Dilaporkan Hanya Rp 3,7 Juta, Sebenarnya Berapa sih Gaji Pilot Lion Air di Indonesia?

lead image

Sebetulnya, berapa sih gaji pilot itu dan kenapa orang berlomba-lomba ingin menjadi pilot?

Ramai dikabarkan di berbagai media, gaji pilot Lion Air JT 610 yang belum lama ini mengalami kecelakaan udara hanya berada di kisaran Rp 3,7 juta saja. Masa sih?

Dikutip dari CNN Indonesia, gaji pilot Lion Air yang dilaporkan kepada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS TK) hanyalah Rp 3,7 juta saja. Hal ini diungkapkan oleh Direktur Utama BPJSTK, Agus Susanto.

Hal tersebutlah yang menjadi landasan bagi BPJSTK akhirnya mengeluarkan manfaat dari resiko kematian hanya di angka Rp 177 juta dengan hitungan, 48 x Rp 3 juta. Lebih lanjut Agus juga mengungkapkan bahwa adanya praktik memainkan angka dari upah karyawan agar beban keuangan perusahaan untuk membayar BPJSTK tak begitu besar.

Padahal rata-rata gaji pilot junior saja di Indonesia mencapai kisaran Rp 50 - 60 juta per bulannya. Semakin tinggi jam terbang pilot tersebut, gajinya juga semakin tinggi bisa mencapai lebih dari Rp 100 juta. Itupun masih di luar tunjangan lainnya seperti kesehatan, iuran pensiun, flying license dan banyak lagi.

Nah, selain gaji yang besar, kira-kira apa saja sih yang membuat profesi berbahaya ini banyak digemari orang? Mari simak ulasan di bawah ini!

Gaji Pilot Lion Air & Maskapai Lainnya Memang Besar, Selain Itu Apa Lagi Alasan Orang Berlomba-lomba Menjadi Pilot?

gaji pilot lion air

#1 Gaji Besar

Yap, mungki gaji pilot Lion Air dan maskapai penerbangan lainnya memang besar, tapi hal itu juga sesuai dengan resiko yang mereka hadapi di udara. Salah perhitungan sedikit saja, bisa berbahaya bagi keselamatan puluhan bahkan ratusan penumpang yang dibawanya.

Di Indonesia sendiri, gaji pilot paling rendah berada di kisaran Rp 50 juta, sementara untuk yang sudah lebih senior alias memiliki jam terbang yang tinggi, biasanya akan mendapatkan upah di atas Rp 100 juta. Gimana, tertarik menjadi pilot?

#2 Bisa Jelajahi Negara Lain

Ya, namanya juga pilot, walaupun terkadang nggak punya banyak waktu saat singgah di beberapa negara karena padatnya jadwal terbang, tapi lumayan kan bisa check-in lokasi saat singgah di negara-negara atau kota-kota baru yang belum pernah didatangi sebelumnya?

#3 Tunjangan yang Nggak Kalah Besar

Selain gaji yang besar, menjadi pilot juga mendapat tunjangan yang nggak kalah besar. Mulai dari asuransi kecelakaan, kematian, kesehatan hingga keuntungan lain seperti tiket untuk keluarga, penghargaan ini dan itu.

Jaminan kesehatan untuk pilot pun nggak tanggung-tanggung, mereka bahkan bisa menutup biaya pemasangan ring atau operasi jantung yang harganya gila-gilaan.

Hampir semua pilot memiliki fasilitas potongan harga khusus untuk semua rute penerbangan, jatah tiket untuk keluarga dengan batasan dan persyaratan tertentu, layanan antar jemput dari dan ke bandara.

Tapi jangan senang dulu, karena menjadi seorang pilot juga membutuhkan banyak biaya yang besar, lho!

Gaji Pilot Lion Air Tinggi, Kira-kira Berapa Modal untuk Menjadi Pilot?

gaji pilot lion air

Kamu nggak bisa lulus SMA tiba-tiba jadi pilot, ada banyak proses pendidikan dan latihan yang harus kamu tempuh dan hal tersebut membutuhkan uang yang banyak.

Untuk dua tahun pendidikan dan pelatihan, setidaknya kamu harus mengeluarkan uang sebesar Rp 800 juta hingga Rp 1 miliar. Meski kamu sudah memiliki modalnya, kamu juga belum tentu lulus, lho! Ada kemungkinan kamu kena Drop Out (DO) karena nggak memenuhi kompetensi menjadi seorang pilot.

Selain itu, menjadi pilot sepertinya nggak cocok untuk kamu yang gampang merasa bosan. Kenapa? Karena ada beberapa sekolah pilot yang memiliki kerjasama dengan maskapai penerbangan tertentu, dan kamu wajib bekerja di sana setelah lulus hingga beberapa tahun ke depan.

Nggak cukup sampai di situ perjuangan seseorang yang ingin menjadi pilot. Meskipun kamu sudah lulus dan mengantongi sertifikat sebagai pilot komersial, faktanya dari 2,000 pilot yang ada di Indonesia masih ada sekitar 556 atau sekitar 30% dari jumlah keseluruhan yang menganggur alias belum mendapatkan pekerjaan di maskapai penerbangan apapun.

Jadi, meski gaji pilot Lion Air dan maskapai penerbangan lainnya keliatan menggiurkan apakah kamu siap untuk menjadi pilot dengan kompetisi yang tinggi seperti disebutkan di atas?

Baca juga:

Dibeli Seharga Rp 1,7 Triliun, Ini 7 Fakta di Balik Kecelakaan Lion Air JT 610!

Penasaran Sama Gaji Polisi untuk Tiap Golongan? Cek Selengkapnya di Sini!

Digaji Rp 50 Juta untuk Jadi Anggota BIN, Ini 7 Syarat Utamanya!

Berniat Jadi Dosen? Intip Dulu Perhitungan Gaji & Tunjangannya di Sini!

Suka dengan artikel ini? Jangan lupa like Facebook dan follow Instagram Asian Money Guide Indonesia agar tak ketinggalan artikel keuangan terbaik kami!

Written by

Tiara Iraqhia