Korban Hingga 1,347 Jiwa, Kerugian Gempa di Palu Mencapai Rp 10 Triliun!

lead image

Berapa kerugian gempa dan tsunami di Palu?

Kerugian akibat gempa dan tsunami Palu diperkirakan mencapai Rp 10 Triliun!

Hal ini disampaikan oleh Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho. Menurut Sutopo, perkiraan ini dihitung berdasarkan dampak bencana dan termasuk di dalamnya kerusakan yang diakibatkan.

“Kami belum punya data pasti jumlah kerugian akibat bencana di Palu, belum ada hitungan kasarnya. Tapi saya perkirakan kerugiannya mencapai Rp 10 Triliun. Gempa di Lombok yang lalu saja mencapai Rp 12 Triliyun,” kata Sutopo yang ditemui di Gedung BNPB, Jakarta Selatan.

Selain kerugian akibat gempa dan tsunami Palu, berikut fakta tentang gempa dan tsunami yang melanda Sulawesi Tengah yang perlu kamu tahu!

Gempa dan Tsunami Palu: Fakta Bencana di Sulawesi Tengah

#1 Putusnya Jaringan Listrik dan Komunikasi Menjadi Kendala Evakuasi Korban

gempa dan tsunami

Sumber: @Sutopo_PN

Menurut Sutopo, proses pendataan masih terus dilakukan. Daerah yang mengalami kerusakan parah yaitu Donggala, Mamuju Utara, Sigi, Parigi Moutong. Kendala utamanya berada di jaringan listrik dan komunikasi yang terputus, sehingga menyulitkan tim evakuasi untuk bekerja cepat.

Setidaknya ada 216 gardu PLN yang sedang diperbaiki. Ada delapan genset yang diberikan untuk posko-posko penyelamatan di Palu dan Donggala.

#2 Mahalnya Teknologi Peringatan Tsunami

gempa dan tsunami palu

Sumber: TIME

Dikutip dari Time, teknologi pendeteksi dini tsunami telah terhenti pada fase percobaan selama bertahun-tahun.

Teknologi terkini yang dibuat untuk menggantikan teknologi pendeteksi tsunami sebelumnya setelah tragedi tsunami di Aceh dan sekitarnya pada tahun 2004 silam itu hingga kini tak jelas statusnya. Hal ini juga terkait dengan adanya perselisihan internal yang menunda untuk melunasi sisa pendanaan yang hanya tinggal Rp 1 Miliar saja untuk menyelesaikan proyek ini.

Padahal jika teknologi tersebut sudah bisa digunakan, akan membantu mencegah jatuhnya korban akibat gempa dan tsunami seperti yang telah terjadi.

#3 Korban Meninggal Dikubur Massal Seperti di Aceh

gempa dan tsunami palu

Sumber: @Sutopo_PN

Menurut Sutopo, setidaknya ada 1,000 galian ruang yang disiapkan untuk jenazah. Prosesnya kira-kira sama seperti yang pernah terjadi di Aceh atau saat erupsi Merapi.

Pemakaman Massal ini berlokasi di Taman Pemakaman Umum Kobaya, Kota Palu.

#4 Indonesia Terima Bantuan Internasional

gempa dan tsunami palu

Sumber: @Sutopo_PN

Dikutip dari the Guardian, Indonesia telah mengkonfirmasi akan menerima bantuan dari dunia internasional.

Sejauh ini dua negara pertama yang menawarkan bantuan adalah Australia dan Thailand.

#5 Narapidana Hilang dari Penjara Saat Gempa dan Tsunami Terjadi

gempa dan tsunami palu

Penjara terdekat yang terkena dampak gempa dan tsunami Palu juga mengalami kerusakan parah.

Setidaknya ada 1,425 narapidana yang kabur dan hilang dari penjara.

Menurut kalian, kira-kira berapa sih kerugian yang dialami Palu dan sekitarnya secara total akibat bencana gempa dan tsunami?

Suka dengan artikel ini? Jangan lupa like Facebook dan follow Instagram Asian Money Guide Indonesia supaya tak ketinggalan artikel keuangan terbaik kami!

Written by

Tiara Iraqhia