Cari Smartphone Baru yang Pas di Kantong? Simak Dulu Panduannya!

Mau beli smartphone? Biar nggak salah beli, simak dulu panduannya agar bisa dapat spesifikasi yang sesuai dan harga yang pas di kantong!

Smartphone terbaik 2018, kira-kira apa aja sih? Smartphone kini tak lagi menjadi barang 'wah', hampir setiap orang dari kelas sosial manapun dapat memilikinya. Tak dipungkiri, kehadiran smartphone memang dapat mempermudah hidup kita sehari-hari.

Menurut lembaga riset digital marketing e-marketer seperti yang dilansir pada situs kominfo.go.id, diprediksikan pengguna smartphone di Indonesia pada tahun 2018 akan mencapai 100 juta orang. Hal ini akan membuat Indonesia menjadi negara pengguna smartphone aktif keempat terbesar di dunia setelah Cina, India dan Amerika.

Seiring dengan perkembangan pesat pasar smartphone di Indonesia, banyak sekali beredar ragam jenis model yang semakin canggih. Tak hanya canggih, mereka juga menjualnya dengan harga yang terjangkau. Nah, jadi bingung kan pilih model mana yang sesuai dengan anggaranmu?

Sebelum terlambat, simak dulu beberapa hal yang harus dipertimbangkan jika ingin membeli smartphone baru yang pas di kantong!

Beberapa hal yang perlu dicatat!

Pertama-tama, tentu kalian harus menentukan batasan anggaran untuk membeli smartphone terbaik 2018. Hal ini gak hanya berguna untuk membatasi pengeluaranmu tapi juga untuk memperkecil pilihan model smartphone yang akan dibeli kelak.

Jika bicara soal harga, ada smartphone yang termasuk dalam kategori high-end, mid-range, dan low-end. Memang harga nggak selalu menentukan kualitas barang, tapi ya, kira-kira juga, jangan cari barang murah yang ternyata kualitasnya pas-pasan.

Selain itu, pertimbangan berikutnya adalah kebutuhanmu. Contoh nih ya, kalau kamu dalam keseharian hanya menggunakan handphone untuk kirim SMS, main socmed, menerima dan melakukan panggilan telepon, membeli smartphone yang masuk dalam kategori high-end tentu hanya akan membuat uangmu terbuang percuma.

Sebaliknya, jika kamu menggunakannya untuk mendukung karir atau pekerjaanmu, misalkan bolak-balik cek dan kirim e-mail bisnis, harus preview format grafis yang mumpuni, bermain games yang membutuhkan memori cukup besar, tentu membeli smartphone high-end bisa jadi salah satu pilihan tepat untuk mendukung keseharianmu.

Smartphone Terbaik 2018 Berdasarkan Urutan Harga

Smartphone dibawah 3 juta atau low-end (kisaran harga: Rp 1 juta - Rp 3 juta)

Sumber: gadgetren

Istilah 'low-end' nggak selalu identik dengan handphone murahan dengan spesifikasi pas-pasan. Karena sekarang sudah banyak sekali bermunculan smartphone murah dengan teknologi yang juga nggak kalah canggihnya. Ya, meskipun mungkin dengan smartphone dibawah 3 jutaan, kalian tak bisa mengharapkan mendapatkan fitur NFC, dan tetek bengek perintilan secanggih kategori mid-range atau high-end. Tapi secara umum, kategori low-end sudah bisa digunakan untuk keperluan komunikasi sehari-hari. Meski murah, kategori low-end juga masih masuk dalam deretan smartphone terbaik 2018.

Berikut beberapa smartphone dibawah 3 juta terbaik yang ada di pasaran:

  • ASUS Zenfone Live L1 - Rp 1,3 juta

Spesifikasi ASUS Zenfone Live L1:

Rasio lebar layar kekinian 18:9, dengan resolusi 1440 x 720 (HD+) dengan panel IPS. Dibekali dengan Chipset Snapdragon 425 dengan RAM 2GB dan memori 16GB. Memiliki triple slot, yaitu dua untuk kartu sim dan satu untuk micro SD. Kamera ASUS Zenfone Live L1 memiliki resolusi 13 MP dan kamera depan 8MP. Canggihnya handphone ini juga dibekali fitur face unlock yang memudahkan pengguna untuk membuka kunci tanpa perlu menyentuh tap sidik jari.

  • Samsung J5 - Rp 2,5 juta

Spesifikasi Samsung J5:

Samsung J5 dibekali OS Android v 6.0 Marshmallow dan chipset snapdragon 410. Dibekali RAM 2GB dan memori 16GB dan layar 5.2 IPS LCD capacitive dengan resolusi 720 x 1280 pixel.

  • Xiaomi Mi A1 - Rp 2,8 juta

Spesifikasi Xiaomi Mi A1:

Mi A1 memuat spesifikasi layar berukuran 5,5 inci dengan resolusi full-HD. Kerennya lagi, Xiaomi Mi A1 memiliki kamera ganda (dual camera) di bagian belakang. Kedua kamera Xiaomi Mi A1 memiliki spesifikasi kamera resolusi 12 megapiksel dan konfigurasinya mirip iPhone 7 Plus. Satu kamera memiliki bidang pandang lebar (wide), sementara lainnya tele, untuk foto portrait dengan efek background yang buram (blur).

Smartphone dibawah 5 juta atau mid-range (kisaran harga Rp 3 juta - Rp 5 juta)

sumber : trap gadget

Kategori mid-range biasanya memilik fitur-fitur ekstra yang umumnya ada pula di handphone-handphone kategori high-end. Namun memang tidak selengkap dan secanggih fitur-fitur pada handphone high-end. Nah, untuk kalian yang mencari fitur ekstra untuk mendukung aktivitas sehari-hari dan merasa kurang jika membeli handphone-handphone dengan fitur 'biasa aja', kategori mid-range akan menjadi pilihan tepat, lho!

Berikut beberapa smartphone dibawah 5 juta terbaik yang ada di pasaran:

  • Samsung Galaxy J5 Pro - Rp 3,5 juta

Spesifikasi Samsung Galaxy J5 Pro:

Berbekal RAM 3GB dan memori internal sebesar 32GB, Samsung Galaxy J5 Pro sudah cukup digunakan untuk kegiatan komunikasi harian biasa. Samsung Galaxy J5 Pro ini juga mengadopsi teknologi super AMOLED dengan resolusi 1280 x 720 pixel.

  • Vivo V7+ - Rp 4,6 juta

Spesifikasi Vivo V7+:

Vivo V7+ memiliki layar FullView 5.99" dengan kemampuan kamera selfie 24MP yang memungkinkan dapat mengambil gambar lebih terang. Selain itu, handphone ini juga dibekali fitur Face Beauty 7.0, kamera belakang beresolusi 16MP, didukung pula dengan fitur Smart Split 3.0 serta Face Access.

  • ASUS Zenfone 3 - Rp 4 juta

Spesifikasi ASUS Zenfone 3:

Asus Zenfone 3 Laser ZC551K dibekali fitur ultra-fast 0.03 sec laser autofocus, 5,5 inci FHD, 13 MP PixelMaster Sony IMX214, EIS Blur-free video recording, Color Correction Sensor, 0.3 sec super-fast fingerprint unlock dan RAM 4GB serta Storage 32GB.

Smartphone di atas 5 juta atau high-end (kisaran Rp 5 juta ke atas)

sumber: dimensidata

Yang menarik dari smartphone yang termasuk dalam kategori high-end salah satunya adalah meski tiap semester bahkan tahun ada perubahan teknologi, handphone-mu tak akan terlihat ketinggalan zaman. Bahkan beberapa smartphone high-end dilengkapi oleh fitur update software untuk meningkatkan performa handphone-mu di tiap tahapan.

Nggak hanya itu, smartphone high-end kini banyak keluar dengan edisi waterproof sehingga kalian tak perlu khawatir jika terciprat rintik hujan sekalipun, khususnya bagi kita yang tinggal di iklim tropis seperti Indonesia ini.

Berikut beberapa smartphone di atas 5 juta terbaik yang ada di pasaran:

  • Samsung Galaxy S9 & S9+ - Rp 12 juta

Spesifikasi Samsung Galaxy S9 & S9+

Galaxy S9 dan S9 Plus memiliki fitur super slow-motion dengan frame rate 960 fps di resolusi 720p atau 240 fps dengan resolusi 1080p. Kemampuannya diklaim setara dengan kamera profesional. Dengan RAM 4Gb dan memori internal 64GB, handphone ini sangat mumpuni jika digunakan untuk aktivitas grafis seperti bermain game dengan ukuran besar.

  • iPhone X - Rp 19 juta

Spesifikasi iPhone X:

Smartphone canggih ini memiliki prosesor Hexa-core 64 bit dengan chipset terbaru buatan Apple yakni A11 Bionic. Prosesor tersebut dikombinasikan dengan RAM 3GB sehingga mampu menghasilkan performa yang cepat.

  • Samsung Note 8 - Rp 10 juta

Spesifikasi Samsung Note 8:

Hanpdhone canggih satu ini memiliki dapur RAM 6GB dan memori internal 64GB namun masih bisa ditambahkan hingga 256GB dengan memori eksternal. Untuk performa sendiri, Note 8 diboyong dengan prosesor Octa core 2.3 dari Exynos 8895 dan juga dibekali dengan dapur grafis yang mumpuni yaitu dengan GPU Mali-G71MP20.

(kisaran harga diambil dari berbagai sumber)

Nah, kira-kira smartphone terbaik 2018 mana nih yang masuk di budget-mu?