Meski Banyak Saingan, 5 Franchise Makanan Ini Tetap Laris Manis!

lead image

Meski banyak saingannya, 5 usaha ini udah tahan banting tetap laris manis

Usaha franchise makanan memang masih menjadi pilihan favorit bagi pebisnis pemula yang punya modal pas-pasan.

Nggak seperti jenis usaha franchise lainnya yang seringkali musiman, makanan selalu laris manis tanpa kenal waktu. Ya, penyebabnya karena makanan termasuk dalam satu kebutuhan dasar manusia yang akan selalu dicari orang sampai ujung dunia nanti.

Usaha Franchise: Kenapa Harus Franchise?

Kenapa usaha franchise? Karena sangat mudah dijalankan bagi kamu yang belum punya pengalaman mengelola usaha. Nggak perlu branding dari nol, sehingga pelanggan akan datang dengan sendirinya di manapun kamu berada.

Pasti banyak yang menyadari bahwa usaha franchise makanan sudah sangat menjamur, hampir di setiap ujung jalan ada saja satu dua usaha kuliner model gerobak dengan branding macam-macam. Lalu bagaimana dengan kompetisinya?

Memilih usaha franchise juga nggak bisa sembarangan. Hanya sedikit dari sekian banyak usaha yang muncul masih bisa bertahan hingga sekarang, Kebab Turki Baba Rafi contohnya!

Selain Kebab Turki Baba Rafi, kira-kira usaha franchise makanan yang paling populer dan mampu bertahan di tengah persaingan ketat bisnis kuliner, apa saja ya? Simak ulasannya di bawah ini!

Usaha Franchise Makanan Paling Laris Manis di Tengah Persaingan Ketat

#1 Usaha Franchise Kebab Baba Rafi

usaha franchise

Ngaku deh, pasti kamu juga sering kan jajan kebab yang satu ini? Gimana nggak, kebab Baba Rafi ini udah eksis sejak tahun 2005, lho! Hampir di setiap pengkolan pasti ada muncul satu gerobak dengan branding kuning dan merah cenderung oranye.

Harganya yang murah juga menjadi salah satu daya tarik masyarakat mengapa hingga sekarang masih banyak yang berminat membeli jajanan khas turki itu.

Bahkan kini waralaba dengan branding ala Turki ini sudah berhasil masuk pasar internasional lho, khususnya di Malaysia dan Filipina. Jadi kalau kamu ke dua negara itu dan bingung mau jajan apa, mending cari deh Kebab Turki Baba Rafi. Dijamin enak!

Untuk menjadi mitra kebab Turki Baba Rafi, kamu cukup sediakan uang sebesar Rp 75 juta saja sudah bisa dapat kedai model gerobak dan kontainer itu, staff dan titik penjualan yang apik!

Menurut situs franchise-nya, satu outlet kebab Turki Baba Rafi dapat menghadirkan penghasilan sebesar Rp 650 ribu per harinya, dalam sebulan omzet yang bisa didapatkan mencapai Rp 19,5 juta. Nah, nggak sampai setahun sudah balik modal deh tuh usaha franchise-nya.

#2 Sabana Fried Chicken

usaha franchise

Hampir semua orang Indonesia doyan makan ayam goreng crispy ala KFC dan McDonalds itu, kan? Selain simple, semua usia bisa menikmati makanan satu ini.

Ada nih versi pinggir jalannya, namanya Sabana Fried Chicken, rasanya sebelas dua belaslah sama KFC punya, dan yang terpenting dengan kocek Rp 15 ribu saja kamu sudah bisa kenyang makan ayam goreng plus nasi putih hangat.

Franchise ini hanya membutuhkan moda sekitar Rp 16,7 juta saja, lho! Nggak cuma murah modalnya, tapi kamu akan dipantau selama tiga bulan pertama untuk memastikan usahamu dapat berjalan lancar.

Jika ramai pembeli, setidaknya kamu bisa mengantongi omzet di angka Rp 20 juta. Wah, ini sih cepet banget balik modalnya!

#3 Martabak San Francisco

usaha franchise

Jauh sebelum ada martabak-martabak pinggir jalan yang bermacam-macam namanya itu, mulai dari Bandung hingga Bangka ada franchise yang sudah lama banget sajikan kenikmatan martabak sejak tahun 1965.

Yap, Martabak San Francisco namanya, dirintis di Bandung dan kini sudah ada di hampir seluruh pelosok nusantara.

Dibandingkan dua franchise di atas, untuk bermitra dengan Martabak San Francisco memang uangnya cukup besar, yaitu sebesar Rp 90 juta ke atas.

Tapi, perputaran uangnya juga cepat sekali kok. Setidaknya kamu bisa menghasilkan omzet di kisaran Rp 30 juta setiap bulannya, jadi hanya perlu menunggu tiga bulan untuk balik modal.

#4 Tahu Jeletot Taisi

usaha franchise

Ini juga salah satu makanan yang paling banyak digemari masyarakat Indonesia nih. Tahu Jeletot Taisi ini sudah berdiri sejak tahun 2012 lalu, sudah lebih dari lima tahun bertahan di industri franchise kuliner artinya memang patut dipertimbangkan.

Saat ini tahu jeletot Taisi sudah memiliki lebih dari 200 gerai di Jakarta, Depok, Bogor, Surabaya, Bekasi dan Tangerang.

Untuk bermitra dengan tahu jeletot Taisi, kamu bisa memilih beberapa macam paket kemitraan. Mulai dari Rp 20 juta, Rp 49 juta hingga Rp 55 juta. Nah, dalam satu bulan penghasilannya kira-kira ada di kisaran Rp 24-45 juta, lumayan cepatlah balik modalnya!

Modal yang kamu bayarkan untuk bermitra juga termasuk biaya kerja sama selama lima tahun, booth dan bermacam peralatan usaha, survei lokasi, bahan baku, promosi hingga training staf.

#5 Bakso Benhil

usaha franchise

Duh, franchise yang satu ini seringkali bikin ngiler. Coba deh ngaku mana ada orang Indonesia yang nggak doyan bakso!

Bakso Benhil sudah ada sejak tahun 2011, hanya satu tahun berjalan ia membuka peluang waralaba untuk siapapun yang ingin bermitra. Cukup dengan modal Rp 4 juta saja, kamu sudah bisa memiliki waralaba Bakso Benhil.

Karena laku keras, Bakso Benhil udah pasti dijamin bikin modal balik lebih cepat!

Nah, di antara kelima usaha franchise di atas, ada nggak sih yang kepengin banget kamu punya?

Baca juga:

3 Ide Usaha Kekinian Ini Dijamin Laku Keras, Mau Coba?

3 Kue Artis yang Pas Jadi Oleh-oleh Jakarta Kekinian! Minat Coba?

Suka dengan artikel ini? Jangan lupa like Facebook dan follow Instagram Asian Money Guide Indonesia agar tak ketinggalan artikel keuangan terbaik kami!

Written by

Tiara Iraqhia