7 Mata Uang Terunik di Dunia; Ada yang Bertuliskan 'SEX'!

Mata uang dari negara mana yang paling unik?

Mata uang dunia ternyata nggak selalu didominasi oleh pahlawan dan tokoh-tokoh berjasa dari negara itu, buktinya beberapa mata uang dari negara-negara berikut memiliki bentuk yang unik.

Seunik apa sih bentuk mata uangnya, dan negara mana saja yang menerbitkan mata uang tersebut, simak ulasan berikut ini ya, girls!

Mata Uang Dunia: Mata Uang Paling Unik di Seluruh Dunia!

#1 Republik Palau - Koin Mutiara Air Tawar

mata uang dunia

Sumber: lolwot.com

Republik Palau merupakan kepulauan tropis di belahan Samudera Pasifik bekas jajahan Amerika Serikat. Palau menerbitkan koin unik ini dalam rangka meningkatkan kesadaran akan perlindungan fauna laut.

Koin ini diterbitkan dalam edisi terbatas dengan butiran mutiara air tawar di permukaannya. Masyarakat Palau menganggap koin ini sebagai simbol keberuntungan yang akan mendatangkan kebahagiaan bagi mereka yang memilikinya.

#2 Zaire - Uang Kertas Mobutu

mata uang dunia

Sumber: lolwot.com

Zaire mengalami krisi tak berkesudahan yang berdampak pada penggulingan Presidennya yang bernama Joseph Mobutu pada tahun 1997.

Saat itu, semua mata uang yang beredar di Zaire memiliki unsur wajah Joseph Mobutu. Sayangnya pemerintahan berikutnya yang terpilih tak memiliki dana untuk mencetak uang baru, sehingga mereka menggunakan uang lama dengan wajah Mobutu yang dihapus.

#3 Myanmar - Wajah Terlarang

mata uang dunia

Sumber: lolwot.com

Aung San merupakan pahlawan revolusi dari negeri yang sering dijuluki Burma yang terbunuh tak lama setelah meraih kemerdekaan dari jajahan Inggris di tahun 1948.Ia memiliki putri bernama Aung San Suu Kyi yang juga di-'film'kan sebagai the Lady. Suu Kyi telah lama meninggalkan Myanmar untuk studi di Inggris, namun ia kembali untuk merawat ibunya yang sakit.

Pada saat yang bersamaan, di Myanmar sedang ada transisi kepemimpinan dari kediktatoran Junta Militer. Melihat negerinya kacau balau, ia akhirnya memutuskan untuk memimpin gerakan demokratis di sana. Namun, Junta yang merasa terancam menjadikannya tahanan rumah dan melarang siapapun yang memajang poster atau selebaran dengan gambar wajah Suu Kyi.

Tahun berikutnya, Junta mengeluarkan mata uang pecahan 1 Kyat dengan gambar pahlawan nasional yang salah satunya adalah Jenderal Aung San, namun gambar air wajahnya lebih lembut dan lebih mirip Suu Kyi. Namun tak lama Junta menariknya setelah mendengar rumor tersebut.

#4 Seychelles -  Kata 'SEX'

mata uang dunia

Sumber: lolwot.com

Ratu Elizabeth II sangat populer karena dijadikan sebagai gambar di mata uang hampir di 33 negara bahkan hingga akhir 2015 silam.

Nah, ada satu negara persemakmuran Inggris bernama Seychelles pada tahun 1968 menerbitkan uang pecahan 50 Rupee dengan potret wajah sang ratu di tahun 1955. Dalam pecahan itu, ada kata tak terduga yaitu 'SEX' yang awalnya dianggap sebagai kesalahan cetak. Tak berhenti di situ, pada uang pecahan 10 Rupee pun ditemukan keganjilan yang serupa. Di bawah sirip penyu ditemukan kata yang terbaca 'SCUM'.

Meski ditemukan demikian, pecahan ini tidak ditarik dari peredarannya hingga tahun 1973 sementara itu Seychelles meraih kemerdekaannya di tahun 1976. Banyak orang menganggap hal itu sengaja dilakukan untuk mempermalukan kerajaan Britania Raya.

#5 Hungaria - Nominal Uang Terbanyak

mata uang dunia

Sumber: lolwot.com

Pengo merupakan mata uang yang berasal dari negara Hungaria sebelum tahun 1946. Pada tahun 1946, Hungaria mengalami inflasi terburuk sepanjang sejarah.

Dalam periode ini, Hungaria mencetak nominal uang dengan angka terbesar yaitu 100 Juta Miliar Pengo. Namun, tak seperti nominalnya, pecahan ini hanya bernilai seperti 20 sen saja. Akhirnya setahun setelahnya, mata uang Hungaria berganti dari Pengo menjadi Forint.

#6 Mongolia - Koin Berpidato

mata uang dunia

Sumber: lolwot.com

Mongolia memiliki sejarah unik dalam peredaran mata uang, pasalnya pada tahun 2007 mereka mengeluarkan sebuah koin dengan potret wajah John F. Kennedy di belakangnya.

Tak hanya itu, koin ini juga memiliki tombol yang bisa dipencet sehingga mengeluarkan suara pidato dari John F. Kennedy. Unik banget ya?

#7 Zambia - Koin yang Tak Bundar (?)

mata uang dunia

Sumber: lolwot.com

 

Biasanya koin memiliki bentuk yang bundar, kan? Nah, tapi pada tahun 2000-an, di masa Olimpiade Sydney mereka menerbitkan koin yang bentuknya tidak bundar. Koin pecahan 5.000 Kwacha ini memiliki bentuk yang berlekuk-lekuk dan mengandung 1 ons perak!

Nah, dari ketujuh mata uang dunia di atas kira-kira mana menurut kamu yang paling unik, girls?

Baca juga: Ini Cara Daftar BPJS Kesehatan Secara Online dan 3 Kelebihannya!