Mendadak Pensiun, Ini Sumber Penghasilan Awkarin yang Bikin Dia Tajir!

lead image

Awkarin pensiun, netizen galau

Selebgram cantik yang tak jarang jadi buah bibir warga net karena kontroversinya, akhirnya memutuskan untuk berhenti menjadi selebgram dan menjual akun Instagram Awkarin yang sudah memiliki followers di angka 3,5 juta.

Keputusan yang mendadak ini sontak membuat warga net terkejut. Diketahui dari postingan Instagram story miliknya, ia mengungkapkan keinginannya untuk menjalani kehidupan secara normal dan meminta para pengikutnya untuk menghargai keputusan yang telah ia buat.

Perempuan kelahiran 1997 ini sudah cukup dibilang sukses untuk ukuran seorang anak muda. Persona kontroversialnya pun tertutup dengan segudang kesuksesan yang ia tampilkan di media sosial.

Instagram Awkarin Dijual dan Karin Pensiun Jadi Selebgram?

awkarin

Instagram / @awkarin

Dari postingan Instagram Story (12/10) hari Jumat lalu, Awkarin mengungkapkan keinginannya untuk menjalani hidup normal dan ia menekankan hal ini bukanlah sekedar drama/hoax yang sengaja dibuat-buat.

Pada Instagram Awkarin tersebut, ia juga menyebutkan inisiatif baiknya untuk tetap memposting foto endorse dari onlineshop yang sudah membayarnya mulai tanggal 22 Oktober 2018.

Sebagai pengingat, Awkarin memang berkarir sebagai selebgram melalui berbagai kontroversi, padahal awalnya ia merupakan remaja pintar yang pernah mendapatkan nilai UN tertinggi untuk Sekolah Menengah Pertama.

Kesuksesan dan kekayaan perempuan cantik bernama Karin Novilda ini tak ia bangun dalam semalam. Berikut beberapa sumber kekayaan Karin yang bisa membuatnya masuk menjadi salah satu selebgram terkaya di Indonesia.

Instagram Awkarin & Sumber Kekayaan yang Membuatnya Sukses Menjadi Selebgram

#1 Endorsement

instagram awkarin

Paid partnership dengan masitaseaweed.id

Endorsement yang diterima Karin beragam jenisnya, di antaranya ada postingan foto, postingan video, video IGTV dan YouTube.

Untuk endorsement berupa foto ia menarifkan Rp 4 juta untuk sekali posting, video feeds Rp 15 juta tergantung tingkat kesulitan, dan review di vlog YouTube di kisaran Rp 40 juta tergantung tingkat kesulitannya.

Meski pernah dikabarkan mematok harga Rp 85 juta, Awkarin menyanggahnya, hal tersebut hanyalah upaya agar namanya di kalangan selebgram jelek karena mematok harga yang tak masuk akal.

#2 Paid Promote

instagram awkarin

Instagram / @awkarin

Mirip seperti endorsement, hanya saja Karin tak perlu bersusah payah mengambil foto ciamik untuk keperluan promosinya. Ia hanya menerima foto yang sudah jadi dan siap dipajang di akun Instagramnya.

Umumnya, paid promote hanya akan ditayangkan selama durasi waktu tertentu, misalkan selama 2 jam. Setelah durasi tersebut habis, Karin akan menghapus postingan promosinya itu.

Sewaktu akun Instagramnya masih memiliki sekitar 1 juta followers saja tarif untuk paid promote ini ada di kisaran Rp 300 ribu per dua jam. Karena sekarang followers-nya sudah mencapai 3,5 juta, taksiran tarif paid promote-nya ada di kisaran Rp 1 juta – Rp 2 juta.

#3 Business Visit

instagram awkarin

Instagram / @awkarin

Berbeda dengan endorsement dan paid promote, Karin juga membuka peluang untuk para pelaku usaha dikunjungi dirinya.

Yak, Karin akan mempromosikan bisnis orang yang sudah melakukan booking untuk didatanginya. Visit ini bisa berupa datang ke toko atau rumah usaha, soft opening bahkan bazaar.

#4 MC dan Narasumber

instagram awkarin

Instagram / @awkarin

Berbeda dari ketiga poin di atas, Karin juga menerima tawaran menjadi MC di klub malam dan menjadi narasumber untuk beberapa acara talkshow, interview dan hosting.

#5 Brand Ambassador

instagram awkarin

Instagram / @awkarin

Karin juga membuka diri untuk menjadi brand ambassador dari produk tertentu. Sebagian brand terikat kontrak dan sebagian lainnya lepas atau tidak terikat kontrak.

#6 Pemotretan

instagram awkarin

Instagram / @awkarin

Menjadi public figure yang menghasilkan banyak uang, tentu Karin tak lepas dari jadwal sesi photoshoot. Baik photoshoot untuk keperluan endorsement, campaign, catalog dan portofolio.

Jika kamu lihat feed Instagramnya, coba saja hitung sehari berapa kali perempuan berusia 20 tahun ini mengunggah hasil pemotretan dirinya?

#7 Adsense YouTube

instagram awkarin

YouTube / Karin Novilda

Selain Rp 40 juta jasa untuk membuat konten video review di YouTube, Karin masih akan mendapatkan penghasilan dari AdSense, lho! Jangan sedih, subscriber Karin di YouTube saat ini sudah mencapai lebih dari 800 ribu penonton dan setiap videonya rata-rata ditonton sebanyak 500 ribu orang.

Wah, kebayang kan penghasilan tambahan yang didapatkan Karin dari AdSense YouTube?

#8 Bad Influence by Awkarin

instagram awkarin

Instagram / @awkarin

Bad Influence by Awkarin merupakan clothing line yang ia bangun. Saat ini Karin sudah berhasil menjual beberapa jenis produk, di antaranya kaos, jaket, topi dan aksesoris lainnya.

#9 Hally by Awkarin

instagram awkarin

Instagram / @awkarin

Selain clothing line yang bersifat universal, ia juga memiliki bisnis hijab yang baru saja diluncurkan.

Peminatnya tentu sangat banyak mengingat Karin merupakan sosok yang banyak diperhatikan warga net.

Dari kesemua sumber penghasilan yang dimiliki Karin, setidaknya dalam sebulan ia ditaksir bisa mendapatkan uang lebih dari Rp 150 juta per bulan. Selain itu ia juga memiliki karyawan dari kesemua lini bisnis yang ia miliki dan memberikan total gaji Rp 97 juta selama sebulan dengan rata-rata gaji per orang di atas Rp 6 juta.

Selain uang, Karin juga berhasi memiliki satu hunian mewah di kawasan mewah Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Dengan keputusannya pensiun dari dunia selebgram, apakah Karin akan mendapatkan penghasilan sebanyak yang ia dapatkan dahulu?

Baca juga:

Pakai Anting Rp 1,3 M, AgnezMo Punya Perhiasan Lain yang Harganya Bikin Melongo!

Tas Hermes Roy Kiyoshi dan Seleb-seleb Ini Harganya WOW!

4 Deretan Artis Perempuan Terkaya di Indonesia, Siapa Tempati Posisi Teratas?

Suka dengan artikel ini? Jangan lupa like Facebook dan follow Instagram Asian Money Guide Indonesia agar tak ketinggalan artikel keuangan terbaik kami!

Written by

Tiara Iraqhia