5 Kisah Horor Pemenang Lotre Yang Dijamin Membuat Anda Tak Akan Pernah Mau Beli Tiket Lotre Lagi

“Memenangkan lotre merupakan hal terburuk yang pernah terjadi padaku.”

Setiap orang bermimpi memenangkan lotre, apalagi bagi mereka yang belum pernah memenangkan undian sama sekali. Namun ada banyak kisah pemenang lotre yang menjadi kaya raya dalam semalam, lalu kembali jatuh miskin—atau bahkan lebih parah dari itu.

Berikut merupakan lima kisah lotre terhoror yang mungkin pernah ada. Anda akan merasa beruntung karena belum pernah menang banyak, dan mungkin sekaligus bertanya-tanya: benar nggak sih kutukan lotre itu nyata adanya?

5. Jack Whittaker

Sebelum Jack Whittaker memenangkan undian sebesar $314.9 juta di lotre Powerball tahun 2002 silam, ia sudah menjadi milioner sebelumnya. Ia memiliki usaha sendiri dan bisnisnya bernilai $17 juta. Meski demikian, semua ini, termasuk pengetahuan finansialnya tetap tak bisa menyelamatkannya dari tragedi.

Suatu hari setelah kemenangannya, Ia membawa uang kontan sebesar 500 ribu dolar tanpa alasan khusus. Tak lama berselang, ada yang merampok mobilnya dan menggondol uang tersebut. Beberapa bulan kemudian, ada perampok lain yang mencuri $200,000 dari mobilnya.

Dua tahun setelah Jack memenangkan lotre, kekasih cucu perempuannya bernama Brandi Bragg yang berumur 18 tahun ditemukan tewas di rumah Jack, ditengarai karena overdosis. Beberapa bulan setelahnya, Brandi menghilang, dan ditemukan tewas di belakang sebuah van rusak. Tahun 2009, putri Jack dan ibunya Brandi ditemukan tewas, dan sekalipun tak pernah ada yang menjadi tersangka dalam kasus ini, petugas kepolisian mencurigainya sebagai kasus pembunuhan.

Seakan belum cukup, di tahun 2016, rumah Jack hangus terbakar. Sekalipun tak ada yang dinyatakan terluka, rumahnya ternyata tidak diasuransikan dan semuanya dianggap hilang menjadi asap.

4. Jeffrey Dampier

Jeffrey Dampier menjadi bukti bahwa sekalipun Anda melakukan hal-hal baik dengan uang yang dimenangkan, kutukan lotre masih terus mengintai dari belakang hingga akhirnya menerkam Anda. Ia menginvestasikan sebagian dari $20 juta kemenangannya untuk membuka usaha impiannya—toko popcorn dan gourmet.  

Ia juga membanjiri keluarganya dengan segudang hadiah, termasuk untuk ipar perempuannya yang bernama Victoria Jackson, dan diketahui kemudian telah menjalin perselingkuhan dengannya. Namun di tahun 2005—9 tahun selepas kemenangan lotrenya—Victoria dan pacarnya memutuskan untuk merampok Jeffrey, yang berakhir dengan peluru bersarang di belakang kepala Jeffrey.

3. Urooj Khan

Urooj Khan yang malang tak melakukan kesalahan. Saat orang keturunan India yang bermigrasi ke India ini memenangkan lotre gosok sebesar $1 juta, dan memilih untuk mengambil uangnya dalam jumlah lump sump. Sebelum ia sempat mengambil ceknya, ia merayakan kemenangan ini dengan makan malam bersama keluarganya. Malam itu, ia merasa tak enak badan dan akhirnya dinyatakan meninggal “tanpa sebab” di rumah sakit.

Namun demikian, setelah ada pihak keluarga yang menuntut pemerintah setempat menjalankan pemeriksaan pada tubuhnya, ditemukan bahwa Khan ternyata telah diracuni oleh sianida. Tak ada tersangka dalam pembunuhan ini, dan uang lotre yang dimenangkannya dibagi secara rata untuk anak dan istrinya.

2. Billie Bob Harrell Jr.

Saat Billie Bob Harrell, Jr. memenangkan undian lotre sebesar $31 juta, ia masih miskin, dan berpikir akhirnya dewi keberuntungan berpihak padanya. Ia berhenti dari pekerjaannya di Home Depot, berderma pada gerejanya, memberikan hadiah mahal pada teman-teman dan keluarganya, dan membawa keluarganya liburan di Hawaii.

Namun  acara menghambur-hamburkan uang ini pada akhirnya menyita perhatian publik dan dengan segera, banyak orang mengerubungi rumahnya untuk meminta donasi.

Kurang dari setahun kemudian, ia dan istrinya bercerai, dan anak laki-lakinya ditemukan bunuh diri. Segera setelah kematiannya, ia berkata pada penasihat keuangannya bahwa “Memenangkan lotre adalah hal terburuk yang pernah terjadi padaku.”

1. Abraham Shakespeare

Abraham Shakespeare adalah seorang tunaaksara yang bekerja sebagai petugas kebersihan di satu kios tukang cukur. Di tahun 2006, ia memenangkan lotre sebesar $17 juta. Karena kondisi tunaaksara yang dialaminya, ia tidak paham bagaimana menangani kekayaan mendadak yang jatuh menimpanya, namun di balik itu semua sesungguhnya ia adalah orang yang berhati emas.

Sedihnya, banyak orang yang memanfaatkan kebaikannya, dan ia pada akhirnya memberikan uang dalam jumlah cukup besar pada pihak-pihak yang sesungguhnya merongrongnya demi uang. Terkadang, ia bahkan membiarkan para tunawisma tinggal di rumahnya.

Kurang dari setahun setelah kemenangan lotre ini, ia bertemu dengan Dee Dee Moore, yang menawarkan bantuan untuk mengelola uangnya. Namun ternyata wanita ini justru mencuri dari Shakespeare, saat terungkap, ia akhirnya membunuh laki-laki malang itu. Moore kemudian dihukum seumur hidup di penjara untuk kasus pembunuhan tingkat pertama.

Dalam wawancara dengan Crime Watch Daily, bosnya yang bernama Greg Smith berkata “(andaikan) Abraham tidak [sic!] memenangkan lotre itu, dia (pasti) masih [sic!] hidup.”