Gila Kerja, Ini 10 Pertanda Kamu Butuh Work Life Balance!

Apakah pekerjaanmu bikin kesehatanmu terganggu?

Pernahkah kamu bekerja hingga larut malam sampai office boy pun berkali-kali bertanya, "Bu mau pulang jam berapa?" atau rutinitas cek email kantor sebelum tidur atau saat bangun tidur? Itu tandanya kamu sudah butuh mengembalikan work life balance sekarang juga!

Jawab 10 pertanyaan di bawah ini untuk mengidentifikasi apakah kamu sudah WAJIB mengembalikan keseimbangan kehidupan kerjamu!

Work Life Balance: Sudah Dicapai Belum?

#1 Apakah kamu lebih mudah panik?

work life balance

Sumber: canva

Panik mendengar suara telepon berdering atau merasa obrolan orang-orang di kantor 'selalu' mengarah kepadamu? Melihat bos lewat langsung teringat deadline yang belum diserahkan?

Hal-hal sepele mudah sekali membuatmu panik, ini pertanda kamu sudah butuh hiburan!

#2 Nggak Bisa Lepas dari Handphone?

work life balance

Sumber: Pexels

Ping! Ping! Ping! Ping! Smartphone-mu seharusnya membuat hidupmu lebih mudah, namun kamu selalu kebanjiran notifikasi dari Gmail, LinkedIn, WhatsApp, dan Facebook. Hal tersebut akhirnya membuatmu terus-terusan menatap layar handphone sepanjang hari, bahkan kamu nggak rela meninggalkannya sekejap saja untuk pergi ke toilet.

#3 Apakah kamu selalu melupakan printilan detail yang sebetulnya sangat penting?

"Hah? Serius meeting sama klien #1 itu hari ini?"

Apakah kamu mulai melupakan hal-hal penting? Kamu selalu yakin bahwa dirimu punya kekuatan super untuk multi-task, tapi melupakan meeting penting dengan atasan untuk bahas promosi jabatanmu sementara kamu sekarang sedang diskusi dengan klien yang belum pasti deal partnership-nya. Duh! Ini tandanya kamu sudah harus membuat skala prioritas dan komit hanya mengerjakan tugas yang penting saja.

#4 Apakah kamu makan siang di depan laptop?

work life balance

Sumber: StockSnap

Hayo.. ngaku, siapa yang pernah kayak gini? Ngga usah malu-malu ngaku, tapi apa kamu nggak bosan dan pengen makan siang di luar sembari menghirup udara segar? Coba deh, hal itu akan membantu meningkatkan sirkulasi darahmu dan pemandangan selain laptop atau lingkungan pekerjaanmu akan membantumu meningkatkan konsentrasimu!

#5 Apa kamu gampang lelah saat menaiki anak tangga?

work life balance

Sumber: Burst

Kita semua pasti mau tampil selangsing Sophia Latjuba. Namun bagaimanapun, ketika pekerjaan telah mengambil seluruh jiwa dan kehidupanmu, kesehatan tak lagi menjadi prioritas utamamu. Nah, di situlah kamu akan mulai menimbun lemak. Menjaga kesehatan dengan berolahraga akan juga dapat membantumu meningkatkan konsentrasi dan pikiran yang jernih.

#6 Apakah kamu selalu menjawab "Maaf ya nggak bisa ikutan dulu nih ada kerjaan?" saat teman ajak hangout?

"Duh, gue pengen banget ikut sebenernya ke acaranya si Putri, tapi kerjaan gue lagi nggak bisa ditinggal nih..."

Mungkin saat kuliah dulu kamu dan teman-temanmu paling senang kalau ada yang ngajakin berpesta, tapi seiring berjalannya waktu, kamu nggak bisa lagi seperti dulu lantaran selalu memprioritaskan pekerjaan agar cepat meraih kesuskesan. Nggak salah sih, tapi kalau terus-terusan mengesampingkan kehidupan sosialmu ya nggak baik juga. Kehidupan sosialmu nggak akan selalu bisa menunggu kamu selesaikan pekerjaanmu itu, girls!

#7 Apakah pekerjaanmu semakin hari kian menumpuk?

Ketika kolegamu sudah mulai bergosip betapa tingginya tumpukan file yang ada di mejamu, well, hal itu pertanda baik bahwa karirmu memiliki progres yang baik. Tapi apa kamu kepingin aspek kehidupanmu yang lain malah jadi berantakan karena hal tersebut? Nggak kan?

#8 Apakah kamu hanya dapat memimpikan kualitas tidur yang baik?

work life balance

Sumber: unsplash

Hal ini tampak seperti teka-teki ayam dan telur - apakah kamu kesulitan tidur di malam hari, atau kamu masih terbangun hingga dini hari karena banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan? Padahal, tidur itu penting banget lho untuk mengembalikan metabolisme tubuhmu di esok hari.

#9 Apakah kamu merasa tubuhmu seperti terbakar?

Haha. Nggak terbakar betulan, sih. Ya hampirlah. Jika kamu selalu mengalami sakit kepala yang gak berujung, pegal linu dan sakit di seluruh bagian punggung dan pinggangmu, mungkin kamu sudah butuh mengevaluasi work life balance mu. Ya siapapun bisa merasa sakit, sih. Tapi kalau terus menerus dirasakan, pasti ada yang nggak beres dengan gaya hidupmu! Lagi-lagi, kamu harus jaga kesehatanmu sebab dirimu adalah satu-satunya aset terpenting dalam hidupmu sendiri.

#10 Apakah kamu sering merasa sedih?

work life balance

Sumber: Pikwizard

Kebahagiaan dan kepuasan akan pekerjaan bukan sesuatu yang dapat dicapai secara bersamaan. Pasti lelah dong ya harus menjadi yang pertama berangkat menuju stasiun commuter-line berjuang dengan ratusan orang lainnya dan kembali ke rumah dengan jadwal pemberangkatan terakhir? Nggak ada pengorbanan yang bisa menjamin bahwa kamu akan bisa mencapai impianmu, karena rintangan bisa datang kapanpun ia inginkan.

Kesepuluh tanda di atas bukan merupakan bukti kalau kamu lemah. Kesepuluh tanda di atas adalah pertanda kamu harus memiliki work life balance, kamu sudah harus segera memprioritaskan kesehatan mentalmu ketimbang pekerjaan sekalipun. Jangan lupa untuk menjadi sukses dan bahagia!

Baca juga: Berniat jadi PNS? Intip Dulu yuk 'Bocoran' Gaji PNS untuk Tiap Golongan!

Disadur dari artikel Vinnie Wong asianmoneyguide Singapura.