak sekedar membahas kuliner, film ini juga kental dengan cerita-cerita persahabatan dan percintaan. Nggak heran, film ini menggunakan hashtag #LaperBaper. Nggak cuma bikin laper, film ini juga bakalan bisa bikin kamu baper. Duh!

#2 Tabula Rasa (2014)

film kuliner

Sumber: YouTube

Film yang telah ditayangkan pada tahun 2014 lalu ini juga bertema kuliner. Hasil besutan dari sutradara bernama Adriyanto Dewo, film ini bahkan diputar dalam segmen khusus pada Festival Film Internasional Sofia (SIFF) bulan Maret lalu.

Film kuliner ini menceritakan tentang tokoh bernama Hans yang diperankan oleh Jimmy Kobogau, seorang pemuda Papua yang putus asa karena gagal meraih impiannya sebagai pemain sepakbola. Kemudian ia bertemu dengan Mak Uwo yang diperankan oleh Dewi Irawan, yang akhirnya mengajarinya untuk menjadi juru masak untuk rumah makan khas Padang.

Melihat teknik pengambilan gambar dari segi makanannya, sudah dijamin bakal bikin kamu ngiler. Selesai nonton, pasti pengin mampir ke rumah makan Padang.

#3 Koki-koki Cilik (2018)

film kuliner

Sumber: YouTube

Film kuliner yang satu ini menceritakan tentang kompetisi masak di kalangan anak-anak. Terkisah Bima, seorang anak dari keluarga tak mampu yang berhasil masuk dalam acara Cooking Camp, sebuah acara kemah memasak yang sangat bergengsi.

Bima harus bersaing dengan anak-anak orang berada dan menerima segala tantangan dari Chef Grant demi merebut gelar Koki Cilik di Cooking Camp. Film ini menunjukkan kompetisi antar anak-anak dan pastinya menyajikan sajian-sajian yang juga dijamin bikin kamu laper mendadak!

#4 The Wedding & Bebek Betutu (2015)

film kuliner

Sumber: YouTube

Film kuliner yang satu ini bergenre komedi, mengisahkan tentang sekelompok pekerja di sebuah hotel yang menamai diri sebagai ‘the Crew‘ berusaha menyelamatkan acara pernikahan dari putri tunggal si pemilik hotel tempat mereka bekerja.

Problema dimulai ketika adanya permintaan spesial untuk menyajikan hidangan bebek betutu. Bayangkan, persoalan ini baru muncul H-1 menjelang pernikahannya.

Disutradarai oleh Hilman Mutasi, film ini juga diperankan oleh beberapa nama komedian tanah air yang dikenal besar melalui program Extravaganza.

#5 Filosofi Kopi (2015)

film kuliner

Sumber: YouTube

Diangkat dari cerita pendek karya novelis cantik Dewi ‘Dee’ Lestari, film ini berkisah tentang perjalanan dua orang sahabat bernama Ben yang diperankan oleh Chicco Jerikho dan Jody yang diperankan oleh Rio Dewanto, untuk mencari biji kopi terbaik di Indonesia untuk kedai kopi mereka yang diberi nama filosofi kopi.

Film yang disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko ini juga memiliki sekuel dan versi web series-nya, lho!

Film Kuliner Terbaik Luar Negeri

Dilansir dari Ranker, berikut adalah daftar teratas film kuliner luar negeri yang wajib kamu tonton!

#1 Ratatouille (2007)

film kuliner

Sumber: YouTube

Film kuliner yang satu ini adalah sebuah film animasi yang diproduksi oleh Pixar Animation Studios dan ditayangkan di bawah bendera Walt Disney Pictures.

Judul film ini merujuk pada sebuah masakan Perancis “ratatouile” yag disajikan pada akhir film. Film ini diperankan oleh seekor tikus yang tak takut berada di lingkungan manusia dan berusaha membuktikan dirinya sebagai koki hebat dengan bantuan teman manusianya yang bernama Linguini. Bersama-sama, mereka dapat menjadi koki hebat karena menyajikan makanan-makanan kelas dunia!

#2 Charlie & the Chocolare Factory (2005)

film kuliner

Sumber: YouTube

Film legendaris yang diperankan oleh Johny Depp dan disutradarai oleh Tim Burton ini merupakan adaptasi kedua dari novel Roald Dahl dengan judul yang sama.

Johny Depp dalam film ini berperan sebagai Willy Wonka, menceritakan seorang anak bernama Charlie yang memenangkan tur ke pabrik cokelat yang dipimpin oleh Willy Wonka dan mengalami perjalanan yang sangat menakjubkan!

Ngeliat film ini, bikin kamu kepengin makan cokelat yang manis-manis!

#3 Chef (2014)

film kuliner

Sumber: YouTube

Film ini berasal dari Amerika dan mengisahkan tentang seorang koki yang keluar dari restoran terkenal atas opini dari seorang kritikus kuliner atas masakannya. Ia lalu pulang ke kampung halamannya Miami untuk membuka usaha food truck.

Ditemani anak dan sahabatnya, ia memulai perjalanan yang luar biasa. Bukan hanya tentang kuliner, film ini juga menyajikan konten kekeluargaan dan kedekatan antara ayah dan anak dalam keluarga yang telah bercerai. Pokoknya wajib banget ditonton deh!

#4 Julie & Julia (2009)

film kuliner

Sumber: YouTube

Film ini menceritakan perjalanan Chef Julia Child di tahun-tahun awal perjalanan karir kulinernya dan Julie Powel yang ingin memasak sebanyak 524 resep pada buku resepnya Julia selama setahun penuh.

Film ini diadaptasi dari dua buku yang pernah diterbitkan, yaitu My Life in France dan Child’s Autobiography yang ditulis oleh Alex Prud’homme.

#5 Th Hundred-Foot Journey (2014)

film kuliner

Sumber: YouTube

Film drama petualangan asal Amerika ini disutradarai oleh Lasse Hallstrom dan diproduseri oleh produser keren selevel Steven Spielberg, Oprah Winfrey dan Juliet Blake.

Film ini menceritakan perjalanan seorang pemilik restoran di India yang harus berpetualang ke Eropa lantaran tanah airnya sedang berperang, dan restorannya hancur karena pemboman.

Di benua baru ini, mereka harus berjuang hingga akhirnya masakannya dikenali oleh salah seorang koki terkenal di kota itu.

 

Written by

Tiara Iraqhia