Dikasih 'Jajan' 70 juta, Ratna Sarumpaet Ditangkap Sebelum Berhasil Kabur ke Chile

Dikasih 'Jajan' 70 juta, Ratna Sarumpaet Ditangkap Sebelum Berhasil Kabur ke Chile

Dipanggil sebagai saksi malah ke Chile..

Ratna Sarumpaet ditangkap di Bandara Soekarno Hatta, (04/10) persis sebelum lepas landas ke Turki dan melanjutkan penerbangan ke Chile.

Perjalanannya kali ini sudah direncanakan sejak lama. Ia akan menghadiri Women Playwrights International Conference di Chile. Sebuah acara tahunan untuk para penggiat seni khususnya teater di seluruh dunia.

Ratna Sarumpaet Ditangkap: Kronologi Penangkapan RS di Bandara

ratna sarumpaet ditangkap

Saat Ratna Sarumpaet ditangkap, ia telah berada di dalam pesawat Turkish Airlines dan sudah siap lepas landas. Namun, polisi bandara mencegatnya dan menggiringnya ke luar kabin pesawat.

Kabag Humas Ditjen Imigrasi, Agung Sampurno, mengungkapkan kepada Tirto, pihak Imigrasi telah mengeluarkan pencegahan efektif per kemarin (04/10) hingga 20 hari ke depan. Setidaknya ada 11 laporan yang masuk ke kepolisian yang salah satunya berasal dari Farhat Abbas, dalam laporan tersebut, Farhat juga ikut melaporkan 15 politisi lainnya yang ikut menyebarkan berita bohong alias HOAX.

Ratna Sarumpaet ditangkap karena melanggar pasal 14 dan 15 Undang-undang nomor 1 tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana dengan ancaman 10 tahun penjara dan Undang-undang ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik) nomor 11 tahun 2008 karena menyebarkan berita bohong melalui perangkat elektronik.

Ratna Sarumpaet Ditangkap Karena Berniat Kabur, Polisi Tak Ingin Kasus Rizieq Terulang

Sebelum jadwal keberangkatannya ke Chile, Ratna Sarumpaet telah dikirimkan surat pemanggilan sebagai saksi terkait kasus penyebaran berita bohong yang menggegerkan seluruh jagat maya beberapa hari terakhir ini.

Sayang sekali Ratna tak menggubris panggilan polisi dan malah berniat 'kabur' tetap meneruskan rencananya untuk berangkat ke Chile untuk menghadiri seminar kebudayaan. Kepolisian mengaku takut kejadian yang sama dengan Habib Rizieq terulang kembali jika tak segera diproses.

Ratna Sarumpaet Dapat Uang Saku Rp 70 juta dari Pemda DKI?

Rencana penerbangan Ratna Sarumpaet ke Chili terkesan mendadak, setelah dirinya mengakui bahwa tak pernah ada penganiayaan melainkan bekas operasi. Namun, rencana kehadiran seminar kebudayaan ini ternyata memang sudah direncanakan sejak lama.

Baru Februari kemarin Pemda DKI melalui Dinas Kepariwisataan dan Kebudayaan memberikan fasilitas perjalanan untuk Ratna sebagai seniman berprestasi, berupa akomodasi, tiket dan uang saku senilai Rp 70 juta. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta, kepada detikcom hari ini (05/10).

Namun, fakta tersebut masih menyimpan sebuah cerita. Ternyata Ratna Sarumpaet diberangkatkan atas dasar pengajuan proposal yang ditandatangani oleh dirinya sendiri. Berikut dokumen proposal yang diajukan olehnya untuk keperluan acara Women Playwrights International Conference di Chile.

ratna sarumpaet ditangkap

Selain dokumen di atas, masih ada kejanggalan antara flyer yang dilampirkan oleh Ratna Sarumpaet untuk permohonan fasilitas kepada Pemda DKI. Pada proposal yang ia buat, namanya tercantum sebagai Senior Advisors, sementara dokumen asli dari penyelenggaraan acara tidak menyantumkan namanya sebagai senior advisors. Berikut perbedaannya.

ratna sarumpaet ditangkap

Jadi, apakah betul Ratna ingin berangkat ke Chile atas dasar undangan yang ia terima dan meminta fasilitas dari DKI sebagai seniman berprestasi, ataukah hanya mengambil kesempatan untuk berangkat di tengah gemelut pemberitaan bohong penganiayaan dirinya yang sudah membuat geger seisi negara?

Sampaikan pendapatmu pada kolom komentar ya!

Baca juga:

Ratna Sarumpaet Oplas Pakai Rekening Donasi Korban Danau Toba?

#WajahmuPlastik: 6 Fakta Dibalik Pengakuan Ratna Sarumpaet

Suka dengan artikel ini? Jangan lupa like Facebook dan follow Instagram Asian Money Guide Indonesia agar tak ketinggalan artikel keuangan terbaik kami!

Written by

Tiara Iraqhia