Jenis-jenis Uang Elektronik Paling Populer di Masyarakat!

Apakah kamu mendukung gerakan cashless society?

Uang elektronik nampaknya semakin populer di mata masyarakat. Hampir semua aspek 'didesak' untuk melakukan transaksi non-tunai.

Di Indonesia sendiri, kalian dapat melihat transportasi umum yang kini diwajibkan untuk menggunakan transaksi non-tunai. Sebut saja KRL, Transjakarta, bahkan yang terakhir adalah layanan tol pun diwajibkan untuk menggunakan uang elektronik.

Hal ini tentu berkenaan dengan usaha Bank Indonesia yang mendorong masyarakat untuk terus menggunakan uang elektronik sebagai wujud dari Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang diusung pada tahun 2014 silam.

Uang elektronik, tren dari mana?

Jauh sebelum diterapkan oleh Indonesia, sudah banyak negara maju yang menerapkannya seperti Belgia, Perancis, Kanada, Inggris dan Swedia. Di Asia sendiri, Cina-lah yang menjadi pelopor penggunaan e-money. Bahkan seperti yang dilansir Vice.com, Cina nampaknya akan menjadi negara pertama yang secara total meninggalkan transaksi tunai. Padahal, jika kita menilik sejarahnya, Cina-lah negara pertama di dunia yang mempopulerkan uang kertas.

Uang Elektronik dan Keuntungannya

Pertama, kamu dapat menghemat tempat atau dompet. Nggak perlu tuh bawa uang banyak-banyak yang hanya bisa bikin dompetmu sesak. Selain sesak, keamananmu juga terancam. Mana tau kalau ada copet iseng ketemu kamu di jalanan, ya kan?

Kedua, kamu bisa membantu Bank Indonesia untuk menghemat biaya pencetakan uang. Lumayan kan kalau 3,5 Triliun yang harusnya dikeluarkan untuk dana pencetakan uang jadi bisa dialokasikan untuk kepentingan yang lebih urgent misalnya pendidikan dan kesehatan.

Ketiga, bukan hanya aman dari pencopet saja. Tapi kamu juga dapat mengamankan transaksimu sebab semua jenis transaksi ada rekam jejaknya. Jadi nggak perlu takut deh kalau ada kehilangan dana atau resiko lainnya.

Jenis-jenis Uang Elektronik yang Perlu Kamu Ketahui!

Menurut pembagiannya ada 3 jenis-jenis uang elektronik yang perlu kamu ketahui.

Jenis-jenis Uang Elektronik Berbasis Kartu

Sebagian besar e-money berbasis kartu diterbitkan oleh bank. Meskipun demikian, convenient store seperti Indomaret juga punya kok Indomaret card yang bisa digunakan untuk transaksi non tunai di manapun kamu berada.

Selain Indomaret card, ada Mandiri e-toll, Flazz BCA, BNI Tapcash, dan BRI Brizzi.

Jenis-jenis Uang Elektronik Berbasis Aplikasi atau Mobile Payment

Jenis e-money ini tak memerlukan kartu untuk bertransaksi, hanya butuh aplikasi mobile saja. Di antaranya ada Mandiri e-cash, LINE Pay, OVO, XL Tunaiku, DOKU Wallet, Indosat Dompetku, Rekening ponsel CIMB Niaga, Telkomsel T-Cash, BCA Sakuku, Veritrans, Kartuku, Truemoney, Sepulsa dan masih banyak lagi yang lainnya seiringan dengan fintech yang makin menjamur pula di Indonesia.

Kalau kamu senang pakai e-money yang mana nih?

Baca juga: 3 Hal Krusial yang Harus Dilakukan untuk Menghindari Penipuan Kartu Kredit dan Pencurian Identitas