Pendaftaran CPNS 2018 Dibuka, Ini 5 Hal yang Wajib Kamu Tahu!

Pendaftaran calon pegawai negeri sipil akhirnya resmi dibuka pada tanggal 19 September 2018 nanti. Pendaftaran CPNS 2018 kali ini bisa dilakukan secara online melalui situs https://sccn.bkn.go.id/

Proses seleksi pendaftaran cpns 2018 kali ini akan terintegrasi menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT BKN), baik dari segi seleksi kompetensi dasar maupun seleksi kompetensi bidang.

Kompas.com membuat sebuah infografik mengenai jumlah kuota penerimaan cpns tahun ini, yaitu ada 238,015 formasi yang diperebutkan.

Formasi-formasi ini terdiri dari 51,271 untuk instansi pusat yang akan disebarkan di 76 kementerian atau lembaga. Untuk instansi daerah ada sekitar 186,744 formasi yang akan ditempatkan di 525 pemerintah daerah. Berikut infografiknya!

pendaftaran cpns 2018

Sumber: Kompas.com

Selain itu, uniknya, tahun ini akan ada penetapan formasi khusus pengadaan CPNS 2018 yang akan terdiri dari pelamar lulusan terbaik (cumlaude), penyandang disabilitas, pelamar yang berasal dari Papua dan Papua Barat, diaspora, olahragawan yang berprestasi internasional, tenaga pendidik dan tenaga kesehatan dari yang sebelumnya tenaga honorer kategori II yang memenuhi persyaratan untuk mengikuti seleksi pendaftaran CPNS 2018.

Nah, untuk kamu yang sudah lama menantikan momen ini, berikut persyaratan dan hal-hal yang perlu kamu perhatikan sebelum ikut bertarung di seleksi CPNS 2018!

Pendaftaran CPNS 2018: 5 Hal yang Wajib Kamu Tahu!

#1 Pendaftaran CPNS 2018 Dilakukan Secara Online

pendaftaran cpns 2018

Sumber: Unsplash

Teknis pendaftaran CPNS serentak akan dilakukan secara online oleh Panitia Seleksi Nasional CPNS di bawah koordinasi Badan Kepegawaian Nasional (BKN) melalui situs https://sscn.bkn.go.id/

Setiap pelamar hanya diperbolehkan untuk memilih satu instansi dan formasi jabatan, tidak lebih.

#2 Pendaftaran CPNS 2018 Memiliki 3 Tahapan Seleksi

Untuk dapat melamar, kamu harus melalui 3 tahapan seleksi yang di antaranya adalah seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar dan seleksi kompetensi bidang. Kamu akan gugur dan tak bisa melanjutkan prosesnya jika gugur pada tahap seleksi administrasi.

Lalu, untuk melewati tahap seleksi kompetensi dasar, ada nilai ambang batas yang harus dilampaui. Hal ini sudah diatur dalam Peraturan Menteri PAN-RB no. 37 Tahun 2018.

#3 Pendaftaran CPNS 2018 untuk Diaspora Pertama Kalinya Diberlakukan

pendaftaran cpns 2018

Sumber: Sekretariat Kabinet

Formasi-formasi baru tahun ini sangat unik, salah satu di antaranya adalah diaspora. Hal ini dilakukan pemerintah demi menarik putra-putri Indonesia yang berkarir di luar negeri.

Untuk formasi ini, ada jabatan sebagai peneliti, dosen dan perekayasa. Yang mana untuk dua jabatan pertama harus diisi oleh mereka dengan level akademis strata 2 sementara untuk perekayasa, cukup di strata 1 saja.

#4 Pendaftaran CPNS 2018 Dilaksanakan Periode September - Desember 2018

Tahap pengumuman, pendaftaran dan verifikasi administrasi akan dilaksanakan pada minggu kedua bulan September sampai dengan minggu kedua Oktober 2018.

Lalu tahapan seleksi selanjutnya, kompetensi dasar dan kompetensi bidang akan dilaksanakan pada minggu ketiga Oktober 2018. Pengumuman kelulusan dilaksanakan pada minggu keempat November 2018 dan tahapan pemberkasan dimulai pada Desember 2018.

#5 Pendaftaran CPNS 2018 - Jangan Lupa Berdoa dan Berusaha!

pendaftaran cpns 2018

Sumber: Strokebet hesda

Jika dicari, banyak sekali buku-buku yang membahas bagaimana tes CPNS, lalu banyak juga ulasan mengenai pendaftaran dan seleksi CPNS yang tersebar di Internet. Paling penting adalah berusaha dan jangan lupa berdoa, semoga memang impianmu kali ini ikuti pendaftaran CPNS 2018 terwujud dan kamu bisa mengabdi kepada negara!

Semoga berhasil!