Tabungan Pensiun Seiring Usia: Berapa Banyak Yang Harus Ditabung Pada Setiap Tahapan Umur Anda?

Berapa banyak yang harus Anda tabung setiap tahunnya? Baca artikel di bawah ini untuk memastikan apakah Anda sudah berada di jalur yang tepat, ataukah Anda harus mengejar ketertinggalan.

Bagi Patricia yang berusia 24 tahun, menabung bagaikan tindakan otomatis dibandingkan yang tak butuh pikir ulang. “Saya nggak pernah memikirkannya,” ujar dara satu ini. “Jika saya punya sisa uang di akhir bulan, itulah porsi yang akan saya tabung. Saat saya mulai menghasilkan lebih banyak uang nanti, mungkin itulah waktu yang tepat mulai serius berpikir mengenai tabungan saya.”

Ada banyak anak muda (dan bahkan mereka yang berusia tua) membuat kesalahan karena tidak memprioritaskan tabungan mereka. Hanya di kemudian harilah saat mereka membutuhkan uang (untuk pembelian dengan sejumlah besar uang atau bahkan masa pensiun), mereka akan menyadari seberapa pentingya memiliki tabungan.

Semakin awal Anda mulai menabung, semakin baik pula. Bukan hanya Anda akan menyisihkan semakin banyak uang setiap bulannya untuk meraih tujuan jangka-panjang Anda, namun juga ada compound interest atau bunga gabungan yang bisa dituai di kemudian hari (Kapan Sebaiknya Anda Mulai Menabung Dana Pensiun?).

Namun sebenarnya berapa banyak uang yang harus disisihkan setiap bulannya? Berapa besar tujuan menabung Anda? Secara umum ini semua tergantung keputusan Anda untuk pensiun, kapan, atau jenis gaya hidup semacam apa yang ingin dijalankan. Namun untuk menyederhanakannya, berikut adalah beberapa panduan dasar untuk membantu Anda menentukan hal-hal yang mesti dikesampingan. 

Tabungan Pensiun di usia 25

Di usia 25 tahun, Anda telah akan memiliki tabungan berjumlah seperempat dari pendapatan tahunan Anda. “Jumlah 25% ini merupakan kombinasi [kontribusi dana pensiun] dan tabungan tunai yang Anda miliki, “ ungkap Ahli keuangan Kimmie Greene di CNBC. “Di dalamnya termasuk porsi untuk melunasi hutang-hutang. Pastikan saja kalau pengeluaran gaya hidup Anda tidak melewati 75% pendapatan kotor Anda.”

Tabungan pensiun di usia 30 tahun

Di usia 30 tahun, para ahli bersepakat bahwa Anda harus memiliki jumlah uang setara jumlah gaji Tahunan yang Anda sisihkan. Hal ini termasuk kontribusi untuk tabungan pensiun (jadi komponen di dalamnya tak termasuk pendapatan yang diperoleh dari bunga), tabungan tunai, dan sejumlah uang yang Anda investasikan untuk berbagai produk keuangan.   

Tabungan pensiun di usia 35

Anda akan menemui lebih banyak tekanan jika baru mulai menabung uang pensiun Anda di usia 30an, dan itulah alasan di balik mengapa Anda harus sudah mulai menyisihkan uang seniali dua kali gaji tahunan Anda saat berusia 35 tahun.  

Tabungan pensiun di usia 40

Di usia 40 tahun Anda mesti mencoba untuk menabung tiga kali lipat dari jumlah gaji yang Anda terima saat ini. Jika konsisten menabung, di usia 40, Anda harus mencoba menabung tiga gali lipat dari jumlah gaji Anda saat ini.

Tabungan pensiun di usia 45

Di usia 45 tahun, Anda sudah harus menabung empat kali jumlah gaji tahunan Anda. Pada titik ini, mungkin Anda sudah mentok dan tak bisa mendapatkan nilai gaji lebih tinggi lagi, jadi Anda semestinya melakukan investasi agar bisa mempersiapkan jejaring pengaman dengan lebih baik.

Tabungan pensiun di usia 50, 55, 60, 65

Para Ahli di Fidelity mengatakan bahwa Anda harus memiliki gaji sebesar 10 kali lipat dari gaji Anda di usia 67 tahun. Hal ini berarti bahwa Anda harus memiliki 5 kali nilai gaji tahunan Anda di dalam tabungan saat berusia 50 tahun. Di usia 55 tahun, Anda harus memiliki 6 kali lipat jumlah penghasilan tahunan dalam tabungan. Di usia 60 tahun, 7 kali jumlah gaji tehunan Anda, dan 8 kali lipat di usia 65 tahun.

Angka-angka ini tampak cukup intimidatif pada awalnya, namun ingatlah jika Anda mulai cukup awal, maka menabung dalam jumlah tersebut sesungguhnya mudah dilakukan. 

Apa yang mesti Anda lakukan jika Anda berusia 30/40an dan belum punya tabungan sama sekali?

Jika Anda belum menabung sama sekali, inilah waktu yang tepat untuk memulai. Tentunya jika Anda mulai terlambat dalam hidup Anda, maka nilai tabungan Anda akan terus meningkat. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai umur berapa yang paling tepat bagi Anda untuk menabung demi pensiun dini, baca artikel berikut (Menabung Untuk Masa Pensiun: Berapa Yang Harus Saya Tabung Jika Terlambat Memulai?)