Kisah Menakutkan Bitcoin: Saya Kehilangan 2juta Dolar Singapura dalam Semalam

Pengusaha asal Singapura, Darius Cheung, 35 tahun tidak percaya apa yang akan terjadi pada investasi bitcoin miliknya. Dia tidak pernah membayangkan hal ini akan terjadi padanya.

Hari itu hujan turun pada Juli 2013  dan saat  itu untuk pertama kalinya Darius mendengar istilah “cyrptocurrencies”, yang secara spesifik disebut bitcoin. Satu tahun sebelumnya, dia menjual usaha rintisannya kepada McAfee dan memutuskan berinvestasi dalam ragam instrumen untuk mencoba peruntungannya.

Saat ia minum kopi di kedai Mamak di Ayer Rajah, seorang temannya yang insinyur mengenalkan dia pada bitcoin.

Tawaran ini terdengar menggiurkan, dan tanpa menunggu lama dia memutuskan, “Baiklah, saya akan coba,” dan dia pun menghabiskan 20ribu dolar Singapura dengan nilai setara 80US$.

Beberapa bulan setelahnya, dia melihat perkembangan investasinya begitu meroket 5 kali lipat sampai lebih 300 dolar per bitcoin.

Merasa bahwa investasi bitcoinnya sudah mulai aman dan ajeg, ia pun melupakan taruhan tersebut dan fokus pada jenis usaha lain, yaitu perusahaan barunya 99.co.

Lalu, suatu hari setahun kemudian, ia menerima sebuah email yang mengejutkan.

mt gox

"Yth.

Pada pukul 5 sore 24 April 2014 waktu Tokyo, Pengadilan Wilayah Tokyo mengumumkan kebangkrutan yang dialami oleh MtGoc Co.Ltd dan berdasarkan penunjukkan resmi, saya diminta sebagai perwakilan perusahaan. 

Pihak yang menangani kasus bangkrutnya perusahaan akan memproses lebih lanjut, termasuk administrasi dan membekukan asest serta investigasi klaim-klaim yang diperlukan.

Dalam rangka memberikan informasi kepada para pihak terkait, kami melampirkan sejumlah dokumen mengenai kepailitan ini melalui email.

Alamat email hanya akan digunakan dalam urusan pengiriman pesan dan tidak aka nada surat-menyurat. Anda juga dapat mengakses pernyataan resmi ini melalui situs www.mtgox.com.

Nobuaki Kobayashi”

Tidak percaya atas apa yang terjadi –ya, hanya dalam waktu semalam, pengumuman kepailitan tersebut membuatnya rugi 75ribu US$.

Bagi Darius, hal ini bahkan lebih menyakitkan saat dia tahu keuntungan bitcoin miliknya bisa mencapai 2.4juta dolar Singapura.

Sejumlah kontra terhadap “crytocurrencies”

Sedihnya, kasus Darius bukanlah yang pertama. Kasus penipuan, peretasan data bahkan kehilangan akses atas akun bitcoin, dan tentu saja kerugian yang sangat besar, merupakan sekelumit persoalan bitcoin.

Dan kasus-kasus tersebut menjadi paradox “cryptcurrencies”, bahwa:

Apa yang membuatnya berbeda adalah transaksi bitcoin sangat instan dan mudah. Tidak ada seorang pun, bahkan pemerintah, yang bisa menghentikan transaksi digital.

Ini juga persoalan. Saat tidak ada proteksi terhadap penipuan seperti ini.

Di tahun 2016, 28juta US$ hilang akibat “cryptocurrencies” yang telah dilaporkan ke FBI –sebagai catatan ini hanyalah persoalan gunung es, karena tentu masih banyak pihak yang enggan melaporkan atau tidak terdeteksi.

Maka apa yang harus dilakukan agar transaksi bitcoin anda aman? Banyak hal. Berikut di antaranya:

  • Gunakan kata sandi yang unik dan tidak mudah ditebak
  • Jangan pernah memposting apapun di media sosial mengenai transaksi anda di bitcoin
  • Gunakan akun terpercaya melalui cryptoexchange
  • Jangan pernah simpan uang anda dalam penukaran Bitcoin. Gunakan penukaran untuk transaksi, namun tarik bitcoin anda dan simpanlah di dalam kantong pribadi.
  • Back up kantong anda
  • Pergunakan banyak kantong untuk menyimpannya –kertas dan sebuah tempat penyimpanan untuk jumlah besar dan gunakan piranti lunak atau kantong/ dompet online untuk jumlah yang lebih kecil agar memudahkan anda bertransaksi.
  • Pahami dan perhatikan transaksi anda setiap saat  
  • Atur HP anda secara manual
  • Jangan gunakan teks singkat untuk melakukan otentifikasi

“Cryptocurrencies” menawarkan kesempatan yang menggiurkan, namun juga banyak persoalan keamanan di dalamnya. Meskipun kita tidak bisa memprediksi secara akurat, namun tetap waspada dan berhati-hati dalam investasi adalah keniscayaan jika anda tidak ingin kehilangan uang anda.

Kisah Menakutkan Bitcoin: Saya Kehilangan 2juta Dolar Singapura dalam Semalam