10 Pekerjaan Terbaik dan Terburuk untuk Masa Depan, Apa Saja?

lead image

Kamu baru lulus menjadi sarjana, dan bingung memilih jenis pekerjaan terbaik untuk masa depan? Well, AMG akan berbaik hati untuk kasih kamu beberapa rekomendasi pekerjaan terbaik dan terburuk untuk masa depanmu menurut ahli!

Pekerjaan terbaik untuk masa depan bukanlah menjadi dokter, astronot, pilot seperti apa yang kamu cita-citakan sejak kecil. Baiknya, kamu mengetahui tipe pekerjaan yang paling baik untuk masa depanmu saat ini untuk menghindari petaka karir yang stuck saat terjun ke dunia karir kelak. Berikut ulasannya!

Pekerjaan Terbaik untuk Masa Depan

pekerjaan terbaik untuk masa depan

Sumber: Unsplash

Kiplinger dan kelompok peneliti EMSI menganalisa setidaknya ada 785 pekerjaan populer yang ada di Amerika Serikat berdasarkan data dari Biro Statistik Tenaga Kerja. Dari analisa tersebut, Kiplinger menemukan beberapa profesi atau pekerjaan yang memiliki pertumbuhan kuat dan lemah dalam 10 tahun ke depan (dari tahun 2016 – 2026), mulai dari ekspektasi gaji dari setiap pekerjaan dan seberapa tinggi kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan.

10 Pekerjaan Terbaik untuk Masa Depan

pekerjaan terbaik untuk masa depan

Sumber: Shutterstock

  1. App developer
  2. Computer systems analyst
  3. Nurse practitioner
  4. Health-service manager
  5. Physician assistant
  6. Dental hygienist
  7. Market research analyst
  8. Personal financial adviser
  9. Physical therapist
  10. Speech language pathologist

Dua kualifikasi teratas menurut Kiplinger ditarik dari pekerjaan yang memberikan gaji terbaik dan kemudahan memasuki industrinya.

Mungkin kamu juga menyadari, dokter nggak termasuk dalam kesepuluh daftar di atas. Hal ini dikarenakan besarnya jumlah uang dan waktu yang harus diinvestasikan untuk menjadi seorang dokter ketimbang pekerjaan lainnya.

Nah, tadi adalah pekerjaan terbaik untuk masa depan yang bisa kamu jadikan sebagai acuan untuk memilih pekerjaan pertamamu setelah lulus kuliah. Berikut daftar 10 pekerjaan terburuk untuk masa depan, agar kamu berpikir lagi jika berniat untuk menekuni salah satu di antaranya.

10 Pekerjaan Terburuk untuk Masa Depan

pekerjaan terbaik untuk masa depan

Sumber: Shutterstock

  1. Buruh tekstil
  2. Photo processor
  3. Furniture finisher
  4. Radio dan TV announcer
  5. Desainer Floral
  6. Kasir game
  7. Legislator
  8. Metal and plastic machine operator
  9. Sales door-to-door
  10. Print binding and finishing worker

Ketika Kiplinger memilih pekerjaan terburuk untuk masa depan seperti buruh tekstil, alasannya sederhana, profesi tersebut harus setidaknya diisi oleh sekitar 20,000 orang dalam satu perusahaan. Belum lagi teknik manualnya membuat pekerjaan ini sangat beresiko untuk digantikan dengan mesin otomatis yang sebentar lagi ada di depan mata.

Pekerjaan Terbaik untuk Masa Depan: Apa yang Harus Dilakukan Memilih Pekerjaan Terbaik untuk Masa Depanmu?

Mungkin setelah membaca daftar pekerjaan terbaik untuk masa depan dan yang terburuk, kamu berpikir ulang mengenai profesi yang akan kamu jalani. Tapi, jika kamu sudah terlanjur bekerja di salah satu daftar pekerjaan terburuk untuk masa depan, jangan khawatir!

Kamu bisa melihat karirmu sekarang dari perspektif lain. Pelajari apa yang kamu bisa saat ini, AMG yakin akan banyak sekali keahlian lain yang bisa dipelajari selain dari apa yang kamu kerjakan saat ini.

Bagaimanapun juga, perlu diingat beberapa pekerjaan, khususnya yang melibatkan tenaga manusia secara manual lama-kelamaan akan tergantikan oleh mesin, jika hal ini sudah terjadi, kamu harus siap dengan segala konsekuensinya.

Nggak ada salahnya mempelajari keahlian-keahlian baru yang bisa mengantarkanmu menuju peluang karir yang baru, jika ternyata pekerjaanmu kini tak berjalan mulus.

Kalau profesi kalian saat ini, apakah termasuk dalam daftar pekerjaan terbaik untuk masa depan atau malah masuk daftar sebaliknya, pekerjaan terburuk untuk masa depan? Ceritakan di kolom komentar ya!

Baca juga:

Deg-degan Mau Wawancara Kerja, Simak Dulu Tipsnya dari Para Ahli!

Ini 5 Alasan Orang Ramai-ramai Jadi PNS, Keuntungannya Banyak!

Jatuh Cinta Bikin Kamu Kurang Produktif, Apa Benar?

Suka dengan artikel ini? Like Facebook dan follow Instagram Asian Money Guide Indonesia agar tak ketinggalan artikel keuangan terbaik kami!

Written by

Tiara Iraqhia