5 Kepemimpinan Efektif bagi Para Manajer Baru

Persiapkan tim Anda menuju kesuksesan melalui beberapa tips kepemimpinan bagi para manajer baru di bawah ini.

Menjadi seorang manajer tidak lantas secara otomatis membuat Anda menjadi seorang pemimpin yang baik. Namun agar menjadi seorang manajer yang efektif, sudah pasti Anda harus tahu dengan pasti bagaimana cara memimpin dengan baik. Hari ini, saya akan memberikan beberapa tips untuk dibagikan pada Anda mengenai bagaimana cara menjadi pemimpin dan manajer yang baik.

1. Kenali setiap individu di dalam tim Anda

Semua orang di dalam tim Anda harus bekerja bahu-membahu agar dapat mencapai tujuan perusahaan, dan itulah mengapa Anda harus menyentuh setiap dasar tiap-tiap individu staff Anda untuk memastikan semua orang memiliki pemahaman yang sama.

Dengan cara berupaya untuk memahami setiap individu dalam tim, Anda sesungguhnya telah menunjukkan seberapa dalam Anda peduli terhadap tim Anda. Sebagai tambahan, Anda harus memahami top management dan para pemangku kepentingan perusahaan agar Anda bisa menjadi mediator yang baik antara manajemen tingkat atas dan staff.

2. Jadilah manajer dan pimpinan yang dulu berharap Anda miliki

Mungkin Anda pernah punya pengalaman buruk dengan manajer Anda sebelumnya. Bisa jadi mereka tak menginginkan Anda kembali saat sedang dilanda masalah, atau mereka sekedar sulit berkomunikasi dengan baik.  

Satu resep yang terjamin khasiatnya saat melakukan tugas-tugas Manajer adalah membuat keputusan secara sadar untuk tidak menjadi tipe manajer yang tidak Anda sukai. Jadilah tipe manajer dan pimpinan yang dahulu Anda impikan. Jangan biarkan tim Anda menanggung beban terhadap kekurangan Anda dan ubahlah diri sendiri menjadi pendengar terbaik yang selalu hadir dan mudah didekati.

3. Jangan pernah berpikir, “Kamu yang bekerja, Saya yang presentasi”

Beberapa manajer berpikir kalau mereka bisa memberikan semua pekerjaan kepada tim mereka dan berpikir kalau pekerjaan mereka hanya melaporkan kembali pada manajemen yang lebih tinggi. Tapi kita hidup di Abad ke-21 bukan Abad ke-15. Staf Anda bukanlah budak Anda, dan Anda semua adalah bagian dari satu tim!

Tim Anda mencari seorang manajer dan pimpinan yang akan bekerja bahu-membahu bersama mereka, bukan hanya sekedar menyalak setiap kali ada pekerjaan untuk mereka. Raihlah rasa hormat dari seluruh tim dengan cara bekerja bersama mereka dan buatlah mereka merasa didukung.

4. Jangan hanya mengambil, Anda juga harus memberi!

Anda tak akan bisa melakukan segalanya sendiri. Anda bergantung pada tim untuk bisa bekerja dengan baik dan mengeksekusi rencana Anda, jadi pastikan Anda memberikan sesuatu kembali bagi mereka. Jika Anda melihat seseorang di dalam tim yang menunjukkan potensi nyata, pastikan bahwa Anda memberikan kesempatan karir mereka untuk bertumbuh.

Dengan cara memberikan mereka pengembangan karir, Anda telah membantu perusahaan menjaga para best performers ini. Rasakan kepuasaan saat melihat seseorang pada akhirnya sukses di tangga karir yang mereka panjat ke atas dan Anda mengetahui telah memainkan peran di dalamnya!

5. Pahami peran Anda

Jangan lupa bahwa pihak perusahaan merekrut Anda sebagai seorang manajer untuk mencapai tujuan bisnis yang telah ditentukan. Pada akhirnya, gaji yang Anda terima sesungguhnya sesuai dengan performa yang ditunjukkan. Bukan berarti bahwa Anda tak bisa menjadi seorang pemimpin yang baik, namun memahami peran yang Anda jalankan dapat membantu untuk menyadari hasil-hasil bisnis yang paling berpengaruh.

BACA: Ingin Bisnis Sukses? Jangan Lupakan Pentingnya Relasi dengan Klien!

5 Kepemimpinan Efektif bagi Para Manajer Baru