Uang Warisan: Stop Menyia-nyiakannya! Beberapa Tips Memberdayakan Uang Warisan Anda

Jangan terlalu merasa kegirangan dulu setelah menerima segunung uang lantas menyia-nyiakannya! Berikut adalah hal-hal yang harus Anda laukan untuk mempergunakan uang warisan Anda dengan bijak.

Bedasarkan banyak studi, 70% keluarga kaya kehilangan harta mereka setelah generasi kedua, 90% di generasi ketiga. Kenapa? Banyak anak muda yang tidak siap menangani uang warisan yang mereka terima.  

Bagi banyak orang, uang warisan lebih banyak dari jumlah apapun yang pernah mereka lihat. Jika Anda menerima sejumlah uang warisan berjumlah luar biasa besar, jangan langsung bingung, apalagi lepas kendali! Berikut adalah beberapa hal untuk dipikirkan agar terhindar dari pemborosan.

1. Buat prioritas

Sebelum melakukan tindakan apapun, coba cek apakah uangnya benar merupakan milik Anda dan wasiat terakhir orang terkasih Anda telah terpenuhi. Jangan larut dalam kegembiraan lantas Anda langsung menghabiskan uang yang sebetulnya tak dimiliki.

Selain itu, beberapa Negara juga memberlakukan pajak (atau PBB). Pastikan semua hal ini telah beres, karena tentunya Anda ini menjadi bumerang di masa depan. Setelah semua hal-hal membosankan menyingkir dari hadapan Anda, rencanakan bagaimana menggunakan harta baru Anda dengan bijak.

2. Sesuatu yang spesial

Apa kira-kira keinginan orang terkasih terhadap Anda? Jika mereka masih ada di sini, Anda bisa membayangkan betapa bangganya mereka karena tindakan spesial yang Anda lakukan, adalah hal yang tepat jika Anda menghargai mereka. Hal ini bisa berupa kegiatan amal atau kampanye mengenai hal-hal yang telah lama menjadi ketertarikan Anda secara mendalam. Tak harus banyak, bisa suatu hal yang sederhana dengan dampak yang berlangsung lama.

3. Sesuatu yang Penting

Jika Anda punya hutang yang melewati batas waktu pebayaran semacam kartu kredit atau pinjaman pribadi, maka lunasilah. Ada kemungkinan kalau bunga yang Anda bayarkan terkait keterlambatan pembayaran hutang lebih tinggi dibandingkan bunga tabungan (terutama mengingat kondisi pasar hari ini).

Harap diingat, jumlah yang Anda tabung pada pembayaran bulanan di masa depan serta bunganya akan memberikan kebebasan finansial lebih besar dari apa yang Anda sangka sebelumnya.  

4. Sesuatu yang Masuk Akal

Sangatlah mudah untuk terbawa perasaan dan membelanjakan uang Anda untuk membeli mobil impian atau berkeliling dunia dengan penerbangan kelas-satu, namun ingatlah bahwa hal-hal tersebut akan berlalu sebelum Anda bahkan sempat menyadarinya, oleh karena itu investasikanlah uang Anda. Anda mungkin ingin membeli properti, atau sesederhana berinvestasi membuka deposito berbunga tetap, dan menarik uangnya saat Anda betul-betul butuh di kemudian hari.

Jika Anda tak membutuhkan uangnya dengan segera, mengapa tak mencoba berkecimpung dalam program investasi aman yang akan memberikan pengembalian uang dengan rate lebih tinggi? Daripada disia-siakan sekejap mata, cobalah lihat opsi yang dapat menambah penghasilan Anda.

Investasi mungkin terdengar menakutkan dan berisikko, namun melalui portfolio yang berimbang (atau investasi langsung pada produk keuangan tertentu), nilai kembali dalam jumlah masuk akal dapat Anda terima dalam jangka waktu lebih panjang. Jika Anda ternyata mendapati ada sejumlah uang begitu besar diwariskan pada Anda, coba pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan penasihat finansial yang dapat membantu Anda membuat keputusan lebih baik mengenai hal ini.  

5. Sesuatu untuk Diri Anda

Sekalipun kami memberikan beberapa peringatan di awal, bukan berarti Anda tak bisa menggunakan sedikit uang untuk memanjakan diri Anda sendiri. Lakukanlah hal-hal yang memang sudah lama Anda impikan, ambil pengalamannya dan buatlah kenangan bersama. Lakukan hal ini untuk menghormati mereka yang kita cintai dan telah pergi mendahului selamanya. Mereka meninggalkan uang warisan karena Andalah seseorang yang begitu spesial bagi mereka, dan saya yakin mereka juga ingin Anda sedikit bersenang-senang menggunakan uangnya.

Apapun pilihan Anda, ingatlah untuk tetap selalu bepikir dengan tenang dan fokus, tuliskan perencanaan masa depan, ambil waktu untuk memikirkannya ulang. Selang beberapa hari, jika menurut Anda hal tersebut merupakan hal yang tepat untuk dilakukan, maka segera tindak lanjuti.


Share: