Digaji Rp 50 Juta untuk Jadi Anggota BIN, Ini 7 Syarat Utamanya!

Digaji Rp 50 Juta untuk Jadi Anggota BIN, Ini 7 Syarat Utamanya!Digaji Rp 50 Juta untuk Jadi Anggota BIN, Ini 7 Syarat Utamanya!

Gaji besar sih, tapi tugasnya berat banget

Kita semua tahu bahwa menjadi Badan Intelijen Negara itu bukanlah pekerjaan mudah. Tapi gaji anggota BIN bisa mencapai Rp 50 juta, lho! WAH, ada yang mau?

Dikutip dari situs pemberi informasi gaji untuk setiap profesi, Qerja, gaji seorang agen BIN bisa mencapai puluhan juta Rupiah! Well.. mengingat tugasnya yang berat angka puluhan juta Rupiah menjadi masuk akal.

Lembaga negara yang memiliki slogan ‘Berani tidak dikenal, mati tidak dicari, berhasil tidak dipuji dan gagal dicaci maki’ ini betul-betul harus memiliki keahlian layaknya agen rahasia seperti yang seringkali kita lihat di film Hollywood.

Bayangkan saja, mereka harus betul-betul jaga rahasia negara, menyamar sebagai orang lain dan nggak boleh takut mati saat bertugas. Meski sulit, untuk kamu yang berminat dan punya kesempatan simak dulu nih apa saja yang diperlukan untuk menjadi agen BIN ini!

Gaji Anggota BIN: Syarat untuk Menjadi Agen CIA-nya Indonesia

gaji anggota bin

#1 Siap Berkompetisi dengan Ribuan Peminat di Seluruh Indonesia

Meski tugasnya berat, ternyata peminat profesi berbahaya ini masih cukup tinggi, lho! Dikutip dari okezone ekonomi, jumlah pelamar untuk Badan Intelijen Negara tahun 2017 lalu mencapai 4,322 pelamar dengan penerimaan yang kecil yaitu hanya sekitar 199 formasi.

Layaknya proses pendaftaran CPNS jika kamu berminat untuk menjadi anggota Badan Intelijen Negara, kamu harus mengikuti serangkaian tes terlebih dahulu ditambah dengan tes fisik tertentu.

Ya kalau tes intelektualitas kamu lulus, dan gagal ketika melakukan tes fisik, jangan harap kamu bisa menjadi anggota BIN.

#2 Cerdas Seperti James Bond

gaji anggota bin

Sumber: filmjunkee

Modal wajah tampan itu hanya ada di film-film. Tapi kalau urusan kecerdasan, ya paling tidak seperti James Bond-lah. Kamu harus cerdas dalam mensiasati situasi-situasi tertentu yang mungkin terjadi di lapangan saat bertugas.

Serius deh, kalau kamu mau modal tampang doang yang kayak James Bond, jangan berharap lolos seleksi. Karena biasanya BIN hanya akan menerima orang-orang dengan wajah biasa-biasa saja, supaya tidak menarik perhatian publik.

Nah, kalau ada yang ngaku-ngaku seorang anggota BIN dan ia memiliki wajah tampan, bisa dipertanyakan tuh. Pertama, seorang anggota nggak mungkin menarik perhatian. Kedua, jika dia anggota betulan, nggak mungkin dia sebar-sebar kalau ia adalah seorang anggota. Bisa diteror duluan ya kan?

#3 Harus Introvert & Nggak Suka Pamer

Menjadi anggota BIN itu nggak mudah, banyak tantangannya. Bahkan, kamu harus bisa menjaga rahasia dari teman dekatmu sendiri atau bahkan pasangan hidupmu sendiri.

Sesuai slogannya, anggota BIN harus bisa menyamar bahkan terhadap masyarakat Indonesia. Ya, ini semua dilakukan demi keamanan anggota itu sendiri. Jangan sampai ya kejadian beberapa waktu lalu terulang. Seorang anggota BIN menyebarluaskan pengangkatan dirinya menjadi anggota di media sosial Path.

Ya, memang sih menjadi seorang anggota BIN itu sesuatu yang membanggakan dan keren banget. Tapi ya nggak untuk dipamerin juga, agen rahasia di film-film aja bahkan rela berbohong sama keluarganya, masa kamu mau pamer-pamer sih?

#4 Nggak Takut Mati Saat Bertugas

Baik anggota BIN ataupun TNI/POLRI memang harus nggak takut mati dalam bertugas. Tapi untuk seorang anggota BIN ada pengecualian nih. Mereka nggak boleh takut mati dan tak dikenali. Wah ngeri juga ya!

Mengingat bahaya yang mengancam saat bertugas, hal itu merupakan suatu kewajaran yang harus diterima seorang anggota BIN. Kalau nggak kuat, mending jangan deh!

#5 Pertimbangkan Matang-matang atau Denda!

Dikutip dari Kabar24, seorang calon anggota BIN yang sudah dinyatakan lolos seleksi lalu mengundurkan diri akan dikenai denda di kisaran Rp 25 juta – Rp 100 juta sesuai dengan tingkatannya. Wah besar juga angkanya!

Nggak hanya itu, untuk mereka yang sudah diangkat menjadi seorang anggota BIN, siap-siap deh kena denda jika ingin mengundurkan diri. Peraturan ini sih dibuat sebagai peringatan bagi semua calon pelamar untuk berpikir matang terlebih dahulu sebelum mencoba. Pekerjaan ini sangat serius dan bukanlah permainan. Jadi sekali masuk, kamu nggak akan bisa keluar lagi!

#6 Nggak Haus Pujian

Seperti slogannya, kamu nggak boleh haus pujian. Jika kamu melaksanakan tugas dengan benar dan berhasil bahkan berprestasi, jangan sampe minta pujian agar publik tahu kamu yang berperan besar dalam keberhasilan tugas tertentu.

Sebab dengan pujian tersebut, identitasmu sebagai anggota akan terkuak dan akan membahayakan hidup serta lembaga tempatmu bekerja. Memiliki kepribadian yang ikhlas akan sangat membantu lho dalam menjadi anggota BIN yang sukses, jangan kejar gaji anggota BIN saja!

#7 Tebal Kuping Akan Cacian

Nah, kebalikan dari poin sebelumnya, jika kamu gagal dalam menjalankan tugas bersiaplah untuk dicaci maki bukan hanya oleh atasanmu tapi juga satu lembaga Badan Intelijen Negara.

Kegagalanmu dalam bertugas bisa saja membahayakan posisi negara kesatuan Republik Indonesia. Sudah sepatutnya kamu mendapatkan hukuman jika mengalami kegagalan, hal ini juga sebagai pengingat untuk lebih berhati-hati dan berkembang dengan taktik yang lebih cerdas lagi pada tugas berikutnya.

Nah, melihat persyaratan di atas, kira-kira masih mau nggak ya kalian jadi anggota BIN? Harap dipikirkan matang-matang ya sebelum memutuskan untuk melamar, jangan hanya tergoda dengan gaji anggota BIN yang besar saja! Semoga berhasil!

Got a parenting concern? Read articles or ask away and get instant answers on our app. Download theAsianparent Community on iOS or Android now!

img
Written by

Tiara Iraqhia