7 Manfaat Hidup Hemat untuk Kesehatan, Sudah Coba Belum?

7 Manfaat Hidup Hemat untuk Kesehatan, Sudah Coba Belum?

Hidup hemat itu bagus buat kesehatan. Nggak percaya?

Ternyata manfaat hidup hemat selain tentunya baik bagi kesehatan finansial juga membawa kebaikan kepada kesehatan jiwa dan ragamu, lho! Tapi apa sih sebetulnya pengertian hidup hemat? Hidup hemat yaitu saat kamu bisa mengatur keuanganmu dengan mengurangi jatah pos pengeluaran dan memperbaiki pos tabungan dan investasi, sehingga kamu bisa memiliki tabungan untuk masa depan.

Coba bayangkan hidupmu pasti jauh lebih sehat jika kamu membawa masakan dari rumah, ketimbang harus jajan di pinggir jalan yang belum tentu terjamin kebersihannya.

Selain membawa manfaat hidup hemat karena kamu bisa mengurangi jatah makan siang di luar, hal ini juga tentu baik untuk kesehatan.

Kira-kira manfaat hidup hemat yang juga berkaitan dengan kesehatan seperti apa sih? Simak ulasannya berikut ini!

Manfaat Hidup Hemat & Pengertian Hidup Hemat untuk Kesehatan Jiwa dan Raga

#1 Bangun Lebih Pagi untuk Berolahraga

manfaat hidup hemat

Shutterstock

Bangun lebih awal nggak hanya mampu bikin metabolisme tubuhmu membaik, kamu jadi punya waktu lebih untuk berolahraga di pagi hari.

Nggak perlu repot-repot bayar mahal untuk ke gym, kamu bisa melihat tutorial olahraga singkat kurang dari 10 menit dan rutin melakukannya setiap pagi jika ingin memiliki bentuk tubuh yang proporsional.

Nggak sampai di situ, manfaat lainnya dari bangun pagi dan berolahraga akan dirasakan oleh tubuhmu. Dengan rutin berolahraga, daya tahan tubuhmu juga jadi

Murah dan sehat, bukan?

#2 Bawa Bekal Masakan Sendiri

manfaat hidup hemat

Coba hitung berapa uang yang kamu habiskan untuk makan siang di kantin kantor? Lalu makanan yang kamu beli itu, apa sudah terjamin kebersihannya? Apa betul sehat untuk kesehatan?

Coba deh pikirkan ulang, misal setiap makan siang kamu habis Rp 20,000 – Rp 25,000 untuk sekali makan. Jika kamu makan di luar secara rutin artinya jumlah di atas dikalikan tiga. Wah, setiap harinya kamu menghabiskan Rp 60,000 – Rp 75,000 hanya untuk makanan. Belum kalau lagi iseng jajan di mall, mungkin bisa Rp 100,000 bahkan bisa lebih dalam sehari.

Sementara jika kamu memasak sendiri makananmu di rumah, jumlah Rp 60,000 itu sudah bisa beli bahan makanan untuk sekeluarga atau jika kamu sendiri, bisa dihabiskan dalam beberapa hari. Lebih hemat bukan?

Selain hemat, cara itu juga bisa menghindarkan kamu dari penyakit karena jajan sembarangan di tempat makan yang kamu belum tau jaminan kebersihannya.

#3 Say No to Jajan!

manfaat hidup hemat

Tau nggak kalau jajan itu merupakan kebiasaan paling nggak sehat? Coba deh lihat jajanan di sekelilingmu, semuanya mengandung minyak seperti gorengan, minuman pun mengandung banyak gula dan es yang tentunya juga kurang baik untuk kesehatan.

Bukan cuma nggak sehat, pengeluaran bisa membengkak kalau tiap hari rutin jajanan itu. Katakanlah dalam sehari kamu bisa menghabiskan Rp 10,000 untuk jajanan kecil, dalam sebulan kamu sudah mengeluarkan uang Rp 300,000. Nah, jumlah tersebut kalau ditabung berturut-turut selama satu tahun bisa terkumpul Rp 3,600,000 lho!

#4 Tinggalkan Junk Food

pengertian hidup hemat

Setiap ada restoran fast-food yang kasih diskon pasti langsung melipir. Saat di luar hujan atau panas terik kamu pasti pilih makanan cepat saji. Duh, kalau begitu terus bisa jebol dong pengeluaran dalam sebulan.

Sekali makan bisa-bisa habis uang sekitar Rp 50 ribu, coba dikalikan seberapa sering kamu melipir makan makanan junk food itu? Lumayan kan buat investasi nanti.

#5 Hindari Rokok

pengertian hidup hemat

Rasanya semua orang sudah tahu ya kalau merokok itu memang berbahaya bagi kesehatan jangka panjang. Banyak penyakit dalam yang akan mengintai jika kamu terus-terusan meracuni tubuhmu dengan nikotin itu.

Selain nggak sehat, rokok kan harganya sudah cukup mahal ya. Satu bungkus rokok saja bisa ada di kisaran harga Rp 20,000 – Rp 25,000. Kalau setiap hari satu bungkus kamu habiskan, artinya dalam sebulan anggaranmu untuk rokok bisa mencapai Rp 600,000. Nah, uang itu coba kamu sisihkan dengan tabunganmu yang lain. Pasti deh jumlahnya makin banyak. Kalau kamu sudah memahami pengertian hidup hemat, pasti kamu akan hindari rokok!

#6 Bermeditasi dan Berpikiran Positif

pengertian hidup hemat

Hey, siapa bilang meditasi itu hanya untuk orang tertentu? Nggak kok, semua orang bisa melakukannya untuk menjaga kewarasan diri sendiri.

Udah nggak heran dengan segala sesuatu yang serba dinamis, masyarakat perkotaan kini lebih mudah terkena stres. Kalau sudah begitu, kamu sendiri yang repot nanti harus keluarkan biaya ke psikolog belum lagi akibatnya bisa jadi nggak fokus dalam menyelesaikan tugas di kantor.

Nah, untuk itu meditasi dan berpikiran positif merupakan langkah awal menangkal stres dan depresi sedari dini. Jaga kesehatan mental dan jiwa diri kita sendiri, kalau bukan kita yang peduli siapa lagi?

#7 Rajin Piknik dan Berwisata

manfaat hidup hemat

Nggak perlu jauh-jauh, nggak juga perlu mahal-mahal. Masih banyak kok wisata alam yang bisa dikunjungi secara gratis misalkan bermain di taman melihat pemandangan hijau.

Penelitian mengatakan liburan bisa bikin usiamu lebih panjang! Jadi kenapa nggak dicoba?

Sudah siap belum nih menerapkan manfaat dari hidup hemat yang sangat berarti bagi kesehatan jiwa dan ragamu? Karena kini kamu sudah paham pengertian hidup hemat, yuk, sama-sama jaga kesehatan tubuh dan finansialmu secara bersamaan!

Baca juga:

Menurut Penelitian, Liburan Bisa Bikin Usiamu Lebih Panjang, Masa sih?

Suka dengan artikel ini? Jangan lupa like Facebook dan follow Instagram Asian Money Guide Indonesia agar tak ketinggalan artikel keuangan terbaik kami!

Written by

Tiara Iraqhia