Balada Mantan Ngutang, Drama Panjang Berujung Twitwar!

lead image

Hey, bayar dulu utangmu, mz.

Menagih hutang emang nggak gampang, apalagi kalau yang ngutang itu mantan sendiri. Lebih parah, kalau putusnya nggak baik-baik. Wah, bisa jadi drama ribuan episode!

Tapi kejadian ini beneran ada dan ramai di linimasa Twitter juga direspon oleh ribuan orang. Adalah dua sejoli (yang kini sudah menjadi mantan) saling sindir di Twitter perkara tagih-menagih utang. Berkat kekepoan netizen, jadi banyak yang nimbrung. Bahkan perkara ini juga disorot oleh @InfoTwitwor yang suka memberi kabar pergelutan jempol di linimasa.

Kedua (mantan) ini saling adu jempol lantaran nggak ada yang mau kalah. Si cewek merasa mantan pacarnya belum bayar-bayar utangnya, sementara si cowok ngotot udah bayar tapi nggak punya bukti transfer. Duh!

Penasaran gimana balada menagih hutang ke mantan ini bermula, simak rangkumannya di bawah ini!

Menagih Hutang ke Mantan: Kronologi Balada Mantan Ngutang Nggak Dibayar-bayar

menagih hutang

Sumber: @omJe_

Balada menagih hutang ke mantan ini bermula dari akun @omJe_ yang curhat mengenai mantannya yang masih sibuk mengurusi urusannya padahal si mantan sudah tunangan dan akan segera menikah. Masalahnya ia memiliki utang yang menurutnya nggak seberapa dan sudah dibayar, hanya saja ia tak memiliki bukti transfernya.

Twitnya ini lalu disamber oleh temannya yang mengungkapkan kalau memang sudah dibayar, masa si mantan masih teriak-teriak sih. Ya, masuk akal juga. Kalau udah dibayar nggak mungkin kan si mbak masih nagih-nagih.

Di sela-sela perbincangannya berdua itu, si mbaknya muncul dan masih menanyakan hal yang sama, utang yang belum tuntas. Usut punya usut, ternyata balada mantan ngutang ini kejadiannya sudah sejak tahun 2017 lalu. Bahkan si mbaknya, @nialisadi30 udah berkali-kali me-reply twitnya bahas soal utang yang ngga kunjung dibayar, namun masnya malah mengelak dan selalu mencari pembenaran.

menagih hutang

@nialisadi30

Sebelumnya, si masnya mengelak dengan dalih bahwa si mbaknya ini masih punya dendam pribadi, malah mengumbar aib masa lalu di linimasa Twitter. Bahkan ia minta utangnya dibuat rincian jika memang betul ada. Nggak kalah, si mbak langsung membuat rinciannya. Mulai dari cicilan handphone, buat jalan sama temennya, nongkrong pacaran di coffee shop (yang ‘katanya’ bakal digantiin), ongkos buat nonton bahkan pulsa dan kuota internet. (Duh, ngutangnya ngga nanggung ya, mz).

menagih hutang

@nialisadi30

Parahnya lagi, dari @nialisadi30 kita tahu bahwa kebiasaan mas @omJe_ ngutang sama pacarnya itu bukan cuma sekali-dua kali. Beberapa mantan sebelumnya juga pernah mengalami kejadian yang sama.

Drama ini berlanjut ketika pertengkaran ini disorot oleh @InfoTwitwor, semakin banyak lagi warga Twitter kepo yang ingin tahu permasalahannya. Tak jarang juga mereka mengomentari bahwa perkara ini adalah perkara harga diri dan superioritas laki-laki yang selalu merasa benar.

menagih hutang

@InfoTwitwor

Nggak sedikit pula yang mengaitkannya dengan azab orang yang suka berutang, biar kayak judul-judul Hidayah gitu. Heheh. Drama menagih hutang ini ternyata lebih menggemparkan ketimbang kegagalan Indonesia memperkuat mata uang di hadapan Dolar AS (sedih, ya).

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Segera Lunasi Utang Terutama ke Mantan Pacar!

#1 Memperburuk Hubungan dengan Mantan

Kalau putus baik-baik dan masih ada sangkutan utang bisa jadi hubungan kalian berdua malah jadi runyam. Kalau putusnya udah nggak baik-baik, malah berantem gara-gara utang. Duh, nggak kebayang kan gimana hancurnya hubungan kalian.

Padahal siapa tau di masa depan nanti, meski sudah jadi mantan kalian masih bisa jadi partner kerja, bisnis atau peluang lainnya. Mantan nggak selamanya harus musuhan kan?

#2 Menghindari Kebiasaan Buruk Menumpuk Utang

Memiliki utang memang nggak salah dan sah-sah saja dilakukan asal tepat janji untuk membayar. Jangan lantaran punya utang terus malah menghilang ketika ada yang menagih hutang.

Bayangkan jika sudah menjadi kebiasaan, artinya ada hak orang lain yang sedang kamu tahan. Apa tega membiarkan hal itu terjadi. Posisikan dirimu jika ada di posisinya, ketika kamu butuh bantuan, mantanmu mau membantu, tapi ketika ia sedang butuh, kamu ke mana?

#3 Menjaga Nama Baik

Utang yang tak segera kamu bayarkan kepada mantanmu itu bisa juga berpotensi mencoreng nama baikmu. Bukan cuma secara personal saja bisa jadi secara profesional.

Secara personal, saking keselnya mantanmu karena kamu nggak kunjung membayar utang, bisa saja ia menceritakan aibmu ini kepada orang lain. Pas kamu sudah move on dan hendak mencari pasangan baru, hal ini bisa menjadi ganjalan karena kalau gebetanmu tahu, dia pasti berpikir ribuan kali untuk menerimamu jadi pasangannya.

Selain itu secara profesional, jika kebiasaan burukmu ini terdengar sampai ke ranah karirmu, wah, nama baikmu di mata profesional bisa hancur. Gimana masa depanmu kelak?

#4 Jangan Jadi Orang Nggak Tahu Diri

Seburuk-buruknya sifat mantan pacarmu, atau setidak-cocoknya kalian berdua dalam menjalin hubungan jangan jadikan hal tersebut alasan untuk tidak melunasi tanggungjawabmu.

Mantan pacarmu ini sudah berbaik hati untuk membantumu saat kesulitan, kenapa sulit sekali kamu melakukan hal yang sama saat dirinya kesusahan? Jangan sampai kamu jadi orang yang nggak tahu diri hanya karena benci sikap mantan pacar saat menjalin hubungan.

#5 Hati-hati Debt Collector

Mungkin ini terkesan sedikit berlebihan, tapi kalau utangmu cukup besar mungkin saja mantan pacarmu menyewa debt collector untuk menagih hutang yang ada padamu.

Sumpah deh, kalau udah berurusan sama debt collector, hidupmu akan lebih menderita. Ia akan menghalalkan segala cara agar kamu bisa melunasi kewajibanmu terhadap mantanmu.

Duh, jangan sampe ya 5 resiko di atas tadi menimpamu, jadi kalau ada mantan yang menagih hutang, segera bayar dan lunasi kewajibanmu. Kalau masih nggak ada uang, kamu bisa meminta keringanan untuk membayar separuhnya terlebih dahulu. Damai sama mantan pacar itu lebih enak kok ketimbang harus buka drama baru soal utang-utangan ini.

Baca juga:

5 Cara Ampuh Menagih Utang ke Teman yang Punya 1001 Alasan

Suka dengan artikel ini? Jangan lupa like Facebook dan follow Instagram Asian Money Guide Indonesia agar tak ketinggalan artikel keuangan terbaik kami!

Written by

Tiara Iraqhia