16 Cara Super Gampang Menghemat Uang Pengeluaran Hotel

Dapatkan deal hotel dengan rate hemat dan gunakan sisanya untuk pengeluaran lain! Baca di sini untuk tahu bagaimana caranya

Hampir semua orang mencoba memangkas pengeluaran mereka saat traveling, terutama akomodasi, sehingga kita dapat mengalokasikan lebih banyak uang untuk makanan, pengalaman, serta jalan-jalan. Kan memang itu tujuan kita buat traveling. Berikut adalah beberapa tips praktis dan mudah untuk menghemat pengeluaran Anda untuk hotel.

1. ek website hotel untuk mencari tahu penawaran khusus yang diberikan

Sekalipun situs-situs booking memberikan kemudahan melihat rentang harga akomodasi di tempat tujuan, melakukan pemesanan langsung melalui website hotel masih merupakan pilihan terbaik. Ada banyak sekali hotel yang memposting mengenai penawaran spesial mereka langsung di situsnya yang tidak ditemukan di tempat lain. Sebagai contoh, berkunjunglah sepintas ke website Accorhotels dan Anda akan melihat rate diskon yang bisa jadi tidak sampai di situs-situs lainnya.

Menurut Frommer’s, membooking hotel secara langsung dapat meningkatkan pelayanan costumer pada saat Anda sampai di hotel tujuan. Apa sebab? Saat Anda membooking langsung melalui situs hotel, mereka tak harus membayar komisi untuk website pihak ke-tiga, jadi pihak hotel seringkali memberikan pilihan kamar yang lebih baik bagi mereka yang melakukan pemesanan langsung lewat infomrasi dari situs mereka.

2. Telponlah Hotel Anda secara langsung

Kadang kala, membooking melalui website tidak menjamin Anda mendapatkan harga yang sama. Jika Anda mendapatkan harga lebih baik melalui website pihak ketiga, Nada dapat menelpon front desk mereka secara langsung dan menanyakan kecocokan harga.

3. Lakukan pemesanan jaaaaaaaauuuhhh-jauh hari

Seperti halnya harga tiket pesawat, harga kamar sifatnya naik turun, dan itulah mengapa jika Anda melakukan booking berbulan-bulan sebelumnya, Anda akan bisa menghemat banyak sekali uang.  Hal ini sesederhana cara kerja hukum permintaan dan penawaran—pada saat kamar-kamar terisi, kamar tersisa biasanya meningkat harganya. Sekalipun Anda mungkin bisa mendapatkan penawaran last-minute (lihat item #4), jika merasa sudah kebelet banget, lebih baik jangan ambil risiko.

4. Coba cari penawaran last-minute

Kalau Anda tidak bisa emlakukan booking lebih awal untuk kamar Anda, jangan khawatir. Carilah penawaran menit-menit terakhir dengan aplikasi semacam HotelQuickly dan Hotel Tonight (di AS dan Eropa), yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan penawaran-penawaran terbaik dalam waktu sangat singkat. Saya coba menggunakan HotelQuickly untuk membooking perjalanan ke Bali akhir pekan ini, dan ternyata harga kamar yang saya inginkan harganya 50% lebih murah dibandingkan hasil pencarian yang keluar dari Expedia. Asik banget, kan?

Anda juga bisa menggunakan jasa yang menjual kamar hasil pembatalan reservasi dengan harga lebih murah, semacam Cancelon dan Roomer. Pada saat mencari kamar untuk liburan saya di Bali, dengan mudah saya dapat menemukan harga kamar dengan harga 60% lebih murah dibandingkan melalui situs booking.

5. Pesan kamar dengan pembatalan gratis

Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampauk. Dengan pembatalan gratis, Anda dapat memesan akomodasi Anda sebelumnya SEMBARI mencari pilihan hotel lain. Ada banyak penawaran akomodasi di Booking.com yang menawarkan biaya pembatalan gratis. Beberapa bahkan membolehkan Anda untuk memesan sekarang dan melakukan pembayaran belakangan!!

6. Carilah kode promo online

Mencari kode promosi secara online mungkin akan membutuhkan waktu, namun timbal baliknya sangat layak. Situs semacam Hotels.com dan Cuponation membuat hidup Anda menjadi lebih mudah karena ada bagian yang secara khusus ditujukan untuk kode promo.

7. Rencanakan perjalan Anda saat musim sepi liburan

Travelling saat musim sepi merupakan salah satu cara termudah untuk memangkas keuangan di seluruh . Kenapa? Karena banyak hotel menurunkan ratenya untuk memikat lebih banyak bisnis, selain itu harga tiket pesawat juga lebih murah, termasuk biaya masuk obyek wisata di tempat-tempat atraksi wisatawan.

8. Hindari akhir pekan

Pilih waktu melakukan perjalanan di hari-hari biasa dan dompetmu akan berterima kasih untuk ini. Dan mengingat kebanyakan traveller melakukan check out pada hari Minggu, beberapa hotel menurunkan harga menginapnya agar ada tamu yang menginap pada hari Minggu. Dibandingkan melakukan booking di hari Jum’at hingga Minggu, cobalah untuk melakukan booking dari hari Minggu hingga Selasa.

9. Jika Anda merayakan hari khusus, beritahu pihak Hotel

Apakah Anda akan merayakan event spesial saat bermalam? Jika memang demikian, ingatkan pihak hotel mengenai hal ini dan pastikan untuk mengingatkan mereka tentang hal ini saat melakukan check in. Siapa tahu Anda bisa mendapatkan ugrade gratisan atau bahkan hadiah!

Pihak hotel seringkali memberikan tamu yang sedang berbulan madu dengan minuman complimentary dan/atau buah-buahan bersalut cokelat. Beberapa hotel bahkan memberikan tamu mereka yang sedang berulang tahun dengan goodies semacam sampanye dan cake.

10. Coba ubah miles pesawat Anda menjadi poin untuk hotel

Secara umum, bukanlah ide bagus untuk mentransfer point miles yang Anda miliki untuk hotel (maupun sebaliknya) karena umumnya rasio konversi ini tidak cukup sepadan nilainya. Namun, jika ternyata miles yang Anda miliki hampir kadaluarsa, dan kebetulan Anda sedang tidak berencana naik pesawat dalam waktu dekat, atau mungkin Anda cuma ingin meraih poin hotel lebih banyak dari miles penerbangan, maka segeralah diwujudkan!

11. Daftarkan diri Anda untuk mendapatkan kartu kredit reward hotel  

Jika Anda secara rutin memesan dari hotel di bawah satu payung perusahaan setiap tahunnya, mengapa tidak mendaftarkan diri untuk mendapatkan kartu kredit berjenis co-branded? Ada banyak sekali rantai hotel yang menawarkan jenis kartu kredit semacam ini dan memungkinkan Anda mendapatkan poin saat menggunakannya untuk membayar pengeluaran harian. Kartu rewards juga menawarkan Anda privilese khusus seperti ruangan dan diskon buffet.

12. Menginaplah lebih dari semalam

Beberapa akomodasi memberikan penawaran spesial bagi para tamu yang menginap lebih dari satu malam, terutama saat musim sepi liburan. Pada saat melakukan pemesanan, tanyakan pada mereka apakah tersedia penawaran diskon jika Anda menginap lebih dari semalam. Siapa tahu Anda bisa dapat kamar gratisan!

13. Jelajahi kemungkinan lain.

Siapa bilang Anda harus selalu tinggal di hotel untuk bermalam? Di banyak lokasi, Anda bisa mencari apartemen berkamar 3 di Airbnb dengan harga yang sama dengan 1 kamar di hotel bintang empat. Jika Anda terbuka untuk tidur sekamar dengan orang asing, mungkin Anda bahkan bisa tidur di hostel. Bukan saja lebih murah, hal ini merupakan cara yang baik untuk mendapatkan teman-teman baru.

14. Bermalamlah jauh dari pusat kota

Jika situasi transportasi publik di wilayah tujuan Anda sangat mudah dicapai dan nyaman dikendarai, mengapa tidak coba memotong pengeluaran dengan cara memilih akomodasi yang jauh dari pusat kota?  Anda bahkan bisa saja menginap di kota terdekat dari tujuan (Namun, pastikan Anda memiliki kemudahan sebagai Komuter untuk mengunjungi tempat-tempat yang sebetulnya ingin Anda kunjungai—terkadang ketidaknyamanan dan waktu yang terbuang membuat pilihan ini kurang sepadan)

15. Pergunakan dapur dalam ruangan atau kulkas mini Anda dengan baik

Buffet sarapan di hotel mungkin tampak menggoda, namun Anda bisa menghemat jumlah uang cukup banyak hanya dengan menyetok kulkas mini Anda dengan sereal dan buah-buahan.

16. Mengecek pilihan tempat makan di luar

Saat memilih tempat menginap, masukan faktor makan di luar sebagai salah satu bahan pertimbangan. Mana saja restoran terdekat? Apakah mereka menawarakan sarapan gratis? Satu hotel bisa berharga lebih murah dibandingkan lainnya, namun jika ujung-ujungnya Anda mengeluarkan lagi uang taksi untuk menuju restoran dengan harga miring, Anda bisa menghabiskan lebih banyak untuk memenuhi pertimbangan “lebih murah.”

BACA: 11 Kamar Murah dan Nyaman di bawah 500 Ribu Rupiah