Tertarik Investasi Emas? Coba 5 Aplikasi Online Ini deh!

lead image

Keuntungannya banyak dan gampang dibeli dan dicairkan

Banyak cara berinvestasi yang bisa bikin kamu makin banyak kumpulkan pundi-pundi Rupiah. Salah satunya adalah investasi emas batangan.

Tapi kenapa harus investasi emas batangan, kenapa nggak emas perhiasan? Sebab produk emas yang satu ini harganya cenderung lebih stabil dan tak dikenakan biaya atau jasa pembuatan seperti emas perhiasan.

Jika dibandingkan dengan mata uang kertas yang bisa tergerus dengan ancaman inflasi, emas batangan merupakan salah satu jenis investasi yang sangat mengungtungkan.

Bayangkan saja, jika pada tahun 2015 ini kamu membeli emas batangan sebanyak 10 gram dengan harga Rp 470,000 per gramnya yang artinya kamu harus mengeluarkan uang sebanyak Rp 4,700,000.

Nah, per 8 Oktober 2018 saat ini harga emas per gramnya yaitu di angka Rp 679,000 dan jika kamu memiliki 10 gram, maka kamu bisa menjualnya dengan harga Rp 6,790,000 dengan demikian keuntungan yang kamu dapat dengan menyimpan hanya selama 3 tahun saja bisa mencapai Rp 2,090,000. Coba bayangin lagi kalau kamu menyimpannya paling tidak 3 tahun lagi?

Sekarang kita kulik yuk, sebetulnya apa saja sih keuntungan investasi emas batangan?

Investasi Emas Batangan, Apa Saja Keuntungannya?

investasi emas

#1 Pas untuk Investasi Jangka Panjang

Emas khususnya emas batangan dapat bertahan terhadap dorongan arus inflasi. Meskipun ada kemungkinan harganya menurun, tapi gak akan bertahan lama. Beda banget kan sama uang kertas yang terus menerus tergerus arus inflasi. Belum lagi kalau nilai tukar dolar Amerika Serikat sedang menguat seperti sekarang ini. Duh!

#2 Gampang Dicairkan

Berbeda dengan emas perhiasan yang umumnya hanya bisa dijual di toko kamu membelinya, belum lagi potongan harga jual yang akan diberlakukan oleh toko tersebut membuatmu akan merugi.

Nah, saat ada kebutuhan mendesak, kamu bisa jual investasi emas ke Pegadaian terdekat. Tidak mau dijual? Kamu bisa menggadaikan emas batanganmu dan mencicilnya agar emas tersebut masih bisa menjadi milikmu saat lunas nanti.

Bandingkan juga dengan investasi properti atau reksadana, nggak mungkin bisa langsung mencairkan dananya saat itu juga, kan?

#3 Pilihan Investasi yang Murah

Untuk membeli emas, kamu nggak perlu mengeluarkan uang banyak. Bahkan di Pegadaian, kamu bisa menabung emas mulai dari 0.01 gram atau sekitar Rp 6,000 an saja.

Jadi, kamu bisa tetap membeli emas walaupun nggak langsung dipegang barangnya. Anggap saja seperti menabung.

#4 Harga Emas Selalu Menguat

Salah satu alasan utama mengapa banyak orang rela investasi emas adalah harga jualnya yang kian naik dari tahun ke tahun. Seperti yang tadi disebutkan di atas, meskipun mengalami penurunan, biasanya hanya bersifat sementara saja.

3 tahun lalu harga emas masih di bawah Rp 500 ribu, hari ini harga emas sudah mencapai Rp 600 ribu, beberapa tahun mendatang bisa saja naik ke angka Rp 800 ribu. Menguntungkan, bukan?

Nah, jika kamu berminat untuk membeli emas, kamu bisa dengan mudah membelinya di Pegadaian atau PT Aneka Tambang. Apabila berniat langsung membeli, kamu bisa mulai membeli emas batangan dari berat 1 gram. Sebab biasanya potongan emas batangan ada di angka 1 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram dan seterusnya.

Investasi Emas: Di Mana Harus Membeli Emas?

Sudah tertarik untuk investasi emas tapi bingung karena kesibukanmu sehari-hari nggak memungkinkan untuk membeli emas secara langsung? Tenang saja, karena ada 5 aplikasi online investasi emas yang bisa kamu pertimbangkan. Apa saja?

#1 Emasdigi

investasi emas

Sumber: EmasDigi

Di platform ini, kamu bisa membeli emas mulai dari 0,01 gram saja. Sama seperti menabung emas di Pegadaian. Kamu bisa mencicil emas mulai dari 0,01 gram hingga kamu sendiri yang tentukan batasannya mau sampai berapa gram yang ingin kamu tabung.

Emasdigi sendiri telah terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Harga jual emas pada platform ini mengacu pada harga Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia atau ICDX.

Dengan membeli emas pada platform ini kamu akan dikenakan biaya transaksi yang sebesar 2% dari harga jual dan ada pula biaya cetak emas sebesar 5% dari nilai emas, tapi nggak perlu khawatirkan biaya tersebut. Toh kamu nggak perlu terburu-buru untuk menabungnya kan?

Selain dapat diakses melalui situsnya, Emasdigi juga memiliki aplikasi yang bisa diunduh melalui Google Play Store dan App Store dari smartphone kesayanganmu!

#2 Indogold

investasi emas

Sumber: Indogold

Aplikasi investasi emas yang satu ini memungkinkan kamu untuk berinvestasi emas batangan mulai dari Rp 600 perak saja.

Indogold menyediakan beberapa jenis emas batangan, ada yang berasal dari Antam, ada juga dari King Halim, UBS, perak HMVBullion dan Perak SRH.

Kelebihan aplikasi ini ialah kamu nggak akan dikenakan biaya transaksi dan registrasi alias gratis. Biaya akan dikenakan saat kamu menebus emas sebagai ganti biaya produksi saja. Mudah bukan?

#3 e-mas

investasi emas

Sumber: e-mas

Di sini kamu bisa jual-beli emas. Kamu bisa membeli emas dengan modal Rp 10,000. Bisa melakukan pembelian dalam jumlah kecil dan menjualnya dengan cepat. Harga jual yang diberlakukan pada aplikasi ini real-time.

Nggak ada tuh yang namanya biaya administrasi. Setiap penarikan kamu hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp 186 – Rp 5,000 saja.

Buruan install aplikasinya sekarang juga di smartphone canggihmu itu!

#4 Tamasia

investasi emas

Sumber: Tamasia

Eh, jangan salah investasi emas juga bisa syariah, lho! Tamasia bisa jadi salah satu opsi terbaik untuk kamu yang ingin investasi emas syariah.

Sejak muncul di tahun 2017 lalu, Tamasia menjadi aplikasi jual-beli emas syariah pertama di Indonesia. Tamasia merupakan partner resmi dari PT Antam, sehingga kamu nggak perlu ragukan lagi kualitas emasnya.

Kamu bisa investasi di sini mulai dari Rp 10,000 saja dan bisa mencicil program emas batangan mulai dari 5 gram hingga 500 gram. Jangka waktu cicilannya pun fleksibel, mulai dari 6 bulan hingga 36 bulan. Eh, kamu bisa juga cari uang di sini dengan menjadi reseller. Pembagian keuntungan yang bisa didapatkan 50:50, lumayan banget kan!

Kapan lagi investasi sambil cari uang sekaligus, buruan download aplikasinya!

#5 Pegadaian Digital

investasi emas

Sumber: Pegadaian Digital

Pegadaian juga nggak kalah nih, mereka akhirnya punya juga layanan tabungan emas secara online. Kamu hanya perlu mempersiapkan identitas seperti KTP, Paspor atau SIM lalu mengisi formulir pembukaan rekening tabungan emas.

Biaya administrasi yang harus kamu bayar sebesar Rp 10,000, biaya titip emas selama 12 bulan sebesar Rp 30,000 dan biaya cetak emas batangannya sesuai dengan berat emas yang kamu miliki.

Yap, prinsip investasi emas kurang lebih sama dengan jenis investasi lainnya. Beli saat harganya murah, dan jual saat harga naik. Artinya kamu harus selalu update dengan harga emas secara real-time.

Ingat jangan terburu-buru, sebab investasi emas merupakan investasi jangka panjang, jika kamu ingin menikmati hasil imbal yang menguntungkan. Selamat mencoba!

Baca juga:

Tertarik Investasi Saham? Pahami Dulu Pengertian Saham untuk Pemula di Sini!

Suka dengan artikel ini? Jangan lupa like Facebook dan follow Instagram Asian Money Guide Indonesia untuk dapatkan artikel keuangan terbaik kami!

Written by

Tiara Iraqhia