Apps Untuk Berhemat Saat Berpergian: 7 Apps Wajib Bagi Para Traveller

Berpergian dengan bujet terbatas? Sebelum merencanakan perjalanan berikutnya, coba download travel apps yang akan menghemat uang Anda, mencarikan penawaran-penawaran terbaik, dan membuat Anda super berhemat.

Banyak orang mengatakan bahwa travelling adalah satu-satunya hal yang Anda beli namun membuat Anda merasa kaya. Sekalipun hal ini tak sepenuhnya benar (perlu asuransi kan, Bapak Ibu sekalian?), kami menghargai filosofi di baliknya. Namun demikian, keliling dunia bukanlah hal murah, dan itulah mengapa Anda harus melakukan segala cara agar uang yang Anda habiskan punya makna.

Kami coba mempermudah hidup ini dengan cara mengompilasi 7 travel apps penghemat-uang yang akan berguna bagi perjalanan Anda.

Apps yang sangat keren ini akan mengolah bujet Anda dan menghematnya untuk perjalanan berikutnya, mulai dari tiket pesawat, hotel, hingga transit—siapa yang nggak mau?

1. Travel Money

Jika bepergian dalam kelompok, Anda pasti tahu betapa susahnya untuk membagi pengeluaran dan mengkalkulasi berapa banyak berhutang satu sama lain. Travel Money memungkinkan pelacakan uang kelompok dan mengatur pengeluaran sekalipun mata uangnya lebih dari satu. Satu-satunya kelemahan Travel Money adalah ia hanya tersedia bagi pengguna Android—para pengguna iPhone, sabar ya mengisi Google Sheets secara manual.

Unduh: Android

2. Hopper

Kalau tidak punya agenda travelling tertentu, Hopper bisa menjadi apps terbaik untuk mencari pemesanan pesawat, termasuk memberi tahu Anda kapan waktu terbaik membelinya. Tinggal tentukan destinasi, pilih tanggal, dan Hopper akan memberikan prediksi pada Anda mengenai waktu termurah memesan pesawat. App ini juga bisa mengirimkan notifikasi pada Anda segera setelah harga turun, yang memungkinkan Anda menghemat tiket pesawat hingga 40%. Lumayan, kan?

Unduh: Android | iOS

3. HotelQuickly

Pada umumnya, melakukan booking di menit-menit terakhir bukanlah ide baik, namun  HotelQuickly membantu Anda menemukan kamar diskonan hingga seminggu sebelum perjalanan. Tersedia di 16 negara Asia-Pasifik, apps ini bisa-bisa membuat kita jadi sering melakukan perjalanan mendadak dan memesan di menit-menit terakhir karena kemudahannya dalam pencarian penawaran terbaik!

Unduh: Android | iOS

BACA JUGA: 16 Cara Super Gampang Menghemat Uang Pengeluaran Hotel

4. Transit App

Ada banyak apps di luaran sana yang dapat membantu menavigasi Anda untuk menemukan transportasi di kota baru, namun kelebihan Transit adalah ketersediannya di 145 kota di 10 negara, dan saat ini terus berekspansi. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membandingkan berbagai opsi travel yang berbeda-beda, termasuk Uber, bike-share, dan carshare, jadi Anda bisa dengan segera melihat opsi mana yang sesuai di kantong.

Unduh: Android | iOS

5. Kayak

Semacam one-stop shop untuk semua hal berbau travelling, Kayak melakukan pencarian terhadap ratusan situs travel untuk membantu Anda menemukan penerbangan, hotel, dan persewaan mobil termurah. Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengorganisir rencana perjalanan Anda (termasuk tiket masuk Atraksi Hiburan!), melacak penerbangan, serta navigasi di sekitaran airport.

Unduh: Android | iOS

6. XE Currency

Satu aplikasi yang harus dimiliki bagi para traveler ke luar negeri, XE Currency memungkinkan Anda mengakses nilai tukar mata uang asing detik itu juga, dan sangat memudahkan perhitungan keuangan Anda.

Unduh: Android | iOS

7. Turo

Juga dikenal sebagai Airbnb versi persewaan mobil, Turo memungkinkan para traveller menyewa mobil kepunyaan pemilik di kota setempat dengan harga sangat terjangkau. Turo saat ini hanya tersedia di AS dan Kanada, namun sedang bersiap melakukan ekspansi ke negara-negara lain. Yang membedakannya dengan Apps lain dalam kategori sejenis adalah, Anda tidak harus mengecek terlebih dahulu ketersediaan jasa mobil di wilayah yang ingin Anda kunjungi sebelumnya.

Unduh: Android | iOS