Selain Pencahayaan yang Berkualitas, Ini 7 Tips Menjaga Kesehatan Mata dari Ahlinya!

lead image

Jaga kesehatan matamu dengan memilih pencahayaan yang berkualitas

Teknologi terbaru dari lampu LED Philips yang mengoptimalkan pencahayaan yang aman untuk mata dengan inovasi Interlaced Optics kini secara resmi hadir di Indonesia. Lampu LED Philips MyCare LED yang terinspirasi dari pola biji bunga matahari membuat Signify semakin mantap sebagai inovator terdepan dalam hal pencahayaan LED hemat energi.

Teknologi Interlaced Optics ini memungkinkan lampu LED Philips menyebarkan dan membantu memantulkan cahaya yang lebih merata untuk menghindari kesilauan yang terjadi akibat pencahayaan berlebih yang ditimbulkan dari pancaran cahaya tajam dari pusat lampu hingga 35%.

Selain itu, bohlam LED terbaru ini juga mampu menghemat energi hingga 60% jika dibandingkan dengan lampu fluoresen padat.

Rami Hajjar, Country Leader untuk Bisnis Signify yang ditemui dalam press conference di Jakarta Pusat hari ini (30/10) mengungkapkan perihal produk terbarunya ini, "Lampu LED Philips MyCare LED dengan Interlaced Optics telah meningkatkan standar kenyamanan untuk penglihatan seperti di antaranya mengurangi silau, tidak membuat berkedip, distribusi cahaya yang merata, juga menjadikannya sangat ideal untuk digunakan saat membaca, menulis atau bekerja. Momen kali ini sangat tepat bertepatan dengan World Sight Day 2018 di bulan ini!".

Lampu LED Philips: Pentingnya Memilih Pencahayaan Berkualitas!

lampu led philips

World Sight Day 2018 kali ini bertemakan #EyeCareEverywhere. Peringatan tahunan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya indera penglihatan. Sebab 75% dari bahaya kebutaan dan pengurangan kemampuan penglihatan sebetulnya dapat dihindari.

"Ternyata masih banyak orang yang belum menyadari pentingnya melakukan pemeriksaan mata secara rutin dan berkala untuk menghindari pengurangan kemampuan penglihatan agar tak semakin parah. Salah satu cara untuk menghindarinya adalah memilih pencahayaan yang berkualitas tinggi. Pencahayaan yang baik tentu akan mendukung kegiatan visual, terutama bagi anak-anak" ungkap dr Rina La Distia Nora, SpM(K) yang hadir juga untuk mewakili Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami).

Ilmuwan dari Signify akhirnya mengembangkan standar Philips EyeComfort yang pertama di industrinya. Kriteria kenyamanan yang dikembangkan termasuk di antaranya yaitu mengurangi silau, efek stroboskopik, keamanan fotobiologi, efek redup, pengaturan dan renderasi warna. Semua hal tersebut dibuat semata untuk dapat meningkatkan kenyamanan penglihatan.

Lampu LED Philips MyCare: 7 Tips Penting untuk Kenyamanan Mata

lampu led philips

#1 Pilih Pencahayaan LED Berkualitas

Pencahayaan LED yang berkualitas merupakan investasi penting untuk kesehatan mata dan penglihatan. Dengan pencahayaan LED dari Philips MyCare, kamu dapat beraktivitas dengan nyaman tanpa resiko mata yang cepat lelah atau sakit kepala.

#2 Aktivitas Outdoor Penting untuk Kesehatan Mata

Pencahayaan alami terbukti paling bermanfaat untuk kenyamanan penglihatan. Meskipun kamu bekerja di dalam ruangan, usahakan jam makan siang pergi keluar kantor untuk melihat luar ruangan. Hal ini juga disarankan oleh WHO (World Health Organization), bahwasanya menghabiskan dua jam dalam sehari untuk berada di luar ruangan sangat penting untuk kesehatan mata.

#3 Batasi Waktu Menatap Layar

Meskipun sangat sulit menghindar dari aktivitas layar karena sudah menjadi bagian dari kegiatan kita sehari-hari, namun hal ini sangat penting untuk dilakukan.

Bayangkan saja berapa jam yang kamu habiskan untuk menatap layar ponsel, televisi atau komputer? Setiap 20 menit satu kali usahakan alihkan pandangan ke jarak yang jauh untuk menghindarkan mata dari bahaya radiasi.

#4 Kedipkan Mata Setiap 30 Detik

Jika kamu tak lagi bisa menghindar dari cahaya buatan dalam kegiatanmu sehari-hari, ada baiknya jika kamu mengistirahatkan matamu dengan mengedipkannya setiap 30 detik satu kali.

#5 Konsumsi Makanan yang Menyehatkan Mata

Jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang baik bagi kesehatan mata. Makanan yang baik bagi kesehatan mata di antaranya adalah sayuran berdaun, ikan yang mengandung banyak lemak dan buah jeruk serta wortel.

#6 Disarankan untuk Yoga Mata

Melakukan latihan yoga mata yang mudah untuk mengurangi kelelahan dan meningkatkan kenyamanan mata.

Bagaimana caranya? Pejamkan matamu selama 30-60 detik hingga mata terasa rileks, setelah itu coba gerakkan bola mata ke arah atas - bawah dan kanan - kiri secara bergantian. Jangan terburu-buru, kamu malah akan merasa pusing jika dilakukan dengan terlalu cepat. Selanjutnya buatlah gerakan melingkar, lakukan dengan perlahan juga untuk mengurangi otot mata yang tegang dan kaku dan terakhir kamu dapat melatih fokus matamu dengan melihat benda dengan jarak yang berbeda secara perlahan.

#7 Rutin Melakukan Pemeriksaan Mata Setiap 6 Bulan Sekali

Kesehatan mata tak dapat dijaga sendirian, oleh karena itu penting juga jika kamu konsultasikan mengenai kesehatan matamu ke ahlinya. Rutin lakukan pemeriksaan kesehatan mata setiap 6 bulan sekali akan membantu menjaga kesehatan penglihatanmu agar tetap optimal.

Yuk, sama-sama jaga kesehatan mata agar aktivitasmu sehari-hari bisa tetap optimal!

Baca juga:

Tak Lebih Mahal dari Beli Smartphone, Ini 4 Fakta Biaya Vaksin HPV!

Pro dan Kontra #RokokHarusMahal, Kamu Ada di Team Mana nih?

Suka dengan artikel ini? Jangan lupa like Facebook dan follow Instagram Asian Money Guide Indonesia agar tak ketinggalan artikel keuangan terbaik kami!

Written by

Tiara Iraqhia