Ide Pernikahan Pas di Budget: 22 Cara Yang Kebangetan Mudahnya Untuk Menghemat Uang di Hari Pernikahan

Mencari ide-ide pernikahan dengan budget terbatas? Anda datang ke tempat yang tepat.

Harga-harga menyangkut pernikahan semakain gila mahalnya, tapi sebetulnya nggak harus begitu. Ada banyak cara untuk memangkas biaya pernikahan—berikut adalah 23 diantaranya.

Venue

1. Pilihlah dekorasi yang murah meriah. Cobalah gunakan tangan terampil Anda untuk belanja di toko-toko craft, DIY, bahkan mungkin garage sales.

2. Lakukan upacara pernikahan dan resepsi di tempat yang sama. Dengan begitu, Anda telah menghemat pengeluaran transportasi dan dekorasi.

3. Carilah venue yang tidak membutuhkan terlalu banyak polesan dekor. Pilihlah tempat yang menampilkan keindahan alam, atau bangunan bersejarah yang tampak cantik.

Waktu

4. Rencanakan sejak mula. Lakukan booking venue dan semua vendor sedari awal untuk menghemat uang Anda, dan akan ada banyak waktu tersisa guna mencari penawaran-penawaran terbaik.

5. Rencanakan pernikahan di masa off-peak atau sepi acara. Semakin tinggi permintaan di tanggal tertentu, semakin tinggi pula harganya.

6. Menikahlah di pagi hari. Karena pernikahan di petang hari sangatlah populer, harganya menjadi lebih mahal. Plus, menyajikan tamu-tamu Anda dengan menu sarapan akan lebih murah dibandingkan biaya menyajikan makan malam.

Bunga-bunga

7. Pilihlan bunga-bunga yang sedang bermekaran di pasaran lokal. Bukan hanya harganya yang miring, bunga-bunga bermekaran ini juga akan lebih terjaga kesegarannya.

8. Buatlah rangkaian bunga Anda sendiri. Mendapatkan bunga-bunga secara borongan dari pasar dan menatanya dalam pesta pernikahan Anda bisa menjadi aktivitas yang akan mendekatkan banyak pihak dan membuat acara pre-wedding menjadi menyenangkan.

9. Gunakan bunga-bunga palsu. Ada banyak sekali bunga-bunga asli tapi palsu yang dijual secara bebas. Kalau mau, Anda juga bisa mencoba membuat sendiri dari bahan kain atau kertas!

10. Berikan para pendamping perempuan hal lain selain buket bunga untuk dipegang. Cobalah parasol, hoops bordir, keranjang buah, balon-balon… bebaskan imajinasi Anda!

Undangan & daftar tamu

11. Go paperless. Dengan menggunakan e-vites atau undangan elektronik, Anda bukan hanya telah memangkas pengeluaran biaya cetak dan pengiriman, melainkan akan memberi kemudahan bagi para tamu RSVP Anda. Terdapat banyak sekali situs undangan online dengan desain-desain super ciamik, agar Anda punya banyak pilihan.

12. Desain sendiri undangannya. Jika Anda sedikit bisa menggunakan Photoshop, atau punya teman yang terampil menggunakannya, mendesain, maupun printing sendiri, pilihan  untuk membuat undangan sendiri bisa menjadi cara yang sangat baik untuk berhemat dan juga membuatnya terkesan sangat personal.

13. Undang orang-orang terdekat yang ada di kehidupan Anda saat ini. Jika Anda berupaya membatasi daftar tamu undangan, yang tinggal Anda lakukan hanyalah memutuskan untuk mengundang siapa-siapa saja yang kenal dekat dengan Anda dan pasangan Anda, serta sesiapapun yang berperan aktif dalam hidup Anda.

14. Kurangi jumlah undangan berdasarkan kategori. Kelompokkan tamu-tamu Anda berdasarkan beberapa kategori, di antaranya keluarga inti, keluarga besar, teman-teman terdekat, rekan-rekan, teman-teman yang sudah seperti keluarga, anak-anak, rekan kerja, plus-one atau pasangan yang diajak, dan lainnya. Anda boleh saja tidak mengizinkan tamu membawa anak-anak atau tak mengundang rekan kerja, hingga akan memudahkan Anda untuk mengundang pihak-pihak yang tersisa dalam list undangan Anda secara personal.

Busana

15. Jangan hanya mencari di toko bridal. Mengapa tidak coba mencari-cari pada bagian gaun formal berwarna putih di department store? Anda juga bisa mencari gaun yang pernah dipakai, baik online ataupun melalui penjual barang-barang preloved atau layak pakai. Dan setelah pernikahan digelar, cobalah untuk menjual kembali gaun Anda.

16. Pilihlah sepatu yang bisa dikenakan kembali. Jika Anda bukan tipe wanita yang nyaman menggunakan pumps putih, Anda bisa beralih ke pilihan bernuansa nude atau warna lain yang senada dengan motif atau tema warna pesta pernikahan.  

Acara resepsi

17. Tak perlu memesan kue pernikahan. Yang diinginkan tamu-tamu Anda adalah sesuatu yang rasanya manis di mulut seusai menyantap makan malam, jadi mereka tak akan keberatan jika Anda tak menyajikan kue pernikahan untuk hidangan menu pencuci mulut.

18. Pikirkan mengenai suvenir yang bisa digunakan para tamu. Menurut Anda, pilihan bel dekoratif berinisial nama Anda dan pasangan untuk dibawang adalah sesuatu yang akan membuat mereka merasa betul-betul senang?

19. Mintalah teman untuk menjadi DJ. Jika Anda punya teman dengan pemahaman jenis musik apa yang disukai Anda dan pasangan, mengapa tak sekalian tembak mereka untuk menjadi DJ? Yang Anda butuhkan hanyalah akun Spotify premium dan pesta Anda pun siap digelar.

Hal-hal lainnya

20. Cobalah pakai fotografer/videografer yang belum punya nama. Menyewa seorang fotografer yang belum terlalu terkenal dapat menghemat cukup banyak uang. Tinggal memastikan saja kalau mereka sungguh-sungguh bertanggung jawab dengan hasil kerjanya dan Anda menyukai pekerjaan mereka.  

21. Bayarlah dengan kartu kredit yang dapat memberikan Anda miles. Jangan lantas menggila dengan kartu kredit Anda hingga akhirnya terbenam dalam hutang, namun mengambil kredit khusus traveling sebelum pernikahan sebetulnya ide yang sangat bagus dan memungkinkan Anda untuk memperkaya nilai miles. Anda juga bisa menggunakannya untuk berbulan madu!

22. Setalah pernikahan usai, jual apa saja yang bisa dijual. Kata siapa Anda tak mungkin mendapatkan kembali uang yang telah dikeluarkan?